Beauty Tips : Kesalahan Yang Tidak Disadari Ketika Membeli BB Cream

Assalamualaikum,

Sejak BB cream booming, saya menjadi salah satu yang suka banget pakai BB cream dibandingkan foundation. Buat saya sih BB cream itu teksturnya lebih ringan dan ga kentara banget pake, beda kalau make foundation. Keliatan banget kan?


Menggunakan BB cream juga, make up jadi terlihat lebih natural. Dan yang paling bikin saya seneng sih karena harganya murah dan sudah ada kandungan SPF nya pula, bahagia bo. Tapi saking banyaknya merk BB cream dipasaran, saya pernah gagal beli BB cream, hihi. Gagal beli BB cream ga seperih gagal menjalani hubungan kali yah, tapi ya tetep saja yang namanya gagal mah jangan sampai terulang lagi, tul ga gaes?


Kegagalan beli BB cream itu dikarenakan kesalahan, nah ini yang sudah saya ceki - ceki ternyata ada kesalahan - kesalahan yang sering dilakukan ketika mau beli BB cream, dan kebanyakan ga disadari kalau sudah melakukan kesalahan. Diantaranya adalah :

Kurang mengenal jenis kulit
Kesalahan paling fatal nih gaes. Karena penting banget lah kenal sama jenis kulit kita sendiri. Harus bener - bener paham sama jenis kulit. Jadi kan kalau sudah bener - bener kenal dan memahami jenis kulit kita tuh bisa tau kandungan apa saja yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan jenis kulit. Misalnya nih kayak saya yang kulitnya tuh cenderung berminyak dan suka agak kering gitu plus suka ada jerawatan, maka saya harus memilih BB cream yang mengandung hyaluranic acid yang mampu mengusir jerawat dan juga memiliki SPF 35. Hasilnya kulit wajah jadi lembab dan engga kayak kilang minyak, kerlap kerlip.
Saya pernah nih beli BB cream yang mengandung glycerin, ya udah deh itu kulit wajah saya berminyak dimana - mana, huhuhu sebal. Makanya gaes kenalilah jenis kulit dengan baik yah. Ini kadang sering banget dilupain nih, alhasil beli produk kosmetik pun jadi salah.

Kalau pakai BB cream yang pas, sampe malam pun aman ga terlalu mengkilap

Tidak ada kandungan SPF 
Kebanyakan BB cream itu sudah ada kandungan SPF nya. Kalau gak ada kandungan SPF ya harus beli produk lain yang memang memiliki SPF terpisah. Karena gaes, SPF itu penting banget ada di BB cream, ya biar praktis aja langsung make udah all in one gitu. SPF itu kan fungsinya untuk nahan sinar matahari masuk kedalam pori - pori kulit secara langsung.Kalau ga ada SPF nya, tar sinar ultra violet matahari itu mampu menimbulkan hiperpigmentasi, kulit yang menjadi kering, kerutannya banyak dan bahkan kalau udah parah bisa jadi radang kulit loh, iugh serem kan gaes?

Salah pilih warna BB Cream 
Saya sering banget nih salah beli warna, haha. Alhasil jadinya terlalu putih dan kayak topeng. Makanya karena kesalahan itu, sekarang tiap mau beli BB cream saya selalu minta tester buat saya cek dulu, saya biasanya suka cek dipunggung tangan dan diratakan, kalau oke baru saya beli. Jadi keliatan nih BB cream warnanya cocok apa engga di warna kulit saya.



Itulah kesalahan yang sering dilakukan namun gak pernah disadari, iya kan? Ada kesalahan lainnya? Sharing yuk gaes.






          Wassalam,
        Tian lustiana





Posting Komentar

20 Komentar

  1. Makasih infonya kak, alhamdulillah udah jalanin seperti tips di atas nih, SPF penting banget ya

    BalasHapus
  2. BB Cream aku jarang pakai sih, punya satu belum habis, dan itu tidak beli sendiri jadi ngga tau bagaimana proses penentuan pemilihan dan akhirnya memutuskan untuk dibeli.. dengan adanya info ini jadi tambah tahu bagaimana memilih BB cream yang baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang hanya karena brand keren saja ga cukup untuk memilih, hehe.

      Hapus
  3. Punya bb cream dpt hadiah eh ga tau pemakaiannya sampai kadaluarsa deh..sayang kan..kayak alas bedak gitu ya teh...hahaha..maaf kudet banget soal make up mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dipakai sebagai alas bedak juga teh biar lebih nempel

      Hapus
  4. Duh, aku pisan inih. Kepengen deh pake BB cream. Wajah mengkilat pisan mun udah sore menuju malem. Tapinya da gak tahu kudu nu kumaha milihnya. Huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih sesuai jenis kulit dan warna kulit teh, hehe.

      Hapus
  5. Tips yang menarik, semoga nggak banyak wanita yang salah pilih BB Cream lagi setelah ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya soalnya sedih kalau beli BB cream tapi ga kepake hehee

      Hapus
  6. Kurang mengenali jenis kulit saat beli BB Cream? Hehe aduh aku kok merasa terpanggil. BTW awalnya sih begitu mbak, dan jadinya gak nyaman banget di kulit. Gak bikin percaya diri karena gak sesuai. Tapi lama2 ya sadar diri dunk, pengalaman jadikan pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha sedih kan kalau salah beli warna BB creamnya, jadi ga bisa dipake

      Hapus
  7. Aku pake DD cream, pilih warna yang natural supaya gak meblok-meblok hehe..

    BalasHapus
  8. harus menyesuaikan dengan warna kulit ya kak. caranya dengan dicoba ditangan dulu, paling ngga bisa ngetes juga, nyaman dikulit dan apakah ada alergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa bisa juga tuh dicobain gitu biar aman

      Hapus
  9. Iya ya mba klo beda sama jenis warna kulit saya di aplikasikan pasti berasa kontras banget.

    BalasHapus
  10. Aku pernah juga salah pakai bb cream ya ampun jadi aneh. Waktu ikutan beauty class baru tau kalau pilih bb cream itu yg warnanya satu tingkat lebih gelap dari warna kulit supaya bisa menyamarkan noda hitam pada wajah. Atau kalau punya warna lebih cerah berarti bedaknya yang harus lebih gelap.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.