Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Membangun Rumah Ramah Lingkungan

15.24.00

Assalamualaikum, 

Home sweet home. Siapa sih yang ga ingin memiliki rumah yang lingkungannya indah, keren dan bikin nyaman. Salah satunya adalah bangunan rumah kita pun harus ramah lingkungan juga. 



Saat ini bukan menjadi hal yang mengherankan kalau banyak bangunan yang malah merusak lingkungan. Beberapa hal dipicu dengan pembuangan limbah yang tidak sesuai perhitungan hingga saluran air yang kotor. Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan seperti pemanasan global dan perubahan iklim, saat ini pembangunan rumah ramah lingkungan terus digencarkan. Ada beberapa faktor dan ciri yang membuat bangunan tersebut sangat ramah lingkungan. 

Berikut ini ada  lima ciri yang membuat hunian  sangat ramah lingkungan:

Tidak Boros Energi
Ciri rumah ramah lingkungan lainnya yang perlu diperhatikan ialah rumah yang hemat energi. Konsumsi listrik yang terlampau besar membuat pengeluaran dan tenaga listrik menjadi tidak efisien sehingga rumah menjadi tidak sehat karena pengganaan listrik yang berlebihan. 


Kestrategisan Lokasi Rumah
Pembangunan rumah yang ramah lingkungan wajib diawali dengan pemilihan lokasi pembangunan yang tepat atau terbilang strategis. Rumah ramah lingkungan tidak cocok bila dibangun di lokasi-lokasi seperti bantaran sungai, daerah resapan air, atau di lokasi yang terlalu dekat dengan area pembuangan sampah. Pembangunan hunian di area bantaran sungai dan daerah resapan air akan mengganggu siklus daur air yang bisa berakibat bencana alam banjir. Sementara pembangunan rumah dekat area pembuangan sampah akan mengakibatkan hunian sangat berpotensi mengalami pencemaran udara maupun pencemaran air tanah. Oleh karena itu pembangunan rumah yang ramah lingkungan wajib melibatkan beberapa elemen yang strategis.

Terdapat Green Space
Selain itu yang menjadi ciri lainnya akan rumah ramah lingkungan ialah adanya ruang terbuka hijau di area rumah. Agar dapat memenuhi standar rumah yang ramah lingkungan, rumah tersebut harus memiliki paling tidak 30% dari total keseluruhan luas lahan harus dijadikan ruang terbuka yang dilengkapi berbagai tumbuh-tumbuhan.



Untuk membuat ruang terbuka hijau tidak hanya di area sekitar rumah, namun temen - temen uga dapat membuat atap rumah menjadi sebuah lokasi pembuatan ruang terbuka hijau seperti rooftop garden. Rumah ramah lingkungan yang dilengkapi dengan ruang terbuka hijau akan berperan memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar. Hal tersebut disebabkan karena tanaman-tanaman akan menghisap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Pertukaran Udara Baik
Setelah itu, rumah yang berciri ramah lingkungan wajib memiliki ciri-ciri rumah sehat yaitu dengan pola sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Pertukaran udara segar dari luar rumah dengan udara dari dalam rumah harus lancar. Salah satu ciri dari rumah ramah lingkungan dengan pertukaran udara yang baik adalah dengan adanya ventilasi dan jendela yang memadai di setiap sudut rumah. Selain itu rumah ramah lingkungan biasanya juga memiliki sekat di dalamnya. Hal ini berguna agar sirkulasi udara merata ke seluruh bagian ruangan. 



Sumber Air Minum Bersih

Inilah yang menjadi hal penting dalam membangun rumah yang sehat dan ramah lingkungan, yakni persediaan air minum yang bersih. Mungkin Anda telah memiliki pompa air mutakhir sehingga dapat menghasilkan air yang banyak, namun apakah air tersebut terjamin bersih. Hal seperti ini wajib diperhatikan untuk membuat rumah temen - temen menjadi ramah lingkungan. 

Ada hal yang gak kalah penting lagi nih temen - temen dan jangan sampai dilupakan, Jangan lupa untuk bayar PDAM online agar air menjadi bersih dengan sistem pembayaran yang sudah sangat mudah. 




      Wassalam,
       Tian lustiana








You Might Also Like

1 komentar

  1. Rumah ortu saya mepet banget sama rumah tetangga. Pas di jendela kamar saya langsung tembok tetangga. Nggak enak banget rasanya, siang pun harus hidupin lampu karena cahaya matahari nggak masuk. Jadi pelajaran kalau bangun rumah harus memperhatikan poin-poin di atas.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive