Diet Story: Minggu Pertama Diet Low Carbo

14.05.00

Bissmillah, 

Karena kaget, shock dan ga percaya angka timbangan saya mencapai 65kg, hiks. Padahal ya 10 tahun lalu, 65 kg itu saya lagi hamil 9 bulan loh. Lah sekarang? Huh. Gak lagi hamil, tapi berat badan sama dengan pas hamil 9 bulan, kan sedih. Selain itu juga saya ngerasa banyak sakit, sakit kaki, sakit tangan pokoknya serasa berat aja deh. Akhirnya saya memutuskan buat diet. Setelah bertahun - tahun nyoba diet ini itu, hanya diet less carbo yang belum saya coba. Jadi ya udah, saya bertekad mudah - mudahan kali ini diet saya berhasil, aamiin yaa Rabb.


Niat diet kali ini saya berdoa dulu, semoga Allah memberikan kelancaran. Ya kan?  Biar berkah gitu diet saya. Terus saya juga ngobrol dulu sama suami, boleh engga nih saya diet low carbo, soalnya berdasarkan pengalaman lalu kalau suami gak kasi izin, suka "ngabibita" makanan enak, kan kalau saya minta izin dulu terus suami setuju jadi bisa support, alhamdulillah suami setuju meski awalnya dia agak ragu, haha. Buat dia makan nasi itu penting, pokoknya makan nasi itu wajib. Tapi alhamdulillah akhirnya suami ngerti setelah saya jelaskan, bahwa saya ngurangin karbo namun insya allah asupan nutrisi masih terpenuhi. Dan tentu saja olahraga ringan dilakukan, biar peredaran darahnya lancar.


Metode dietnya masih belum fix sih, saya masih campur - campur. Niat saya tuh hanya "yang penting saya bisa tanpa nasi, tepung - tepungan dan yang manis - manis". Jadi awalnya belum merencanakan dengan seksama metode diet apa yang bakalan saya gunakan. Karena memang niat saya pengen sehat, turun berat badan bonus.

Setelah baca - baca, hampir semua metode diet saya baca dan saya pahami dengan bener - bener, ada beberapa metode yang oke buat saya. Namun ya namanya juga metode hanya buatan manusia semata so pasti ga bakalan ada yang sempurna, ye kan gaes? Karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah Subhanahuwataala.

Oke, saya mulai ya perjalanan diet ini, ceilah gaya amat. Haha, jujur dalam sepanjang waktu saya diet, baru kali ini saya diet konsisten selama seminggu, ya saya harap sih minggu - minggu selanjutnya pun saya masih diberikan konsisten dalam menjalankan diet ini, aamiin yaa Rabb.

Diet ini saya lakukan dari tanggal 21 Januari 2019, hari senin. Saya awali hari senin aja biar enak ngitungnya, haha.

Hari pertama, saya masih bekal nasi untuk makan siang ke kantor, namun untuk sarapan saya sudah menggantinya dengan telur rebus. Biasanya sarapan favorite saya tuh bubur ayam atau nasi goreng. Jadi hari pertama saya sarapan dengan telur, keju dan susu full cream. ALhamdulillah bertahan sampai jam 12, biasanya yah kalau makan bubur ayam, jam 11 an udah pengen ngemil lagi, hehe. Makan siang, nasi sedikit, sayuran, ayam. Jadi setiap makan siang atau makan malam saya harus menambahkan sayuran dan protein, NO KARBO. Hari pertama, aman. Sore nya kalau agak lapar, saya ngemil keju aja, hehe. Terus makan malam terakhir jam 6 sore, abis solat magrib saya makan malam. Beli capcay kuah bening aja pake ayam.

Diet DEBM
Sarapan hari pertama diet

diet-gak-makan-nasi
Makan Siang hari pertama 

Hari kedua, saya masih bekal nasi untuk makan siang. Porsinya lebih sedikit dari hari sebelumnya. Sarapan sudah aman, telur dan susu. Makan siang nasinya lebih sedikit, sayur dan protein jangan sampai lupa. Makan malam masih suka sama capcay aja plus ayam, sampai bosen deh kayaknya baru berhenti. Haha.

diet-gak-makan-nasi
Sarapan telur rebus plus keju 

Dua hari ini saya ada cheating, ngemil keripik keju singkong, damn. Tapi cuman dikit kok, huhuhu. Sama aja keleus yang namanya ngemil jarang dikit, haha.

Hari ketiga, saya memberanikan diri ga bekal nasi.  Bismillah aja mudah - mudahan saya bisa. Sarapan masih konsisten, namun kali ini telurnya saya kocok kasi keju, digoreng. Biar gak bosen. Kan kalau bosen tar takutnya saya eneg. Makan siang masih sayur - sayuran dan protein, varian masaknya alhamdulillah saya masih bisa variatif dengan bantuan Cookpad, hehe. So, thanks berat buat Cookpad. Makan malam hari ketiga saya cuman makan buncis rebus aja, plus telur karena lagi gak lapar.

diet gak makan nasi

Hari keempat, hari kedua saya gak makan nasi. Alhamdulillah kemarin gak makan nasi gak pusing, gak lemes. Biasanya kalau gak makan nasi saya tuh suka kliyengan gengs, tapi ini engga. Semoga jangan yah. Sarapan masih konsisten sama protein. Makan siang dan malam tetep asupan sayuran dan protein, wajib.

Hari kelima sampai hari ke enam, 26 Januari 2019 saya masih konsisten. Namun jujur saya masih belum full. SAya masih suka ada cheating ngemil keripik meski cuman 3 biji. Masih makan kentang dikit. Jadi karbo nya belum bener - bener total berhenti, cuman nasi saja yang berhenti, engga sama sekali.

diet-gak-makan-nasi
Makan malam, capcay plus bon cabe

Setelah saya bener - bener lepas karbo, hari ke tujuh dan sampai sekarang saya mencoba menggunakan metode diet dari DEBM (Diet, Enak, Bahagia, Menyenangkan). Insya Allah next postingan saya bakalan share gimana cara memulainya.

Untuk berat badan belum banyak turunnya, namun ada yang berbeda. Biasanya saya sering pusing ketika bangun tidur, atau pas lagi duduk bangun. Nah setelah beberapa waktu berhenti makan nasi dan mengurangi asupan karbo saya jadi ga merasa pusing lagi lho gengs. Alhamdulillah mudah - mudahan semua penyakit saya bisa sembuh ya dengan mengatur pola makan ini, dan tentunya dengan izin Allah Subhanahuwataala, aamiin.


So, temen - temen adakah yang sudah sukses diet karbo? Sharing yuk.





        With Love,

        Tian lustiana

You Might Also Like

54 komentar

  1. Saya sudah dua tahun ini mengurangi makan nasi teh. Memperbanyak makan sayur dan buah. Alhamdulillah sudah terlihat hasilnya. Perut rata, enakeun lah. Dan karena sudah terbiasa jarang makan nasi, saya bebas aja makan bakso, mie ayam, atau mie lainnya. Gak ngaruh buat berat badan. Oya, banyak minum air putih juga jangan lupa.

    Sukses untuk dietnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya teh, kalau kebiasaan mah jadinya enak yah. Aamin nuhun teh

      Hapus
  2. Saat ini berkembang banyak metode diet ya. Termasuk carbo. Gimana mba hasil pekan pertama diet carbo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener makin banyak metode - metode diet sayanya jadi pusing hihih. Lumayan sih oke diet carbo meski baru sepekan yang penting gak lemes gak makan nasi

      Hapus
  3. Tian keren nih udah bisa mengurangu makan karbo, aku belum bisa ih, apalagi pagi pengennya sarapan gorengan, siang nasi full, malam nasi full, aduh asa bareurat badan, teh, pengen ah cobain diet karbo juga, bismillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat teh, haha. Karena ingin sembuh huhuhu

      Hapus
  4. Suka deh baca tulisan 2019 banyak yang menuju sehat, salah satunya dengan memperbaiki gaya hidup dalam mengkonsumsi makanan.. akupun sedang menuju sehat 2019 mak.. kalo bisa kurus itu bonus ya mak.. semangat!

    BalasHapus
  5. aku kalau siang gak amkan ansi tp makan bauh saja, pagi msh makan nasi , malam mkn tp sedikit, aduh belum bisa ngilanginn nasi

    BalasHapus
  6. Yang penting sehat ya, Tian. Turun BB mah bonus. Saran saya, dicek gula, kolesterol, dan asam urat secara berkala. Biar tenang. Aku juga sekarang ngurangin karbo banget. BB-ku naik lagi ke sebelom diet. Sebenernya gak terlalu masalah dengan gendutnya. Yang bikin ganggu, badan gak enak, kaki sering sakit, tangan kebas terus, terus juga jadi lebih malas dan gak gampang ngantuk. Alhamdulillah, 10 hari udah turun 2 kilo. Semoga istiqomah ya kita berdua. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin teh Nia, emang harus niat dan keep istiqomah yah

      Hapus
  7. Alhamdulillah belum pernah diet hahaha. Pokoknya makan cukup olah raga cukup tidur cukup duit lebih eeeaaa hahaha. Tian sukses ya dietnya. Fokus kus.

    BalasHapus
  8. Aku kalau ngak makan nasi, takut kena lambung, hehe.. Memangnya kalau diganti kentang, ubi dan lain-lain nggak bisa ya. Kebayang nggak ada karbo, rasanya giman gitu, ngeless, wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nih sekarang saya udah 9 hari gak makan nasi hehehe gak lemes

      Hapus
  9. Good luck teh, klo saya sejak 2012 makan nasi merah, ga bikin gemuk n ga ngantukan. Taun ini juga mau senam minimal seminggu dua kaliπŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih saya juga harus kondisikan senamnya wkwkwkw

      Hapus
  10. Aku belum pernah nyoba diet karbo. Soalnya aku sendiri malah pengen nambah BB dan berasa belum makan kalau belum makan nasi.

    BalasHapus
  11. Damn, kripik, untung cuma sedikit ya kak, sukses diet karbonya, jd malah laprr lihat foto2 referensi menunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah iya keripik meski dikit bikin masalah itu hahaha

      Hapus
  12. Aku selama ini kalau makan nasinya sedikit sih lauknya yang banyak, tapi kalau makan yg lain kaya pempek atau somay bisa banyak :-D
    Good luck ya diet karbonya

    BalasHapus
  13. Semangat ya Mba untuk diet karbonya. Katanya sih kalo udah terbiasa jadi enak di badan

    BalasHapus
  14. Wow, keren banget teh... Semoga lancar dan sehat terus ya :)

    BalasHapus
  15. Hahaha runtuh pertahanan ngeliat keripik, aku juga gitu mbk huhuhu. Kalo dijadwalin menunya lebih enak ya mbk. Jujur, aku nggak begitu suka keju kalo dimakan gitu aja xixi..

    BalasHapus
  16. semangat mba ubuat diet low carbo nya, semoga bisa terus sampai target yang dimau ya

    BalasHapus
  17. Aku diet selalu gagal mba.. hehe tapi 1bulan ini berhasil 4kg.. cuma ngurangin porsi makan, gak minum yg manis daann gak makan malam haha

    BalasHapus
  18. wah teh hebat bisa diet gitu, aku ga makan nasi yak kayak tadi pagi langsung gemeteran hahaha apalagi aku lagi menyusui klo dah pumping beuh lgsg berasa kyk ga makan 3 hari lavar banjet..

    sukses ya teh dietnya jangan cheating keripik keju singkong lagi hahaha

    BalasHapus
  19. Saya kuat gak yaa sarapan tahu rebus n telor rebus begitu. Kalo d rumah aja sih gk masalah, bisa tiduran mulu. Pengen diet juga sih. Gak langsung drastis kali ya, kalo saya

    BalasHapus
  20. AKu kok gak kuat yaa, teh..
    Waktu itu sempet dapet 2 mingguan, trus rasanya badan jadi mudah lelah, ngantuk dan aga pusing.

    Apa aku gak cocok sama diet karbo yaa...?

    BalasHapus
  21. Aku nggak diet karbo, tapi ngurangin aja dan udah 15 tahun. Jadi aku lebih memperbanyak makan buah dan sayur. Nah kalo aku udah gak boleh ngurangin nasi karena guldar ku rendah. Saran dokter justru aktivitas aja yang ditambah, jangan kebanyakan duduk seperti ngetik itu, Hihiii

    BalasHapus
  22. Tahun ini pengin lebih sehat juga. Belum pakai diet2an sih, puasa Daud dulu. Klo puasa, otomatis berkurang nyentuh segala karbo dan lebih banyak minum pas buka dan sahur.

    Sukses untuk dietnya, Mbak

    BalasHapus
  23. Aku senyum pas sampai di bagian ini:

    "... Dua hari ini saya ada cheating, ngemil keripik keju singkong, damn!"

    ...langsung ingat adegan film Hollywood! Damn... hahaha...

    Semoga sukses dietnya ya, mba...




    BalasHapus
  24. Saya udah setahunan ini cut carbo. Tetapi, gak benar-benar menghilangkan carbo, terutama nasi, dari menu makan. Hanya di-cut banget porsinya. Kayaknya gak bisa bener-bener total gak makan nasi. Tapi, udah lumayan banget turun berat badannya

    BalasHapus
  25. Yg penting diet nya gak menyiksa diri...

    BalasHapus
  26. Huaaaaaaaaaaa teteh aku 60kg ini asalnya 40kg pengen nangis deh susah banget turun padahal anak-anak udah lahir juga. Aku mau juba juga diet low carbo badan udah ngerasa berat dan gak fleksible. Hiks-hiks

    BalasHapus
  27. Semangat yaa Ka semoga lancar dietnya kalo aku sih niat diet udah ada tapi suka maju mundur karena aku gabisa tiada hari tanpa ngemil hehe

    BalasHapus
  28. Wiih abis baca blog ini jd lngsung sadar perut ini semakin maju dari hari ke hari. Wkwkwk.. kaya ny aku harus ikutan cara diet ini juga deh.

    BalasHapus
  29. Jadi benar-benar tanpa karbo ya mba. Aku masi belum biasa diet tanpa nasi gini huhu dulu pernah diet tapi tujuannya supaya sehat sih. Jadi nasi putih diganti ama nasi merah hehe

    BalasHapus
  30. diet itu berat ya beb, Aku juga pengennya punya badan langsing kayak model gitu, tapi ya karena sukanya makan susah juga dietnya hahaha.. Semangaat hidup sehat harus mulai diet *ngomong sendiri πŸ˜‚

    BalasHapus
  31. memang yang paling bagus tuh no or low carbo ya Mba..aku pun perlu bangeeet nih hehehe

    BalasHapus
  32. Wah boleh dicoba nih kebetulan aku juga pengen diet. Cuma kalo makan telur kebanyakan aku jerawatan kak :( bisa diganti apa ya kak?

    BalasHapus
  33. waaaah semoga berhasil ya diet karbonyaaa, kalo aku malah penegn naikin berat badan beberapa kilo, pengen naik berat badan sekitar 2 kilo gram, semoga tahun ini juga aku bisa naikin berat badan heheheh

    BalasHapus
  34. sembari diet, coba seimbangkan dengan makan sehat mba.. bisa belejar dari buku eating clean nya kak inge tumiwa.. ku belajar banyak dari sana.. jadi dietnya pun sehat hehe. karena fyi, keju kemasan yng ada di indo itu bukan keju sesungguhnya.. hehe takutnya nnti nutrisi yang kit kira masuk ketubuh kita, ternyta malah ga cukup..

    BalasHapus
  35. mba I feel you, aku juga 65kg skrg waktu gadis 55, butuh 10kg buat turun, kalau dari segi makanan aku normal2 aja, lalu aku ngerasa pegel dan cepet capek, akhirnya aku ambil yoga download via aplikasi, badan jadi berasa enteng, berat badan baru turun ke 63, trs aku males lagi yoga,lah naek lg ke 65 skrg aku insaf deh mau rutin yoga sebelum tidur dan makan normal, makan berat jam 6 sore, sisanya ke atas kalau laper minum air sm buah sampek begah

    BalasHapus
  36. Memang berguna banget loh untuk diet low carbo ini menurunkan berat badan jadi penting banget bagi yang mereka ingin menurunkan berat badan menggunakan cara diet low carbo ini

    BalasHapus
  37. Telur rebus sama keju beb? Ya ampun perjuangan banget ya beb. Kalau aku mungkin mana tahan beb. Soalnya nggak bisa kalau makan telur rebus :"

    BalasHapus
  38. Diet memang tidak boleh sembarangan. Nah, aku juga suka makan telur rebus saja kalau pagi hari, sudah agak kenyang soalnya hehehe..

    BalasHapus
  39. Diet karbo nya nasi nya selalu aku ganti sama nasi merah , terus jangan makan telur utuh tapi makan telur bagian kuning nya aja. Yang bikin gendut itu telur putih nya . Waktu itu aku disarananin sm coach aku jangan makan yang di goreng ... berat ku alhasil turun 10 kg , aku juga dulu berat nya 65kg padahal badan aku tinggi , sampe celana gak muat di ukuran M harus pake ukuran XXL , akhir nya aku disaranin buat gym nah si coach nya itu kasih tau soal makanan buat diet . Alhamdulillah berat ku normal nya 50kg paling kalau naik gak sampe 55kg .

    BalasHapus
  40. Membaca tulisan ini bikin aku jadi tertantang untuk diet juga beb. Aku sebenernya udah wajib banget diet dan olahraga karena BMI udah masuk kategori overweight cuma ya itulah niat kadang tinggal niat. Saat ini paling hanya jaga makan dengan bawa makanan dan cemilan dari rumah jadi nggak tergoda jajan2 di luar. Sama menghindari pergi ke minimarket karena suka tergoda dengan promo cemilan2nya. Hehehe

    BalasHapus
  41. Sejak melahirkan kalo makan apa - apa itu pasti langsung melar akunya mba, jadi memang sudah kebiasaan juga untuk komsumsi diet dengan low carbi kayak mba gini, semangatttt

    BalasHapus
  42. Aku juga ada rencanw diet neh tapi belum dilaksanain banget. Moga aja bulan ini bisa bener-bener diet dgn baik.

    BalasHapus
  43. Boleh dicobain ini caranya. Soalnya saya udah diangka 7 nih, pada ga muat baju , hahaha. Katanya makan malam bikin tambah gede yoo

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Part Of



Get Discount At Sociolla

Part of

Part of