Day 16 : Cerita Tentang Blogwalking

10.55.00

Assalamualaikum, 

Blogwalking kayaknya udah menjadi bagian yang penting dalam dunia blogger, menurut saya. Ada yang setuju ga gaes? Mana suaranya yang rajin blogwalking? Banyak kan manfaatnya? udah kerasa kan gaes?

Kalau saya sendiri sih ngerasain manfaatnya, untuk urusan orang balik lagi ke blog kita sih itu ga saya pikirin, bodo amat. Hehe. Yang penting saya blogwalking, jalan - jalan ke rumah maya temen - temen blogger, udah bikin seneng. 

Lantas manfaat apa nih yang sudah saya rasakan? Oke nih saya sharing deh ya manfaat yang sudah saya rasakan sendiri dari rutin blogwalking. Temen - temen bisa baca dipostingan saya yang ini nih : Manfaat blogwalking . 

Selain manfaatnya, dalam blogwalking ini pun ada beberapa etikanya gaes. Yes ini etika nya ala - ala saya aja yah, sepanjang yang saya amati, bahwa ternyata dalam blogwalking itu kayaknya harus ada etikanya, biar sopan. Namanya bertamu ke rumah orang ya harus sopan dan santun, ye kan? setuju ga gaes?

Karena sudah tau manfaat blogwalking itu banyak dan semua orang pasti sudah punya cara tersendiri buat blogwalking. Namun ada beberapa yang harus diperhatikan dalam blogwalking, diantaranya adalah : 

Ikhlasin aja deh 

Saya kadang blogwalking ya blogwalking aja, seikhlasnya, setulusnya. Jadi kalau blog yang kita datangi dan kita komenin ga balik ke blog kita, yasud lah tak apeu. Berarti bukan rezeki, haha gitu aja sih. Jadi selama blogwalking nya ikhlas dan tulus ga bakalan ngarepin orang buat bw balik, gitu aja. Karena ngarepin orang itu sesungguhnya melelahkan gaes, lelah!

Baca semuanya, jangan komen doang 

"teh Tian, ini bisa dipakai semua usia yah?
"teh Tian ini dimana?"

Hellooooow ini komen seriusan buat saya? 

Apa anda ga baca? whoooy? 

Kesel deh kalau ada komen gitu, ingin rasanya menjawab "ayi maneh maca teu?" namun ga sanggup ferguso, haha.

Blogwalking itu baca dong, pahami tulisannya eh isi tulisannya. Jadi pas komen itu enak, nyambung ga ujug - ujug malah nanya lagi komenna. Nanya yang jelas - jelas udah ada, pliss deh. 

Pliss, komennya yang positif aja 

Pernah ga ada komen "diendorse ya Tian?" , " wah ini mah pasti karena endorse jadi cocok" terus ada lagi yang komen "mau dong diendorse juga". Gini yah, kalau mau ngomong gitu, sini kemari japri aja, gausah komen - komen. So, komen lah yang berbobot ya. jangan asal - asal an komen, ga enak baca komen yang basa basi busuk mah, ciyus! 

ketika blogwalking itu yang harus dijaga tetep etika ya, jangan sampai lupa. Baca lagi komennya dan nanya sama diri sendiri, kira - kira kalau dikomen gini etis ga yah, gitu aja biar saling merasakan.

Kalau menurut temen - temen nih, sebenernya perlu ga sih beretika ketika blogwalking? sharing yuuuk!

Blog favorite saya? Banyak, saya ga bisa deh sebutin satu - satu karena memang random. Menurut saya setiap blog punya keunikan dan ciri khas masing - masing dan niche sendiri. Jadi saya suka sama blog yang pengen saya baca aja. Favorite saya tentu yang saya follow dan rajin saya komenin, hehe.



                 Wassalam,





                   Tian lustiana 









You Might Also Like

18 komentar

  1. wkwkwk aku juga teh ngakak pas ada yang BW jelas2 bukan foto aku tapi komennya senangnya hepi family pengen guling2an bacanya :D

    keliatan ga bacanya tapi yo wes lah dy sudi mampir juga uda uyuhan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah bener, segitu uga udah uyuhan haha

      Hapus
  2. menambah ilmu lagi nih tentang blogwalking, banyak pengalaman dari membaca blog orang lain tanpa harus banyak membaca buku, itulah asyiknya blogwalking

    BalasHapus
  3. baru kemaren aku dibikin ngakak sama komen yang nyinyir, ngebanding-bandingin sama blog sebelah katanya (entah blog sebelah itu siapa) hahaha

    BalasHapus
  4. Saya juga pernah nulis soal mesin dapat komen "endorse yah mbak" untungnya masih moderasi, jadi langsung hapus ae 😂😂

    BalasHapus
  5. Iya bener teh banyak yg komentar pertanyaan nanya apa yg udah kita tulis atau jelaskan. Kanyahoan tara dibacana...
    Hayang neke we da

    BalasHapus
  6. Sejak sering bewe saya jadi tetbiasa baca cepat dan cepat paham sesuatu, hihihi

    BalasHapus
  7. Saya juga paling ga suka yg komen dgn satu kata saja..mantaps, keren ..ya ampuun.....hahaha..ngga niat banget komen. Mending ga usah komen deh keliatan banget ga baca dan cuma numoang lewat, ga bw balik jg ga masalah...😅😅 eh jd ikut curcol nih..

    BalasHapus
  8. setuju baca baca dan baca . Biar paham ya apa yang ditulis teman kan kalau Jaka sembung di sambar gledek nggak lucu hahaha. Aku DA/PA naik dari BW.

    BalasHapus
  9. Betul sekali, manfaat blogwalking banyak sekali. Menambah pertemanan dan menambah wawasan dari tulisan teman2 blogger yg mengupas banyak informasi

    BalasHapus
  10. Blog aku dong termasuk, kan sering dikomenin, hahaha. Emang ya setiap blog itu unik dan inspiratif

    BalasHapus
  11. Baca blog parenting bakalan nambah ilmu parenting juga .Baca blog food mau makan aja, hahaha

    BalasHapus
  12. Setuju sebenarnya dengan kita biogwalking ke blog org lain dan meninggalkan komen jg sdh nilai plus utk kita kalau di bw balik ya alhamdulillah...ga usah berharap, berharap ke manusia mah bikin kecewa aja hahaha...

    BalasHapus
  13. kalau ikut ngelist BW pinginnya di bewein balik, tapi kalau lagi pingin kadang ya baca baca aja tanpa ninggalin komen...

    BalasHapus
  14. Dengan blogwalking tentu nambah temen dan jaringan. Paling pentingnya sih nemuin ide nulis atau dapet pengetahuan baru

    BalasHapus
  15. Kadang iya akupun sering banget cuma dpt bewean yg basa basi kdang pernah gk nyambung.. ikhlas kuncinya

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla