Begini Caranya Menjual Apartemen yang Menguntungkan

15.50.00

Assalamualaikum, 

Begini caranya menjual apartemen yang menguntungkan.Di jaman yang semakin modern ini, orang akan mencari hunian yang lebih praktis, nyaman dan tentu saja dengan harga yang terjangkau. Banyak orang memilih apartemen dibandingkan jenis hunian lainnya. Alasannya pun beragam, mulai dari dekat dengan fasilitas umum ataupun tempat kerja, lokasi yang strategis dan lain sebagainya. Selain itu, penghuni apartemen juga tidak akan direpotkan oleh urusan perawatan dan pemeliharaan bangunan. 

Beberapa alasan di atas membuka peluang yang besar bagi temen - temen yang berniat untuk menjadi agen properti. temen - temen bisa menjual apartemen dengan menawarkan beberapa pilihan yang sesuai dengan kriteria konsumen. Namun yang perlu diketahui, ada banyak sekali pesaingnya dalam bisnis jual apartemen ini, lihat beberapa di halaman listing apartemen ini. Mereka saling berlomba menawarkan dengan strategi masing-masing agar mendapatkan banyak keuntungan. Oleh karena itu, simaklah tips berikut ini agar temen - temen siap untuk bersaing memasarkan apartemen yang dijual.

Tips cara menjual apartemen yang menguntungkan


1.   Persiapan
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjual apartemen tentu saja adalah melakukan persiapan. Persiapan itu termasuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bangunan yang akan dipasarkan. Jadi saat menawarkannya pada pembeli, coba certitakanlah hal yang sebenarnya. Jangan pernah sekali pun mengada-ada karena hal tersebut akan membuat pembeli merasa kecewa. Berkata jujur apa adanya akan lebih baik dibandingkan dengan berbohong, apalagi tujuan kita kan melakukan hal tersebut untuk mencari keuntungan. Temen - temen harus menjaga reputasi sebagai penjual yang jujur sehingga akan mendapatkan kepercayaan dari banyak pihak.

2. Memilih design dan kelengkapan yang bagus 
Sebagai agen properti, temen - temen juga harus mencari properti yang designnya sedang banyak diminati oleh pembeli. Ini akan membuka peluang yang lebih lebar karena pastinya pembeli menyukai sesuatu yang sedang naik daun. Perhatikan juga design eksterior, interior dan juga kelengkapan apartemen. Anda harus mengecek sendiri apakah ada hambatan dalam kelistrikan, pengairan dan lain sebagainya. Dengan keadaan fisik bangunan yang bagus, tentu saja konsumen akan merasa puas dan percaya bahwa temen - temen itu  adalah penjual yang baik. 



3. Membuat website professional
Semakin berkembangnya teknologi memudahkan kita dalam memasarkan apartemen. Salah satu caranya adalah dengan membuat website karena sekarang banyak orang yang lebih memilih mencari informasi tentang apapun termasuk mencari apartemen melalui internet. Dengan menggunakan website professional, temen - temen akan dengan mudah memasarkan properti dengan detail informasinya. Jadi, pembeli juga dapat mengetahui informasinya lebih dalam dan akan lebih mantap dalam mengambil keputusan. 

Yang perlu diingat lagi dalam pembuatan website adalah harus mobile friendly. Karena sekarang banyak sekali orang yang mengakses informasi apa saja lewat perangkat mobile karena dinilai lebih praktis. Selain itu juga bisa mencoba cara lainnya misalnya dengan membuat aplikasi mobile khusus yang bisa didownload dengan mudah. 

Temen - temen dapat melengkapi website tersebut dengan formulir aplikasi atau menyediakan survey bagi setiap pengunjung. Hal ini akan membantu dalam mengambil langkah ke depan dan mengembangkan usaha. Karena tahu apa yang diminati dan diinginkan oleh calon konsumen. Temen - temen dapat juga menambahkan link website di setiap media sosial agar orang yang merasa tertarik akan menggali informasi dari website kemudian melakukan follow up. 

4. Membuat page menu floor plan
Menu ini mungkin belum begitu disadari bila ternyata cukup penting dalam menjual apartemen. Melalui menu ini, temen - temen bisa memberikan detail informasi dari unit bangunan yang akan dijual. Isinya berupa foto dan video secara lengkap setiap sisi bangunan. Sehingga sebelum melakukan survey secara langsung, pembeli setidaknya sudah cukup yakin dengan keadaan bangunan. Ini adalah metode termudah dan terlengkap.

Jelaskan pula detail informasi lainnya seperti fasilitas atau lokasi secara lengkap. Kalau perlu, lengkapi dengan peta lokasi. Hal ini akan memudahkan calon pembeli datang langsung ke lokasi apartemen apabila ingin melakukan survey secara langsung. Jangan lupa cantumkan fasilitas umum yang ada di sekitarnya seperti tempat wisata, sekolah, pasar, perkantoran, rumah sakit dan lain sebagainya. 

5. Meningkatkan pengiklanan
Ada banyak sekali media iklan yang bisa dilakukan untuk mendatangkan banyak pembeli. Semakin banyak mengiklankannya lewat berbagai media, tentu peluang terjualnya akan semakin tinggi. Oleh karena itu manfaatkanlah berbagai media sosial yang ada seperti facebook, instagram dan lain sebagainya. Selain cara ini praktis, temen - temen juga akan mendapatkan konsumen dari luar daerah yang mungkin berniat membeli apartemen untuk investasi. 

6. Mengetahui alasan konsumen memilih apartemen sebagai hunian
Sebelum menjual apartemen, temen - temen juga harus tahu alasan calon pembeli memilih apartemen sebagai hunian. Misalnya saja karena calon pembeli ingin dekat dengan tempat kerjanya sehingga lebih efisien dan tidak terjebak macet terlalu lama di jalan. Bila itu alasannya, temen - temen dapat dengan mudah mencarikan apartemen yang dekat dengan lokasi kerja tersebut dan menawarkannya. Pasti konsumen akan merasa sangat terbantu dan penjualannya pun berhasil. 

Namun di sisi lain ada juga yang ingin tinggal di apartemen karena ingin mendapatkan hunian dengan fasilitas yang lengkap dan juga low maintenance. Ditambah lagi di apartemen ada sistem keamanan 24 jam yang akan lebih membuat penghuninya merasa nyaman. Bila hal ini yang diinginkan, temen - temen harus mencari apartemen yang benar-benar lengkap fasilitasnya agar apa yang diinginkan konsumen terpenuhi. 

7. Menawarkan apartemen dengan pengelolaan terbaik
Banyak orang yang memilih apartemen sebagai hunian mereka karena imagenya yang nyaman, bersih, berfasilitas lengkap dan tentu saja ada pelayanan maintenance. Sebagai penjual,harus pintar menyiasatinya yaitu dengan mencari properti seperti yang diinginkan dan membuat konsumen merasa tempat itu layak dijadikan pilihan yang tepat. Dengan pengelolaan yang baik apartemen itu akan memiliki prospek yang bagus. 

8. Membuat media penunjang marketing
Sebagai penjual, tentu saja marketing adalah kunci utamanya. Temen - temendapat membuat media penunjangnya misalnya saja dengan membuat kartu nama yang menarik dan meyakinkan. Dengan memberikan kartu nama sebagai agen properti, pasti akan lebih banyak lagi orang yang menghubungi untuk menanyakan apartemen yang dijual dan sesuai dengan keinginannya. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menyurvei media promosi dari agen lainnya dan memodifikasinya sehingga temen - temen memiliki media pemasaran yang jauh lebih sempurna. Dengan cara ini pastinya akan semakin banyak konsumen yang tertarik dengan apartemen yang dijual. Karena pada prinsipnya, kita harus bersaing secara sehat dengan memberikan gebrakan baru yang lebih baik di banding yang lain. 

9. Lingkungan
Faktor penting lain yang harus diperhatikan sebagai penjual adalah memilihkan lingkungan yang baik bagi calon penghuni. Karena yang dinamakan sebagai hunian tentu saja melingkupi tempat tinggal dan lingkungan di sekitarnya juga. Hal ini bisa menjadi point plus hunian yang ditawarkan. Misalnya saja karena tempat itu dekat dengan area perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan lain sebagainya. Karena hal ini kerap sekali menjadi pertimbangan bagi pembeli. 

10. Memiliki apartemen yang akan dijual dalam segmen yang berbeda 
Seperti yang kita tahu, peminat apartemen tidak semuanya berasal dari segmen ekonomi atas. Hal ini perlu disiasati sehingga temen - temen dapat menyiapkan apartemen yang memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan calon pembeli. Bila temen - temen tidak memperhatikan hal ini, temen - temen akan kehilangan kesempatan dalam memasarkan karena tidak semuanya yang berminat memiliki budget yang sama. 

11. Mengikuti pameran properti
Mengikuti pameran properti adalah salah satu cara untuk menjual apartemen. Di sana, akan ada banyak calon pembeli sehingga kemungkinan terjual sangat besar. Tingginya minat konsumen dalam mencari hunian apartemen ini membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi pameran untuk mendapatkan banyak referensi pilihan dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu saja, lewat pameran ini para calon konsumen juga akan lebih mudah dalam menggali informasi yang dibutuhkan. 

Lewat pameran ini, penjual juga akan diuntungkan karena bertemu banyak konsumen yang berbeda-beda atau heterogen. Ini kesempatan Anda sebagai agen properti menonjolkan apartemen yang akan ditawarkan melalui berbagai media seperti foto, tampilan di video dan lain sebagainya. 

Di pameran-pameran biasanya juga menyediakan booth yang dapat mendukung promosi. Jangan remehkan media booth ini karena dari tempat ini pengunjung akan merasakan aura kenyamanannya bila temen - temen mengesetnya sebagai gambaran hunian yang ditawarkan. Buat para pengunjung terbawa dalam ruang imajinasinya membayangkan kenyamanan hunian melalui proyeksi design dari booth yang dilengkapi hiasan interior dan tentu saja SPG yang ramah. Salah satu penyedia info pameran ini adalah inapex.


12. Harga yang bersaing 
Harga adalah tolak ukur yang penting dalam menjual apartemen. Temen - temen jangan salah dalam mengambil keputusan menentukan harga karena dapat menutup peluang. Bila temen - temen mematok harga yang terlampau tinggi, tentu saja calon pembeli akan cenderung memilih ke penjual yang harganya lebih murah. Jadi temen - temen harus terus memantau harga pasaran agar nantinya tidak salah dalam memberi harga. 

Karena di masyarakat Indonesia, harga menjadi salah satu patokan dan kecenderungan berminat atau tidaknya dengan sesuatu yang dijual. Surveylah harga dari para penjual lain sehingga temen - temen tidak meleset dalam memberikan harga. Selain itu, buat harga yang cocok sesuai dengan keadaan dan fasilitas dari hunian yang akan dijual. Sehingga harga dan kualitasnya masih linear serta masuk akal. 

13. Menjalin komunikasi dengan para pembeli
Saat temen - temen bertemu dengan pembeli ataupun calon pembeli, tampilkan kesan yang baik dan memberi pelayanan yang prima. Ini merupakan point plus yang tidak disadari dapat memperlancar rizki temen - temen di masa mendatang. Siapa tahu calon pembeli yang tidak jadi membeli karena kurang cocok dengan yang diinginkan akan menawarkan properti temen - temen ke orang lain yang sedang mencarinya karena sesuai dengan kriteria.

Di sisi lain, bisa saja pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan temen - temen akan membeli lagi ke temen - temen karena merasa nyaman dan temen - temen jujur dalam bertransaksi. Biasanya orang yang merasa puas juga secara tidak langsung akan mempromosikan ke orang lain dari mulut ke mulut. Ini adalah ladang rizki buah dari kejujuran dan pelayanan yang baik. Jadi, bekerjalah dengan jujur dan semaksimal mungkin karena pasti rizki akan mengalir untuk temen - temen.

Nah, demikianlah 13 tips cara menjual apartemen yang menguntungkan yang bisa dicoba. Semoga tips diatas dapat mengantarkan temen - temen menjadi agen properti yang sukses, meraih banyak keuntungan dan tentu saja mendapatkan rizki yang barokah. Selamat mencoba.


Wassalam,

Tian lustiana 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali informasi dan tipsnya, ijin share ya mbak :)

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla