Aturan dan Etika Memberikan Uang Tip - Diary Pink Tian

Tuesday, July 3, 2018

Aturan dan Etika Memberikan Uang Tip

Assalamualaikum, 

Temen - temen ada yang suka kasi uang tip ga kalau menggunakan pelayanan jasa? 

Tip : Uang yang diberikan sebagai tanda kepuasan terhadap pelayanan ( biasanya jasa) yang diberikan secara ikhlas dan sukarela. 
Bahas masalah uang tip ini pandangannya itu beda - beda yah, ada juga loh perusahaan yang memang enggak menerima tip dan sebaliknya. Meski banyak ya sekarang perusahaan – perusahaan yang memang sudah memasukkan service charge pada bill langsung tapi ya biasanya sih kalau kita merasa puas suka pengen aja kasi uang tip lagi, yak an? Ya kalau saya sih itung – itung sebagai ucapan makasih gitu.
Ternyata memberikan tip itu ada aturan dan etikanya juga loh gaes, jadi ga asal aja ngasi – ngasi uang tip yah, hmmm selama ini say amah kalau merasa puas dan cocok sama pelayanan biasanya kasi uang tip. Ternyata ada juga ya aturan dan etikanya, diantaranya adalah :
Memberikan tip pada orang yang tepat
Memberikan tip itu niatnya baik ya gaes, tapi kalau memberikan tip pada yang yang tidak tepat ya sia – sia dong. jadi gini gaes, ada beberapa perusahaan yang memang menghimbau konsumennya untuk tidak memberikan uang tip pada karyawannya. Namun ada juga yang memang sudah menjadi tradisi memberikan uang tip pada karyawannya seperti pekerja di hotel, jasa parker valet, bell boy, kapster, stylist dan lainnya.

So, kalau mau kasi tip harus cek ricek dulu peraturannya yah.
Berikan tip sesuai kemampuan
Kalau kata orang sunda mah “ keudah ngukur kana kujur” ya memberikan uang tip jangan juga sok – sok an mau kasi dalam jumlah besar padahal ga ada uangnya, jadi ya sesuaikan saja sama kemampuan kita. Normalnya memberikan tip itu 10% dari total tagihan , itu normalnya ya pada prakteknya seikhlasnya saja. Jadi jangan maksain.
Memberikan tip dengan sopan
Memberikan uang tip juga harus dengan sopan, meskipun nominalnya besar nih ya jangan sambil dilempar juga kali, memberikan tip dibarengi dengan ucapan terimakasih lebih baik loh.
Masukkan uang tip dalam anggaran liburan
Kan kalau pas liburan nih, masukin dana uang tip juga. Kan pas liburan biasanya suka banyak membutuhkan jasa orang lain kan? jadi kalau sudah dianggarkan kan enak yah karena meskipun kasi uang tip nya ga gede tapi kan lumayan kalau yang dikasi uang tip nya banyak, ye kan gaes?


Kalau saya pribadi lebih sering memberikan uang tip ketika saya selesai creambath, facial, cuciblow atau menggunakan jasa ojol. Pokoknya mencoba memberikan tip sesuai pelayanan aja deh jadi bukan karena gengsi atau malu.
Yang saya rasakan kalau memberikan uang tip pada kapster yang biasa creambath atau facial saya tuh mereka jadi lebih termotivasi lagi, setiap saya kesana lagi suka merasakan bahwa mereka mencoba lebih baik lagi memberikan layanan terhadap saya.
Kalau temen – temen gimana nih pendapatnya tentang masalah uang tip ini?


Wassalam,


Tian Lustiana 

5 comments:

  1. aku kalau ke pasar antri ada abang parkir yang sering ku kasih tips setiap datang aku ga khawatir kesulitan cari parkir dah dibantuin cariin, disusunin barang belanjaannya makanya ku seneng kasih tip ke dy servicenya excellent banjet hehhee

    ReplyDelete
  2. Hihi, hampir gak pernah mbak. Krn saya berpikir kl mereka akan mendapat dari perusahaan atau tempat mereka kerja

    ReplyDelete
  3. Saya mungkin termasuk orang yang jarang kasih tip. Hehehe..
    Seringnya ngasih tip ke babang gojek, karena gampang tinggal klik

    ReplyDelete
  4. Aku juga kasih uang tip paling kalau naik ojol & di salon doang.
    Nah paling sebel itu kalau ngurus sesuatu ke instansi pemerintah, muka petugasnya langsung berubah kalau ada yg ga ngasih tip. Jelas2 udh ada banner dimana2 himbauan untuk ga ngasih tip. Nyebelin ini, hahahaha.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  5. Uang tip merupakan ekstra yang bisa diberikan jika memang kita puas dengan layanan yang diberikan

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.