Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Part 1

Assalamualiakum, 


Temen - temen suka merasa gaji tiap bulan itu pas - pas an? Belum sebulan tapi udah abis? 
Atau temen - temen merasa ga bisa nabung, meskipun sebenernya penghasilan sudah besar? 
Kalau temen - temen pernah merasakan itu semua, tenang temen - temen gak sendiri, haha. Saya pun pernah merasakannya. 

Kira - kira apanya ya yang salah? Ini saya nya yang salah atau gimana? Saya sampe mikir kerasa loh gaes, awal - awal nikah lalu kayak gitu. Uang gaji suami saya yang pegang, tambah uang gaji saya plus uang laba dari bisnis tapi kok abis aja, saya sampe mikir ini ada tuyul kali ya, wkwkw. Kan kasian tuyul jadi tertuduh. 

Ternyata saya tidak melakukang perencanaan keuangan keluarga, itu salahnya. Lah perencanaan keuangan kantor saja yang diperhatikan sedangkan perencanaan keuangan rumah tangga sendiri saya abaikan, itulah kesalahan fatal saya selama ini gaes. Kalau ga ada perencanaan keuangan, yakin deh pengeluaran pun jadi ga terkendali dan sama sekali ga bisa saya prediksi. Temen - temen yang pernah belajar budgetting pasti paham akan hal ini. 

Jadi, setelah sadar pentingnya perencanaan keuangan untuk rumah tangga, langsung deh saya aplikasiin bagaimana merencanakan keuangan. Sederhananya sih gini, saya mulai membuat rencana nih penghasilan saya itu mau diapakan, mau untuk keperluan apa saja. Untuk masa lalu, masa kini dan masa depan itu apa aja yang harus saya siapkan sejak sekarang. 

Lah kok masa lalu? Hooh saya anggap utang adalah masa lalu. Masa kini itu adalah anggaran buat belanja rutin, pengeluaran yang biasa dilakukan aja. Masa depan ya rencana pemenuhan kebutuhan untuk masa depan. 
Melakukan perencanaan keuangan itu awalnya harus niat ya gaes, jangan pernah sepelekan niat.Setelah niat kemudian kita tuh wajib tau kondisi keuangan dan segala masalahnya, hitung juga utang kalau punya dan mulai berniat melunasinya, terus kita juga harus identifikasi pola belanja rutin, mau harian. bulanan atau mingguan jadi ada perencanaannya gitu, mikir juga buat nabung teratur terus susun rencana buat pengeluaran beberapa tahun ke depan. 
Ya, ampun Tian jadi lieur deh. 
Hmmm, oke nih saya kasi langkah sederhananya saja ya biar bisa memulainya. 
Saya terbiasa mencatat pengeluaran, sekecil apapun. 
Pencatatan pengeluaran harian ala Tian Lustiana 
Dengan rajin mencatat pengeluaran jadinya tau frekuensi pengeluaran setiap hari. Jadi lama - lama terlihat deh mana keinginan mana kebutuhan. 
Mengidentifikasi pengeluaran rutin.
Setelah 6 bulan, amati polanya apakan pengeluaran bulanan atau harian atau bahkan tahunan. Setiap bulan itu dicek udah mengeluarkan uang buat apa saja, bulan selanjutnya juga sama cek aja terus sampai bisa menilai sendiri. Ingat ya gaes kunci utamanya itu adalah KONSISTEN dan NIAT. 
Kalau saya tulis semua disini takutnya malah jadi lieur alias pusing, hehhe.
So, selamat rajin - rajin nulis pengeluaran setiap harinya gaes, jangan bosan ya. Sekarang juga kan banyak tuh aplikasi pencatatan keuangan, nah maksimalkan saja itu. Tapi kalau saya sih lebih seneng mencatat manual , hehe. Lalu nanti seminggu sekali saya masukin ke excel, biar lebih rapi.
Ada yang sudah melakukan perencanaan keuangan rumah tangganya dan sudah konsisten berjalan? Sharing yuk gaes.

Wassalam,
Tian Lustiana 





    Bekerja sama dengan dapet penghasilan kan? Gajian namanya. Tapi kadang ya kok gaji nya selalu kurang dan kurang, padahal setiap tahun UMR / UMK itu kan naik ya? Dulu saya gitu gaes, kalau abis gajian suka mikir kok cepet abis padahal kan masih ada beberapa pos yang harus diisi.













    Ya, saya tuh kemana - mana bawa buku kecil, fungsinya buat nyatet pengeluaran harian saya. Saya jajan bakso, jajan cilok pun wajib dicatat. Uang bensin harian, beli pulsa dan pengeluaran lainnya selalu masuk ke catatan, jangan sampai lolos. Jadi dengan rajin nyatetin pengeluaran sampai pengeluaran terkecil pun ga bakalan heran kalau uang cepat menguap, seenggaknya tau uang itu pergi kemana. 




    Setelah rutin mencatat pengeluaran, jadinya tar keliatan nih mana yang menjadi pengeluaran rutin dan keliatan juga bagaimana frekuensinya. Jadi ga bisa instan sih emang, perlu waktu ya minmal 6 bulan buat bisa konsisten dan bisa melihat frekuensi ini. 



    Jadi temen - temen sebelum lanjut ke budgetting atau perencanaan keuangan rumah tangga selanjutnya, harus rutin aja dulu melakukan pencatatan pengeluaran yaaa. Insya allah next bakalan saya lanjutin ke part 2 .







    25 komentar

    1. Teh Tian rajin sekali.. Mencatat keuangan dulu pernah aku lakukan tapi itu duluuuu dan ngga berlanjut lagi sekarang. Padahal penting ya apalagi sebagai istri yang menjabat bendahara. Makasih ah remindernya tinggal membulatkan tekaD

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya maksain biar rajin hahaha. Haha semangat yang penting niat

        Hapus
    2. Sehari2 ngurus keuangan melulu tapi bukannya berjalan sukses malah sama2 lieur nya Teteh. Hehehe...

      Padahal sebagai ibu negara sekaligus manager RT kita tuh dituntut piawai dalam soal urusan ini ya.

      Yg bikin pusing sih catatan banyak ari uangnya ga ada :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha, merangkap dalam segala hal per rumah tangga an yah

        Hapus
    3. Beberapa minggu ini adalah minggu banyaknya gelaran pesta pernikahan yang berarti banyak menerima undangan, kalo dikalkulasi cukup mencengangkan budget yang kita anggarkan untuk "nyambungan" (istilah Sunda). Dan hal ini jarang masuk di perencanaan keuangan dan akhirnya berpengaruh ke keuangan keluarga. :-)

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya "nyambungan" juga harus masuk ke perencanaan keuangan hehe nanti masuknya ke budgetting

        Hapus
    4. Kalau dulu pas masih gajian memang suka merasa gitu, tapi sekarang udah nggak gajian tapi teeuteup mesti mengatur keuangan keluarga yang dikasih suami hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Heheh jadi ibu mah memang intinya tetap mengatur keuangan yah teh hehe.

        Hapus
    5. Jaman dulu baru melahirkan anak pertama saya rajin catat catat keuangan keluarga. Sekarang, suka malas. Gimana dong...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hihihi malasnya itu harus dibuang dulu mak haha.

        Hapus
    6. rajin ya mba sampai ditulis dengan rinci, jadi ingat dulu teman juga seperti itu sampai kaya beli es 1000 aja sampai ditulis

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya saya emang niatkan untuk selalu mencatat keuangan, jadi terinci dengan baik haha, Sebagian orang sih anggepnya pelit atau itungan

        Hapus
    7. PR banget ini mbak heheh.. mencatat pengeluaran. Selama ini cuma diinget aja udah keluar duit buat apa aja. Setelah itu ya udah.. goodbye..

      BalasHapus
    8. Kalau aku masih suka catatin pengeluaran baik itu sehari-hari maupun bulanan. Kalau aku banyak banget pengeluran tak terduganya kayak ke kondangan kalau ada 4 sebulan kan lumayan bingits.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya harusnya jatah kondangan masuk yah haha karena kadang undangan itu tidak terduga

        Hapus
    9. Kalau mencatat keuangan biasanya aku kalau sempat mba, hehe wajar masih belajar juga. Padahal kegiatan pencatatan keuangan kayak gitu penting banget yah, biar uang gak sembarangan keluar dan jelas untuk apa aja. Semoga bisa belajar lebih baik 🙂

      BalasHapus
      Balasan
      1. SAya biasanya catet pas mau tidur, biar ga ribet hehehe. Sambil latih ingatan biar gak pikun

        Hapus
    10. Merencanakan keuangan memang harus diniatkan supaya benar-benar bisa dijalankan dan tidak sekedar wacana. Tks masukannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya emang harus dijalankan jangan cuman niat haha

        Hapus
    11. sebuah hal yang bagus untuk gue belajar nantinya..

      BalasHapus
    12. belakangn saya selalu cari artikel soal perencanaan keuangan, eh nemy tuliskan kakak. rerata tipsnya mirip dan senada tapi ada satu benang merahnya, niat yes niat... makasih sdh diingatkan kakaa

      BalasHapus
    13. tulisannya terlalu kecil sekali bila dibandingika dengan part 2. mataku agak susah karena saya orangnya mata minus bunda.

      tapi gambar penunjangnya sangat cakep dan menarik bunda

      BalasHapus

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
    EmoticonEmoticon