Computer Assisted Test (CAT) BKN Ini Dinobatkan Sebagai Produk Unggulan Indonesia

13.33.00

Assalamualaikum, 

Yang kemarin pada ikutan tes CPNS mana suaranya? Buat yang lolos ke tahap selanjutnya, selamat yaaah gaes. Dan buat yang gagal, tenang kamu ga sendirian hehe. Maybe next tes CPNS bisa lolos, ye kan? Positive thinking aja yes. 


Eh ngomong - ngomong soal CPNS nih, udah pada ga asing lagi kana kalau denger Computer Assisted Test (CAT) BKN ? Pastinya udah pada tau dong. Tapi saya yakin temen- temen belum tau kalau dalam Global Report : Public Sector Performance yang dirilis World Bank Oktober 2018 lalu menobatkan CAT BKN ini sebagai produk unggul Indonesia dalam kategori Civil Service management yang sudah berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen CPNS di Indonesia. Keren yaa pemirsa? 



Perwakilan dari World Bank Indonesia, Pak Edwin Ariadharma menyampaikan bahwa terpilihnya CAT BKN ini tuh mewakili Indonesia karena keberhasilan CAT dalam menghadirkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen CPNS yang sudah berjalan secara transparan, adil dan juga akuntabel. Jadi, menurutnya sistem CAT ini tuh sudah berkontribusi dalam penjaringan SDM CPNS yang memang lolos itu karena kualitas kompetensi individunya. Ini otomatis bakalan berdampak pada penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depannya. 



Nah, ditetapkannya CAT BKN oleh World Bank sebagai produk layanan publik Indonesia karena dinilai sudah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance gitu. Dan CAT BKN ini sudah memenuhi empat unsur utama. 

Apa saja sih 4 unsur utama yang sudah dipenuhi CAT BKN???

Dengan detail disebutkan dalam Global Report bahwa sistem rekrutmen melalui CAT ini sudah berhasil mereformasi kualitas rekrutmen CPNS di Indonesia dan sudah memenuhi empat unsur utama sebagai produk inovasi di sektor publik : 

1) Aspek political leadership, yang diawali dengan inisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS, hingga pada tahun 2014 Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat.
2) Aspek Teknologi, BKN melakukan pemanfaatan dan juga pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security).

3) Aspek Transparansi, rekrutmen CPNS dengan CAT ini sudah berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time).
4) Aspek Kapasitas Institusi, BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.
Sebagai informasi, World Bank Global Report 2018 membagi Improving Public Sector Performance ke dalam lima kategori, yakni: Driving Results from the Center of Government; Civil Service Management; Innovations in Managing Public Money; New Approaches to Last-Mile Service Delivery; dan Innovations in Delivering Justice Services.

Alhamdulillah ya bikin seneng, Semoga para PNS nanti yang terjaring karena CAT BKN ini bisa menjadikan Indonesia semakin baik yaaah, aamiin. 




             Wassalam,




              Tian lustiana 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nice info, Teh.
    Emang bagus ini sistemnya. Jadi adil Tp kadang masih suka ga tembus las berhadapan dengan panpel langsung di tahap selanjutnya. Hehhe

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla