Ternyata Bumbu Dapur Juga Bisa Bermanfaat Untuk Kulit Wajah

Assalamualaikum, 

Buat kita nih kaum perempuan, penampilan itu harus diperhatikan. Setuju gak gaes? Dari ujung kepala sampai ujung kaki, termasuk untuk urusan penampilan kulit wajah. Ini ga pernah luput dari perhatian. Siapa coba yang gak mau punya kulit wajah cantik, sehat, bersih dan selalu berseri? 

Banyak banget cara supaya kulit wajah lebih cerah, salah satu cara yang sudah diketahui banyak orang itu adalah dengan melakukan perawatan. Saya sih paling seneng perawatannya dengan masker wajah, mulai dari masker peel off, sheet mask sampai masker alami sering saya gunakan. 


Ambil gampangnya saja, beli masker yang sudah ready. Jaminan itu berbahan alami ga sih gaes? Atau itu malah terbuat dari bahan kimia? Duh kebayang ga yang punya alergi terus pake masker yang ternyata ada kandungan kimia nya, kebayang ga? Serem ah bayanginnya, pasti reaksi alergi pada kulitnya macem - macem deh. Serem kan? 

Makanya kalau pilih masker itu yang alami saja biar aman untuk kulit wajah. Temen - temen sudah tau kali ya beberapa buah yang bisa dijadikan masker wajah? Saya biasanya suka pake alpukat, strawberry dan tomat yang sudah saya haluskan terus aplikasiin deh ke kulit wajah, wajah jadi seger. Eh tapi ternyata selain buah - buahan yang digunakan untuk kulit wajah, bumbu dapur juga ada loh yang bisa direkomendasikan untuk kecantikan kulit, ciyus nih. 


Penasaran kan gaes? Bumbu dapur apa saja sih yang bisa direkomendasikan untuk kecantikan kulit wajah? 

GULA MERAH 
Gula merah bukan hanya manis saja ya, atau bukan hanya bisa dipakai ngerujak namun gula merah ini ternyata ada khasiat yang tersembunyi untuk kecantikan kulit wajah. Buat temen - temen yang pori - pori nya besar, coba deh gunakan campuran gula merah dan madu kemudian aplikasikan ke kulit wajah kemudian pijat perlahan. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin ya gaes untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

KAYU MANIS 
Ngomongin kayu manis saya jadi ingetnya sama sayur kacang hehe, tapi ternyata campuran bubuk kayu manis dan madu yang diracik dengan perbandingan kira - kira 1 : 6 itu bisa membuat kulit lebih cantik loh gaes.Campuran kayu manis dan madu itu bisa bikin jerawat sembuh, karena kan madu mampu mengurangi inflamasi, kayu manis juga ada kandungan anti oksidan dan anti inflamasinya jadi cocok banget nih buat temen - temen yang memiliki masalah dengan jerawat.

BAWANG PUTIH 
Saya tuh favorite banget sama bawang putih, apalagi kalau makan pakai taburan bawang putih goreng, maknyus banget deh. Selain enak dipakai taburan nasi hangat, ternyata bawang putih juga bisa bikin kulit wajah semakin cantik. Kandungan bakteri yang ada pada bawang putih ini tuh bisa banget mencegah perkembangan jerawat. Caranya hancurkan 2 siung bawang putih terus rendam dalam satu sendok air kurang lebih selama sepuluh menit, kemudian oleskan pake kapas ke kulit wajah, kayak pakai toner gitu. Gunakan secara rutin yaa biar jerawatnya kabur. 

KUNYIT
Kandungan curcumin pada kunyit ini ampuh banget melawan bakteri penyebab jerawat loh gaes. Kunyit juga punya kandungan anti jamur dan anti inflamasi. Nah supaya hasilnya maksimal temen -temen bisa nyampurin kunyit dengan madu dan susu. Oleskan pada wajah dan tunggu selama 20 menit, jangan lupa bersihkan dengan menggunakan air hangat.

SERAI
Serai juga oke loh buat ilangin jerawat. Campurkan serai dan teh kemudian oleskan pada wajah bisa bikin mulus loh.


GARAM
Garam ini bisa bikin wajah makin kinclong. Selain itu bisa juga buat bersihkan makeup dari wajah loh. Caranya gampang banget yakni oleskan campuran garam dan minyak dengan perbandingan 1:1 kemudian oleskan sambil pijat perlahan, rasakan deh kotoran wajah terangkat seketika.


Itulah gaes beberapa bumbu dapur yang bisa merawat kulit wajah. Intinya sih jangan pernah malas untuk bersihkan kulit wajah, supaya wajah selalu terlihat segar dan sehat. Dan ingat, kandungan bahan alami lebih baik dibandingkan kandungan kimia, ya kan? Mau informasi kecantikan lainnya, temen - temen bisa baca banyak tips di qupas.id



Wassalam,


Tian lustiana


10 komentar:

  1. nenek moyang kita, sudah dari dulu mengenal bahan kecantikan dari bahan masakan.coba tanya dengan orang tua yang masih hidup sekarang, kecantikan nya tak kalah dengan wanita zaman sekarang pakai produk luar negeri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, sebenernya sejak dahulu kala nenek moyang sudah mengenal bahan kecantikan dari bumbu dapur yah

      Hapus
  2. Ternyata bumbu dapur seperti : gula jawa, kayu manis, bawang putih bermanfaat buat kesehatan dan keindahan kulit, ya ...

    Kalau kunyit sejak lama digunakan untuk kesehatan dan keindahan kulit, aku tau.
    Kunyit dalam tradisi Jawa digunakan untuk sebagai salah satu bahan luluran yang sering dipraktekkan untuk keluarga keraton juga masyarakat umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, luluran dalam keluarga keraton itu menjadi kewajiban kayaknya yah, biar kulit kuning langsat

      Hapus
  3. Wah, saya baru, makasih sharingnya teh :)

    BalasHapus
  4. dari semua bumbu dapur tersebut ternyata baru bawang putih yang saya tahu, dengan ini bertambahlah info seputar bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, murah murah banyak faedah, betul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga baru tau hihihi, yess murmer namun kaya banget faedahnya

      Hapus
  5. aku malah baru tau klo serai bisa buat jerawat mbak
    bisa dicoba nih

    BalasHapus
  6. Kalau ada bawang putih, bawang merah bukannya juga bisa mbak.. Tapi daku tahunya bawang merah buat atasi sakit perut, heheb

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.