Assalamualaikum, 

Sekarang tuh lagi happening banget makeup dan skincare, temen - temen tim mana nih? Tim make up apa tim skincare? Atau tim keduanya kayak saya, hehe. Ya, saya suka make up dan juga suka skincare jadi saya tim make up dan skincare. Apalagi ya, sekarang tuh makin banyak brand yang hadir baik dalam negeri maupun luar negeri, koleksi teranyar selalu berdatangan bikin saya pusing mau milihnya.

Belum lagi racun dari para beauty vlogger ternama, duh mana tahan saya ga kegoda buat beli barang - barang yang direviewnya, huhuhuh. Dan yang paling sedih tuh adalah ketika tergiur beli makeup atau skincare eh ternyata itu ga cocok ke kulit saya, mana mahal pula harganya, sedih berlipat ganda deh.

Makanya, setelah kejadian itu saya jadi agak jera buat terburu - buru mencoba produk makeup atau skincare. Jadi saya mau test dulu apakah skincare or make up nya itu cocok apa engga di kulit saya dan biar tau reaksinya ke kulit saya. Takutnya kalau salah piih produk lagi tar malah fatal akibatnya, apalagi nih jenis kulit saya tuh gampang banget jerawatan, alergian dan suka gampang iritasi jadi risikonya lumayan fatal yah, serem kalau salah dan gak cocok, ye kan?



Cara Menguji Kosmetik / Skincare yang cocok dan aman untuk kulit

Saya kepoin tuh akun instagram BPOM dan cari tau gimana sih cara nguji produk kosmetik yang cocok buat kulit saya itu caranya dengan melakukan percobaan ke belakang telinga dan pada bagian dalam siku, katanya ini tuh area sensitif karena pada area ini tuh banyak memiliki jaringan saraf. Nah jika pada area ini pas diolesi kosmetik atau skincare ga ada reaksi apapun, maka bisa dibilang kosmetik atau skincare itu cocok ke jenis kulit wajah kita. Namun jika pada area itu terasa gatal, timbul kemerahan, melepuh atau gejala ga enak lainnya artinya kurang cocok dan jangan pakaikan ke kulit wajah.


Saya juga pernah deh baca di detik.com ada yang menjelaskan kalau misalnya cocok atau enggaknya itu bisa dilihat dalam kurun waktu 1 - 3 hari, meskipun nanti beda - beda sih reaktivitas kulit tiap orang. Ada yang langsung menunjukkan reaksi setelah beberapa menit diaplikasikan namun ada juga yang efek sampingnya baru ketauan setelah semingguan.

Selain dengan cara tes kayak gitu, ternyata bisa juga menguji kandungan berbahaya pada kosmetik memakai perhiasan emas. Wah serius? Iya katanya kalau produknya mengandung merkuri itu akan berubah menjadi warna hitam kalau digosokkan ke perhiasan emas.

Makanya penting ya gaes untuk tahu komposisi produk sebelum membeli dan juga penting banget tau bahan apa saja yang aman dan bahan apa saja yang berbahaya untuk kulit. Bukan hanya merkuri loh ada jenis lainnya seperti timbal, paraben, triclosan, petrolatum dan hydroquinon yang harus dihindari karena bisa memberikan efek kurang baik / buruk pada kulit. Sekarang juga beredar tuh pada kandungan lipstick ada pewarna merah K3, Rhodamin B dan jingga k1 yang wajib diwaspadai karena bisa mengakibatkan kanker, ih serem ya gaes.


Gimana? udah ada bayangan belum untuk menguji skincare atau make up yang aman untuk kulit wajah? Yang penting jangan terburu - buru mencoba atau membeli produk kosmetik yang lagi happening atau lagi nge trean ya gaes, yang penting gunakan produk yang memang cocok untuk jenis kulit kita saja. Karena kalau cocok dikulit orang lain kan belum tentu bakalan cocok di kulit kita, ye kan?



                   Wassalam,


                  Tian Lustiana 







5 Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.