Belajar Membuat Journal di Acara Kreatif Pasti Sukses Bersama Standard Pen

16.03.00

Bismillah,

Ada yang suka nulis buku harian?
Duh kayak anak remaja aja sih isi - isi buku harian, hehe.
Entah, apa karena kebiasaan atau apa. Saya tuh sejak dulu emang paling suka corat - coret di buku harian. Jadi setiap tahun saya selalu beli planner, dan itu saya masukkan ke dalam budget tahunan. Jadi udah kebiasaan kali yah, jadi susah dihilanginnya.

Kreatif pasti sukses

Apalagi dulu ketika remaja, saya termasuk anak yang introvert jadi susah banget ungkapin perasaan / isi hati ke orang lain, salah satu yang bikin saya nyaman ya saya nulis di buku harian. Semacam ada rasa plong gitu kalau udah nulis dibuku harian tuh, lega banget rasanya. 

Kebiasaan ini saya bawa sampai sekarang, udah punya anak 10 tahun. Saya masih memiliki kebiasaan menulis buku harian. Apa saja isinya? Banyak, mulai dari belanjaan saya, perasaan, apa yang saya makan dan hal lainnya yang saya lakukan. Saya biasanya nulis buku harian itu pas mau tidur, udah sholat isya udah skincare an baru deh nulis buku harian. Setelah selesai, tidur deh. Dan itu rutin saya lakukan. Kadang kalau pas iseng saya baca - baca lagi buku  harian tahun lalu suka senyam senyum sendiri. Saya marah dan kesal pun saya tuliskan, haha. Bahkan saya punya cicilan pun, saya tulisin juga. Ya siapa tau usia saya pendek dan ketika meninggal saya masih punya cicilan tupperware, ya kan? Jadi masih bisa dibayarin sama suami tar. Ya gak? 

Kreatif-pasti-sukses


Menulis buku harian atau planner itu buat saya semacam healing, membantu saya mengasah ingatan dan sebagai me time. Apalagi nih sekarang saya lagi belajar nge bujo, bullet journal. Lagi kekinian kan itu? Seneng deh, bikin doodle terus saya warnai, hehe. Kayak ada sisi kebahagiaan baru rasanya. 

Kreatif-pasti-sukses

Karena saya merasa tertarik belajar lebih jauh dengan dunia bullet journal, makanya pas  diajakin sama Nessa buat ikutan saya langsung mengiyakan. Di Ciwalk, Sabtu 19 Januari 2019 kemarin saya dan temen - temen mengikuti acara keren, Kreatif Pasti Sukses. Pas banget, ada sesi bullet journal oleh @Diruangkasa , teh Anggieta. Ada lomba dan workshop bullet journal, cocok banget kan buat saya yang berniat belajar ngebujo. Kalau temen - temen saya sih udah pada mahir, seneng aja liat hasil bujo mereka. Boleh intip di instagramnya @Dydiemainjurnal dan @nesajournal . 

Acara Kreatif Pasti Sukses kemarin diadakan oleh Standard Pen , (@standardpenid) yang mana menyediakan tools buat nge bujo, saya suka yang Twillo, My pen buat nulisnya dan Lite me. Warna - warnanya cakep banget buat menghiasi planner atau bullet journal atau buat warnai doodle juga keren, damn i love it so much.

Kreatif-pasti-sukses


Kreatif-pasti-sukses

Back to acara, jadi kebetulan anak saya , neng Marwah suka juga niru - niru ibunya, nulis buku harian gitu. Makanya kemarin dia ingin ikut juga. Jadilah dia ikut sebagai peserta dengan hanya bayar pendaftaran senilai 15ribu sudah dapat 2 goodie bag isi peralatan tulis dari StandardPen, dia seneng banget loh. Kami para peserta disuruh membuat Bullet journa on the spot, lah saya langsung keder bikin apaan yah. Langsung saya bikin "SELF CARE", bukan SAFE CARE yah, wkkw. Kalau neng Marwah bikin " My Family Birthday " . Seneng banget deh belajar ngebujo nya meskipun sebentar, seenggaknya udah ada bayangan lah dikit tentang bullet journal.

Kreatif-pasti-sukses

Bullet Journal itu apa sih? 

Bullet journal atau orang - orang nyebutnya bujo itu merupakan sistem perencanaan manual atau analog yang bisa membantu kita untuk mengatur dan juga untuk memantau aktivitas sehari - hari, ya mirip - mirip planner hanya bujo ini lebih terencana saja. Dan juga lebih indah, karena memadukan kreativitas dengan tulisan, keren deh.


Apa saja yang  harus disiapkan sebelum nge Bujo ?
  1. Pen (kalau bisa warna - warni biar lucu gengs)
  2. Buku planner ( katanya lebih bagus kalau isinya blank, atau dots) 
  3. Washi Tape ( buat hiasan - hiasan di bullet journal nya nanti biar menambah keindahan yang hakiki gitu)
  4. Penggaris, lem, dll 
  5. Bullet Journal inspiration ( saya biasanya suka nyari di pinterest, keren - keren ) 
  6. Dan masih banyak lagi, tapi buat pemula saya rasa cukup lah. 
Kreatif-pasti-sukses

Apa saja yang bisa dibuat dalam Bullet Journal? 

Untuk awal, kita konsep perencanaan dulu deh buat ngelacak aktivitas sehari - hari. Kemarin pas acara Kreatif Pasti Sukses itu, teh Anggieta bilang awalnya bikin halaman index buat menjelaskan simbol - simbol yang akan digunakan buat Bullet Journal nanti. Terus ada Weekly dan daily log  juga untuk memantau aktivitas harian dan mingguan. Untuk ngatur keuangan juga bisa, jadi pengeluaran dan pemasukan keuangan bisa dirinci dengan baik setiap harinya. Di Bullet Journal juga bisa bikin mood tracker, jadi bisa mantau mood. Habit tracker juga bisa dimasukin, misalnya rutinitas minum apakah baik atau tidak dan habit lainnya yang bisa dikreativitaskan. Untuk urusan masak dan belanja juga saya rinci, jadi sekarang lebih detail lagi. 

Kreatif-pasti-sukses


Saya juga menuliskan harapan dan impian saya di Bullet Journal, sebagai motivasi. Untuk Blog planner juga saya rinci, saya mulai nge draft atau udah publish postingannya. Jadi aktivitas blog saya makin rinci, senengnya. 

Gimana? Asik kan mainan Bullet Journal? Temen - temen ada yang sudah main Bullet Journal juga? Sharing yuk!




            With Love,

           Tian Lustiana 











You Might Also Like

23 komentar

  1. Yuhuu.. nuhun teh Tian udah mau diajakin sama aku. Next semoga banyak lagi acara-acara bullet journal. Yuk ah nge-bujo bareng biar semangat! :D

    BalasHapus
  2. Kekey lagi suka bangeeet bikin kaligrafi. Kemaren2 sempet minta beliin spidol, cuma belum sempet ngobrol lagi mau yg gimana. Kan banyak macem tuh... Nanti aku bilangin soal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seusia kekey pasti lagi seneng-senengnya nih

      Hapus
  3. Akooo Sukaa corat coreet dr kecil ampe gede..
    Cuma sekarang aja mood2an, bikin bujo sesuai kebutuhan aja.
    Buat to do list sabulaneun, mo ngapain aja, skedul ini itu, dan apa yang haus kulakukan dan gimana cara menghasilkan pundi2 eeaa..
    Seruuuu abiis,

    BalasHapus
  4. Anak kecil juga suka ber-bullet journal ya, berasa gambar-gambar gak nulis panjang :D

    BalasHapus
  5. Keren banget euy, sayang kemarin pas ada acara keluarga jadi gak ikutan. Hiks-hiks

    Tapi aku bisa pesen journal nya sih. Hehehe

    BalasHapus
  6. lucu banget, teh.
    kok bisa sih bikin nanas dan buah2an kayak di bujo itu...
    aku mentok gambar gunung doang, huhuhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku niron di pinterest cara-cara bikinnya haha

      Hapus
  7. Mantaps aku mah ga bs konsisten sering bolong2 lama2 pleng ga terus kalau lg inget mulai lagi..heu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang akupun kalau lagi bosen mah gak konsisten haha

      Hapus
  8. Jadi kapan kita nge-bujo bareng Nesa juga? Atau tunggu bulan Maret, belanja di sono dulu. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus ah kita belanja dulu perlengkapannnya

      Hapus
  9. Ini sebenernya hobi lama aku. Waktu SMA dan kuliah. Hias2 tulisan dengan gambar pake aneka bolpen. Baru tahu namanya Bullet Journal. Sekarang udah jarang banget giginian. Huhu... antara pemalesan dan sok riweuh. Kangen deh. Tapinya pasti udah gak bisa. Tanganku kaku. Jarang pula nulis pake pulpen. Seringnya pake gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang tuh apa2 udah by gadget wae nya teh hehe

      Hapus
  10. Tiaaaaan, meuni rajin pisan sih!
    Kayaknya dulu aku pas zaman kuliah deh terakhir suka nulis di-lucu-lucu-in begitu. Sekarang mah nulisnya di twiter aja biar banyak yang retweet hahaha.

    Tapi Kayla sekarang lagi suka nulis kayak gitu lho, sambil ditempel2 stiker lucu gitu. Ngebahasnya mah para bias dia di Kpop hahaha

    BalasHapus
  11. Cakep yang diary pink tian, pengen punya juga huhu

    BalasHapus
  12. Teh tian gemes banget ini buku jurnalnya. Aku juga suka nulis oret-oretan aja sih sebagai pengingat - pengingat kecil hihi

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blog Archive