Makna dibalik Nasi Tumpeng

16.10.00

Assalamualaikum, 

Hampir setiap acara perayaan istimewa itu suka ada nasi tumpeng. Acara ulang tahun, selamatan rumah, lahiran, khitanan bahkan syukuran pernikahan. Kalau di daerah tempat saya tinggal sih gitu, masih banyak nasi tumpeng menghiasa acara - acara itu. Kalau ditempat temen - temen gimana? 


Nasi tumpeng itu sendiri adalah nasi yang kebanyakan dicetak bentuknya tuh kerucut disajikan diatas tampah bambu lebar dan dikelilingi lauk - pauknya, khas banget. 

Warna kuning dalam nasi kuning itu ternyata memiliki arti loh yakni menggambarkan kekayaan dan moral yang luhur, hmm saya kira tanpa arti. Ini kali yah makanya nasi tumpeng tuh sering banget dijadikan jamuan pada  acara istimewa. Hidangan nasi tumpeng emang ada makna simboliknya semacam persembahan dan juga wujud dari rasa syukur kepada Allah Subhanahuwata'ala. 

Dalam masyarakat Jawa, secara etimologi bahwa kata tumpeng merupakan akronim dari kalimat "yen metu kudu mempeng" yang artinya ketika keluar harus sungguh - sungguh semangat. 

Ternyata dalam setiap lauk pauknya pun ada maknanya loh : 

NASI 
Dulu, nasi tumpeng biasanya dibuat dari nasi putih, sekarang sih sudah variatif ya temen - temen ada nasi uduk dan nasi kuning pula. Nasi yang dibentuk kerucut itu artinya melambangkan sesuatu yang kita makan harus berasal dari yang bersih dan halal. 

AYAM
Ayam jago atau ayam jantan, yang biasa digunakan dalam lauk nasi tumpeng. Katanya sih milih ayam jago / jantan ini supaya ada makna menghindari sifat buruk ayam jago, seperti kesombongan, congkak, selalu nyela kalau bicara dan selalu merasa benar. 


IKAN TERI
Ini yang paling saya sukai dalam nasi tumpeng, ikan teri ini ternyata memiliki makna kebersamaan dan kerukunan. Karena ikan teri kan hidupnya senang bergerombol dalam lautan, jadinya rukun dan bersama selalu. 

TELUR
Telur dalam nasi tumpeng menjadi perlambang jika manusia itu semua dilahirkan dalam fitrah yang sama. Telur yang bisa masuk kedalam nasi tumpeng biasanya disajikan utuh, biasanya ada yang disemur, dipindang dan dimasak dalam variasi resep lainnya. 

SAYURAN URAB
Sayuran yang diurab itu terdiri dari kangkung, bayem, kacang panjang, tauge dimasak dengan memadukan bumbu urap yang terbuat dari sambal parutan kelapa, enak banget. Ternyata sayuran ini tuh banyak maknanya loh. Kangkung berarti jinakung, perlindungan atau melindungi. Bayam diartikan ayem tentrem, Taoge artinya tumbuh, kacang panjang bisa diartikan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. 

CABE MERAH
Cabe merah dalam nasi tumpeng biasanya dihias berbentuk kelopak bunga diatas nasi tumpeng, nah hiasan cabe ini tuh melambangkan api yang memberikan penerangan yang memberikan manfaat bagi orang lain.  



Jadi begitulah gaes filosofi dari beberapa yang ada dalam nasi tumpeng. Dan buat yang sedang mencari Nasi Tumpeng Jakarta Pusat bisa langsung aja ceki - ceki nasi tumpengnya Royal Tumpeng yah.


Wassalam,

Tian Lustiana

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla