Berhasilkah Diet Rendah Karbohidrat

16.37.00

Assalamualaikum, 

"Kelebihan berat badan nih, diet yah! biar cepet sembuh dan gak sakit - sakit lagi!"
Gitu yang dokter bilang pas saya berobat beberapa waktu lalu. Ya, akhir - akhir ini saya sering sakit didaerah persendian plus sering pusing juga. Dan ternyata saya memang terlalu gemuk, berat badan saya biasanya paling tinggi itu di kisaran 60kg udah ngerasa berat banget, eh sekarang malah diatas itu. Huhuh, padahal saya tuh normalnya sekitaran 55 kg an, jadi mikir keras masih bisa ga yah saya nurunin berat badan ke hitungan normal? Huhuh. 

Baca : ketika diet hanya tinggal wacana


Saya disaranin buat diet rendah karbohidrat. Karena kalau diet ekstrim lainnya saya suka pusing dan takutnya malah tumbang, sakit. Makanya kata dokter, diet rendah karbo pilihan pas buat saya. Sebelum mengiyakan saya banyak nanya dulu, saya kan belum paham banget apaan itu diet rendah karbohidrat. 

Diet rendah karbohidrat itu tuh adalah diet yang membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, pasta dan lainnya. Hmm jadi saya harus siap mengurangi segala macam makanan yang kandungan karbo nya tinggi nih, mampu ga yah saya ngurangin nasi? Bismillah aja deh, mudah - mudahan bisa, demi kesehatan. Menurut dokter kemarin bilangnya diet ini paling efektif dan ampuh nurunin berat badan asalkan bener - bener dijalanin aja. 


Selain menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat ini pun memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan saya, diantaranya adalah : 

Bantu menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah tinggi ini sekarang udah ga mampir di usia tua. Tua muda juga pasti bermasalah dengan masalah kesehatan ini. Tekanan darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko kondisi yang serius seperti kena stroke atau serangan jantung, naudzubillah. Nah dengan diet rendah karbo, menurut dokter menjelaskan bisa menurunkan tekanan darah juga.

Bisa mengontrol diabetes 

Diabetes zaman now pertumbuhannya meningkat sekali yah. Itu karena apa coba? Karena POLA MAKAN yang ga sehat. Pola makan masyarakat urban zaman now itu tinggi karbohidrat dan tinggi lemak, sadar ga? Nah itulah sebabnya kenapa diabetes terus melonjak setiap bulannya. Duh saya jadi ngeri kena diabetes juga, karena pola makan saya sembarangan banget, ga diatur huhuh.

Baca : Menjaga pola makan demi diet sukses

Bisa membantu membatasi ketergantugan dengan gula

Pernah denger sugar craving? Kecanduan gula itu cepet banget, kayak saya yang emang ga bisa jauh dari rasa manisnya gula. Kayak kecanduan gitu sama yang manis - manis dan selalu berhasrat ingin mengkonsumsinya terus. Ternyata ada beberapa penelitian kalau sugar craving ini memang bikin kecanduan, kayak kecanduan ke narkoba gitu gaes, uh serem.

Konsumsi gula berlebih gak baik buat tubuh. Nah kalau rajin dan konsisten melakukan diet rendah karbohidrat bakalan perlahan mengurangi sensasi sugar craving. Aamiin mudah - mudahan saya konsisten menjalani diet low carbo ini yah.


Hari pertama pasti bakalan berat, minggu pertama juga gitu, semangat Tian. Doakan saya berhasil yaaa, insya allah nanti bakalan saya update postingannya.

Let see, apakah saya berhasil diet rendah karbohidrat?



            Wassalam,


           Tian Lustiana









You Might Also Like

18 komentar

  1. Aku mengurangi karbo & BBnya memang menurun, tapi harus dibarengin sama olah raga juga kalau mau cepet & kadang suka susah nahan makan roti dibanding nahan makan nasi :D semoga sakses diet karbonya ya tian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau liat roti suka ga nahan ya mbak, hihihi. Aamiin makasih mbak

      Hapus
  2. Cayooo, semangat. Pasti bisa :) Kalau aku sukanya sama makanan yang asin/gurih. Tetep aja ga baik kalau berlebihan, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga baik ya kalau serba kelebihan mah, hihi.

      Hapus
  3. Kalau makan nasi, aku udah lama ngurangin. Tapi masih suka banget makan roti nih. Kebanyakan karbo gitu suka gak enak perutnya mak. Sukses diet rendah karbonya ya! 💪

    BalasHapus
  4. Semoga berhasil ya mba, nanti share hasilnya, trus share tips dan recipe makanannya, biar bisa aku ikutin hahahah

    BalasHapus
  5. Semangat, cyin! Saya juga pengen diet carbo. Tapi masih masa menyusui...ntar saya lemes, ASI dikit *alibi

    BalasHapus
  6. Wah sama mbak, saya juga kayaknya harus nurunin BB jg, sekitar 5-6 kg. Lutut udah mulai kerasa nggak enak. Ampun deh susah banget nuruni BB tuh ya. Dulu puasa 1-2 hari aja udah keliatan turun, sekarang mah boro2 :D

    BalasHapus
  7. Gimana kesan hari pertamanya? Kok sama ya, kalau kelebihan bb itu pusing2? Aku bisa ngurangi pasta, tapi kalau nasi n tepung kok susah amat ya? Masih berusaha sih, kalau goreng tepung, takaran tepungnya udah banyak dikurangi.

    BalasHapus
  8. Semangat mbaaak. Aku juga pernah berkali-kali diet, hehehe. Asal disiplin inshaaAllah berhasil. Mau baca lanjutan progress-nya, hehehe.

    BalasHapus
  9. Banyak makan buah sama syur berarti ya mba .aku juga over ini BBnya.. nggak konsisten si klo aku kesalahannya. Pagi udah sarapan buah aja, tp ntar siang makannya buanyak...jd ga langsing2

    BalasHapus
  10. Wa'alaikumsalam
    Semangat, Mak. Pasti bisa. Aku juga lagi diet karbo ini. Baru 3 bulan. Lutut udah nggak sakit kalau buat jalan jauh.

    BalasHapus
  11. Keren banget Mbk kalau bisa sukses diet karbo smeoga badan makin sehat dan fresh ya Mbk. Sukses selalu

    BalasHapus
  12. Aku pun merasakan hal yang sama mba. Perasaan makan karbo melulu. Nggak makan nasi eh malah makan roti dua bungkus :p. jadinya batal deh diet carbo. Smoga kita bisa sukses diet rendah karbo ya mbaa

    BalasHapus
  13. Mbak, suamiku diet karbo dan setahun bisa turun 12 kg. Target memang 1 kg per bulan.
    Caranya pagi dan siang makan tetap pakai karbo, tapi makan malam sama sekali enggak pakai. Cuma sayuran(segar) dan buah saja. Selain itu dia jogging (atau fitness) 4 kali seminggu durasi 1 jam. Alhamdulillah dari kelebihan 15 kg jadi tinggal 3 kg lebih, tapi sudah tinggal dijaga saja, tetap dengan pola yang sama.
    Semangat ya Mbak, semoga usaha diet rendah karbonya berhasil ya:)

    BalasHapus
  14. semoga sukses dietnya ya mbaak..saya kalo denger kata diet sdh lemes duluan. padahal meski BB msh standar tp tetap saja sdh perlu diet mengurangi makanan berminyak karena kolesterol sdh di atas batas normal :D

    BalasHapus
  15. Aku udah jarang makan nasi, paling sabtu atau minggu, itu sekali saat makan siang. Tapi ku persering puasa senin kamis, dietnya gitu saja :)

    BalasHapus
  16. Ish kok sama, saya juga sedang memulai diet nih 😉

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Part Of



Get Discount At Sociolla

Part of

Part of