Cara Memilih Skincare Yang Tepat Untuk Kulit

Januari 16, 2019

Assalamualaikum, 

Sekarang, varian skincare semakin banyak. Iya kan? Berbagai merk, rupa - rupa harga juga, mau yang mahal silakan, mau yang murah banyak, tinggal pilih sesuai budget saja. Ya, sekarang tuh milih skincare bisa disesuaikan dengan budget juga. Mau brand luar apa brand lokal, silakan sesuaikan sendiri. Asik kan? 


Ya, asik sih kalau cuman milih dari itu mah, tapi kalau misalnya ga cocok gimana? Sayang kan udah beli eh gak cocok. Jadi masalah murah dan mahal itu ga bisa jadi ukuran dan patokan, harus cocok juga yah. Hehe. Selain itu, buat saya sih biasanya beli skincare or kosmetik itu berdasarkan review orang. Jadi kadang saya suka cek ricek beauty vlogger gitu buat cek review mereka. Kalau misalnya reviewnya oke, dan harganya juga oke saya suka beli. Tapi kalau review oke dan harga nya gak bersahabat ya palingan masukin wishlist aja dulu, siapa tau tar ada rezeki bisa beli, berharap boleh kan gaes. 

Jadi, gimana dong nih memilih skincare yang tepat untuk kulit? Oke deh, saya bakalan share tentang cara memilih skincare yang tepat untuk kulit, jangan sampai salah pilih ya gaes. Diantaranya adalah : 

Memilih skincare dengan menyesuaikan budget 

Ini yang penting gaes, ye kan? Bakalan bahagia banget kalau skincare cocok dengan budget yang sesuai, ah bahagianya gak bisa diungkapin deh kayaknya. Hayo siapa nih yang ngalamin skincare sesuai budget plus cocok banget dikulit? Seneng kan ? 


Buat saya pribadi, hal utama yang menentukan adalah BUDGET. Apalagi kan skincare itu sifatnya digunakan setiap hari jadi cepet abis, ya kan? Dan bakalan repurchase terus entah itu sebulan sekali, dua bulan sekali atau mungkin seminggu sekali (mungkin gak yah). Kalau repurchase gini, terus harganya mahal wah bisa sesak nafas dompet saya, hoho. Makanya saya pilih skincare yang sesuai budget, biar kalau cocok nanti bisa repurchase lagi dan konsisten melakukan skincare routine nya. 


Gimana nyari yang sesuai budgetnya? 

Kalau saya sih suka nyari alternatif, ya namanya emak - emak. Ibarat kata saya mah nyari skincare yang harganya BPJS gitu. Misalnya nih saya mau beli skincare vitamin or serum, nah saya mah biasanya browsing dulu sampe nemu serum or vitamin yang budgetnya sesuai, setelah itu saya baca - baca deh reviewnya sampe jelas. Karena biasanya skincare itu suka ada dupe nya, bukan kw ya. Ya sama aja kali sama kosmetik suka ada dupe nya, lebih murah tentunya. 

Jadi jangan pernah bosan untuk terus googling review skincare ya gaes.  

Memilih skincare, kenali jenis kulit dulu 

Ini sih tips basi kali yah. Semua manusia di dunia ini kayaknya udah tau kalau milih skincare itu harus sesuai dengan jenis kulit. Maka kenalilah dulu jenis kulit mu wahai manusia. Untuk yang memiliki kulit berminyak kayak saya nih yang harus diperhatikan adalah harus nyari produk yang bahan dasarnya air, teksturnya gel or lotion jadi bisa bikin kulit lembap tanpa membuat berminyak berlebihan. Jadi harus bener - bener kenal jenis kulit dulu, karena setiap skincare itu emang menargetkan sesuai jenis kulit, jangan sampai beli skincare yang gak cocok, percuma dipaksain juga. Kalau gak cocok ga akan bersama sampai kapanpun juga, kayak jodoh lah. Ye kan?



Memilih skincare, harus belajar membaca dan mengetahui kandungan produk 

Jujur, saya awalnya suka males baca kandungan skincare. Terlalu kimiawi, halah. Namun ternyata gaes, membaca isi kandungna skincare itu penting. Kalau gak paham dan males baca kandungan produk ga bakalan paham juga isinya apaan, tar misalnya kayaknya harus nyari produk yang non comedogenic, eh salah pilih skincare malah milih yang mengandung mineral oil yang terkenal comedogenic, bisa malah komedoan yang ada dan pori - pori jadi tersumbat. Jadinya tar malah gak cocok deh. Nyesek kan kalau udah beli skincare eh malah gak cocok, ya kan? Makanya pliss jangan males baca ingredients suatu produk ya. 

Tenang gaes, ga perlu menjadi seorang ilmuwan or apoteker buat baca kandungan apa saja yang aman untuk suatu produk karena zaman sekarang mah bisa belajar dari mbak Google, silakan aja cobain googling tips membaca ingredients pada skincare , langsung banyak tuh keluar berbagai tulisan dan videonya. 

Itulah beberapa tips sederhana dari saya tentang cara memilih skincare yang tepat untuk kulit, semoga bermanfaat ya gaes. Kalau misalnya temen - temen punya tips memilih skincare versi temen - temen silakan share dikolom komentar yah. 




                   Wassalam, 

                 Tian lustiana 




You Might Also Like

22 Comments

  1. Aku juga walaupun udah tau jenis kulit sendiri suka gatel pengen coba yang lain. Susah teh istiqomah itu apalagi lihat skincare yang packagingnya lucu padahal bukan buat jenis kulit aku, yaa da gmn nggak kuat godaan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa itulah haha, godaan lebih kejam dan kita gak bisa menahannya

      Hapus
  2. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. Memilih skincare harus yang sesuai dengan wajah kita

    BalasHapus
  4. Wah betul banget bunda

    BalasHapus
  5. Thanks your for sharing

    BalasHapus
  6. Memilih skincare harus sesuai dengan wajah kita

    BalasHapus
  7. AKu juga paling males bacain kandungannya, hiks... Jadi paling bacain ulasannya yang lain, trus yg dirasa mirip kulitku, ya ikutin ahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener hahaha, kadang males bikin celaka

      Hapus
  8. Hihihi. Tergelitik sama skin care harga BPJS. Kirain mau sekalian skincare yang bisa ditebus dengan BPJS, Teh :D Biaya Perawatan dan Jajan dari Suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya BPJS biaya perawatan dan jajan dari suami, wkwkkw cocok.

      Hapus
  9. Bener anget nih kita haru tau kondisi kulit dan menerimanya, kemudian merawatnya, ngga boleh bodo amat tar klo jelek takutnya nyinyir sama yg cantik merawat diri hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, seorang isteri juga harus bener - bener mau merawat diri yah

      Hapus
  10. Saya sering ga paham isi kandungan produk skin care. Jadi, patokannya peruntukan produk itu utk jenis kulit apa dan kehalalannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mah bisa searching google teteh, lengkap semua hehehe

      Hapus
  11. Alhamdulillahnya...
    Kulitku termasuk kulit yang cenderung gak rewel.
    In syaa Allah dipakein skin care apa aja, mau adaptasi.

    Tapi rencana #2019GantiKosmetik

    BalasHapus
  12. sama kayak aku, teh.
    aku kalau mau beli serum, pasti browsing tak kenal lelah untuk nyari yang terjangkau. abis itu semedi dulu buat nyari online shop terpercaya yang lagi ngasih diskon dan gratis ongkir, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha yang penting, HARUS LEBIH MURAH dan LEBIH BAGUS wkwkwkw

      Hapus
  13. Wkwk aku termasuk yg males teh kalau baca ingredient hahaa asa ribet tulisannya

    BalasHapus
  14. Kulitku agak sensitif, jadi nggak bisa pake...eh, malah curhat. wkwkwk. Thank you anyway for the tips, ini bisa jadi patokan ketika kita ke KL, biat nggak kalap belanja skin care. Hahaha

    BalasHapus
  15. Hwaduh, telat nggak ya perawatan buat yang seusia aku?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Blogger Perempuan