Reaching To The Worlds With The Word

Selasa, 08 Januari 2019

Saya Pilih Untuk Moderasi Komentar Blog

Assalamualaikum, 

"Komentar" 

Well, kalau ngomongin komentar nih ada yang suka ada juga yang enggak. Ya kan? Saya aja kadang suka kadang engga sama komentar. Ga suka aja kalau ada yang komentarin hidup kita, ya kan? Tapi seneng kalau postingan blog saya banyak komentarnya, hihi. 


Duh, Tian itumah dua hal berbeda atuh. Tong disaruakeun! 

Komentar pada blog

Ya, gimana ya gaes namanya manusia kan inginnya dikasi komentar yang manis aja, males kalau denger or baca komentar pedes netijen, ngeri cuy. Apalagi ya kalau di kolom komentar blog ada komen yang menohok dan bikin emosi, haha malesin dah. Memang sih, kolom komentar pada blog itu bukan sekedar buat manis - manis saja, tapi mungkin jika ada yang kurang setuju sama postingan kita mereka bebas buat berkomentar, ya kan? 


Selain untuk itu, katanya nih kata sang pakar SEO kalau komentar pada blog itu bisa juga menjadi salah satu faktor yang bakalan menjadi acuan mbah Google untuk memberikan nilai / peringkat pada hasil pencarian di mesin penelusuran, intinya komentar itu penting lah yah. Gitu kali yah. Saling mendukung lah ya istilahnya dalam strategi optimasi blog supaya bisa mendapatkan posisi pertama di situsnya mbah Google. Seneng bro sis kalau blog kita tampil pada halaman pertama, ye kan? Kalau saya sih iye bener.

Blogwalking, seni berkunjung dan berbagi komentar blog 

Temen - temen blogger udah pada ga asing lagi kan sama kegiatan blogwalking? Lagi happening banget kan akhir - akhir ini. Ada beberapa blogger yang menerapkan untuk moderasi komentarnya, kayak saya. Ya, saya memoderasi semua komentar yang masuk, alasan saya sih simple saya males apusin komen spam dan hanya mau menampilkan komentar yang relevan saja, gitu gaes. Plus saya juga males kalau komen ke blog orang lain harus isi captcha dan lainnya, bikin lieur dan akhirnya saya nyerah komen, kecuali pake akun gplus aja. Tapi kan kalau komen pake akun Gplus saya ga bisa naro link di blog yang saya kunjungi, hihi. Saya mah orangnya emang gak mau rugi sih. Ya biar sama - sama enak aja atuhlah, saling memberikan ruang untuk berbagi link gitu maksudnya. 


Tapi ada juga sih yang bebas dan gak pake moderasi komentar pada blognya, itu hak setiap blogger sih. Tapi jujur kalau yang gak dimoderasi itu peluang disiksa Captcha nya lebih besar, haha. 


Untuk yang memilih memoderasi komentarnya kayak saya, artinya emang punya pilihan sendiri yah. Jadi memang ribetnya harus cek satu - satu komen yang masuk, jangan sampe ada komen spam menyelinap. Meski saya kadang sering kecolongan sih. Kadang sehari komentar banyak dan harus saya cek satu persatu, tapi karena ini pilihan saya jadi saya ga merasa terbebani sih, i enjoy it so much. Jadi kurangnya moderasi komen adalah harus cermat milih komentarnya, hehe. 

Nah, buat temen - temen yang mau moderasi komentarnya supaya bisa mengendalikan dan menghapus komentar spam, karena komentar spam itu bisa membahayakan blog loh, detailnya saya juga masih belum paham, haha baru denger katanya itu juga. Nih ada beberapa langkah mudah untuk moderasi komentar pada blognya. 

Setting moderasi komentarnya simple kok. Lebih enak kalau langsung dipraktekkan, sambil baca sambil dikerjakan, cobain deh!  



  • Langsung buka www.blogger.com 
  • Kemudian langsung pilih setelan 
  • Kemudian bisa langsung pilih tuh postingan, komentar dan berbagi 
  • Nah liat  dan cari Moderasi Komentar, pilih yang selalu terus masukin dibawahnya itu alamat email permintaan moderasinya.
  • Selesai deh, jangan lupa simpan setelannya. 

Gimana? Gampang kan gaes untuk moderasi komentarnya? Insya allah kalau komentarnya sudah dimoderasi ga bakalan lagi tuh para komentatornya diserang Captcha, hehe. Sesungguhnya Capctha itu bikin saya puyeng. Percayalah! 

Tapi setiap blogger bebas ih mau pake moderasi atau engga, silakan saja. Tapi saya lebih pilih pake moderasi aja deh biar bebas Capctha. 

Kalau temen - temen gimana? Sharing yuk!





              Wassalam,


          Tian Lustiana 



32 komentar:

  1. bagus kok kalau dimoderasi komentarnya mbak, karena yang spam bisa berpikir satu kali atau dua kali, mau komen robot. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe gitu yah, iya meskipun dimoderasi suka ada aja spam yang masuk, hehe makanya harus rajin cek satu persatu juga jangan sampai ada yang lolos.

      Terimakasih

      Hapus
  2. Kolom komentar aku moderasi udah lumayan lama, itu gara gara banyak komen spam buwanyak dan itu copy paste semua huhu. Kan capek ngapusnya... Sejak itu aku moderasi sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enakan dimoderasi ya dan jangan lupa non aktifkan captcha haha

      Hapus
  3. Saya pun memoderasi komentar setelah komen yang masuk dari tukang obat itu mba Tian. ^_^ Lebih nyaman karena setelah artikel itu tidak update di halaman pertama, masih minta approve utk publish komen.

    BalasHapus
  4. Sama, aku pun pilih moderasi aja dengan tanpa captcha. Selain kaena banyaknya komen spam yang sering muncul kalo langsung publish, juga biar captcha gak nongol. Soalnya walopun udah setting gak pake captcha, kalo langsung publish, tetep aja sering muncul. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang yang komen juga males tuh kalau ada captcha ya teh hehe

      Hapus
  5. Kalo pengalaman saya emang komentar spam itu membahayakan, soalnya mereka menaruh link hidup dengan kode alt, dan umumnya kalau di Indonesia komentar spam isinya link-link pembesar, kesehatan pria dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya malesin ya kalau ada yang komen pake kode alt gitu jadi link nya idup yah

      Hapus
  6. Saya gitu juga siy mbak, dimoderasi. Cuman hari ini malah dapat pengalaman baru, posting komentar kok ilang Mulu sampai install ulang chrome, bahkan download aplikasi browser lagi dan sore ini baru bisa posting komentar. Pusing ini, barangkali ada yg bisa bantu, saya pakai wp. Weladalah maaf malah jadi curhat 😂

    BalasHapus
  7. Salam kenal mba, haha.. Saya malah edit html kolom komentar jd gak muncul. Udah tek utak utik tetep gak bisa muncul haha. Ya sudahlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihih jangan dari html tapi dari setting deh keknya

      Hapus
  8. Wah ilmu bermanfaat banget nih buat snewbie di dunia perbloggeran kayak saya, hihi
    Makasih share nya mba ❤

    BalasHapus
  9. Sama Teh, saya juga moderasi komentar di blog soalnya blog saya sudah kemasukan spam komen sehari 3x kalau gak disaring jadi brokenlink semua.

    BalasHapus
  10. Wah, saya belum memoderasi komentar di blog. Terima kasih infonya, Mba Tian..

    Saya coba moderasi enggak ya? Galau juga nih saya. Hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moderasi aja dan jangan aktifin captcha haha males kalau mau komen isi captcha dlu

      Hapus
  11. Dulu aku termasuk yang bebaskan semua komentar, nir moderasi.
    Masya Allah, saya kecolongan, satu malam, ratusan spam masuk.
    Aku sampai shock!
    Dulu masih zero pengalaman. Aku pikir ada apa ini ya, kog seram gini komentarnya, mana pakai bahasa Ingrris, Italia dan aneka bahasa yang aku gak paham sama sekali.

    Sejak itu aku pakai moderasi dan tanpa captcha
    Jadi bisa dikontrol komentar yang layak tayang
    Case close!
    Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, bisa kontrol komen yang masuk yah

      Hapus
  12. Dulu awal2 ga pake moderasi lalu kewalahan dg judi2 online trus kewalahan banget...
    Jadilah dimoderasi jd mmg lbh aman tp harus rajin cek komen yg masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga dulu gitum haha kena judi online banyak banget

      Hapus
  13. Iya sih memang yang terbaik adalah memoderasi. Cuma karena punya banyak blog, ampuuun ga sanggup dah. Akhirnya untuk beberapa blog, kolom komentar saya matikan hanya 2-3 saja yang tetap dibiarkan terbuka.

    Kalau di wordpress, saya aktifkan Akismet, sangat membantu menghapus spam walau tetap dimoderasi. Kalau di blogger, saya tidak membatasi pakai Gplus.. bebas saja.. mau pasang link monggo, nggak yah sudah.

    Tapi kalau sedang berjalan-jalan ke blog orang lain, saya tidak terlalu merhatiin pasang url atau tidak. Kebanyakan malah tidak menyentuh bagian ini dan tetap standa saja G Plus..

    Entah kalau nanti dihapus..pakai akun apa yah?

    BalasHapus
  14. Ada ilmu yg akan akan pertimbangkan utk bunda trapkan di blog bunda.

    BalasHapus
  15. Aku nggak moderasi semua blogku kak, iya kemarin ada srbuan spam sebel deh. Mau moderasi aku orangnya nggak telitian juga. Duh hehehe ...kapan-kapan coba ngemoderasi ah

    BalasHapus
  16. Aku juga di moderasi mbak komen nya soalnya pengalaan pernah ada komen spam masuk nya sampai ratusan pusing banget ngapusin satu-satu.

    BalasHapus
  17. Samaaa, aku pun moderasi komentar krn sering dapat spam dan komentar dari anonim. Waktu cek broken link, komentar dr anonim ini rupanya penyumbang brokenlink terbanyak. Sejak itu aku ga pernah publish lagi komentar dr anonim. Untung komentarnya aku moderasi, kalo enggak bisa dibayangkan anonim pasti bejibun. Hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.