Senin, 09 Juli 2018

Mari Kita Menyelami Budaya Tiongkok dengan Mengunjungi 5 Situs Sejarah di Cina

Assalamualaikum, 


 
Budaya, memiliki lingkup yang sangat luas dan bersinggungan dengan banyak elemen. Budaya dapat meramu masyarakat untuk menuju ke dalam sebuah peradaban yang lebih baik dan melahirkan tatanan hidup baru dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Selain itu, budaya juga memberikan pandangan-pandangan yang sangat bijak dalam menerima sebuah hal baru ataupun masalah yang ada di dalam kehidupan.



Nah, ngomong - ngomong tentang budaya tentu sangatlah kompleks bila hanya memahami dari sumber tertulis. Memahami budaya harus lebih dari sekedar mempelajari secara literal, dan alangkah baiknya jika kita memahami langsung dengan pergi mengunjungi tempat sejarah dan budaya itu berasal. Salah satu negara yang memiliki sejarah panjang adalah Cina. Woooh siapa coba yang gak mupeng menyambangi Cina. Negeri Tirai Bambu tersebut telah berdiri sejak ribuan tahun lalu, bahkan mereka melahirkan banyak pemikir dan filsuf untuk membuat Cina menjadi lebih baik di setiap perkembangan sejarahnya.

Bagi temen - teman yang gemar akan kisah-kisah sejarah dan kebudayaan Cina, mungkin dengan mengunjungi beberapa situs sejarah di Cina ini akan menambah dan memperkuat pengetahuan nih. Hanya dengan mencari dan memesan tiket pesawat ke Cina, kita bakalan mendapatkan pengalaman lebih dengan mengunjungi situs-situs bersejarah yang ada di Cina. Tiket pesawat tersebut akan menambah pengetahuan  tentang budaya dan sejarah negeri yang terkenal dengan Tembok Besarnya ini.

1. Forbidden City
Kota Terlarang ini berhasil “dipulihkan” dalam beberapa dekade terakhir dan menjadi pusat perhatian pengunjung untuk mengabadikan momennya di sana. Forbidden City menjadi sangat penting dalam perkembangan sejarah dan kebudayaan Cina. Pasalnya, bangunan yang berdiri kokoh hingga saat ini tersebut merupakan istana kekaisaraan yang menduduki pemerintahan Cina dari awal hingga tahun 1912 dan dianggap sebagai contoh utama arsitektur dan desain Cina. Kita dapat membayangkan apa saja yang terjadi di dalam istana yang menyimpan sejuta kisah tersebut. 


2. Gua Mogao
Gua Mogao merupakan salah satu seri dari kuil yang dibangun dalam bentuk gua. Situs yang berada di provinsi Gansu ini adalah saksi bisu terciptanya jalur sutra. Situs Mogao telah berada di bawah kendali berbagai kelompok, termasuk orang Tibet, dan merupakan titik pertahanan dan perdagangan utama di Jalur Sutra. Jalur tersebut merupakan sebuah jalur yang menghubungkan Eropa dan Cina beberapa waktu yang lalu sehingga butuh lebih dari setahun untuk bepergian.



3. Nanjing Massacre Memorial Hall
Situs ini merupakan salah satu situs yang akan melahirkan kesan-kesan tertentu di benak kita semua . Pasalnya situs ini merupakan bekas pembantaian yang terjadi di akhir tahun 1930-an dan mengakibatkan kematian massal sekitar 300 ribu jiwa. Pembantaian Nanjing, nán jīng dà tú shā (南京 屠杀) adalah invasi dan kampanye pembunuhan massal yang dilakukan oleh tentara Jepang.


4. Terracotta Army
Kalau temen - temen merupakan penggemar dari film The Mummy, mungkin situs ini sudah tidak asing lagi nih. Tidak jauh dari kota Xi'an yang besar dan modern, Mausoleum Kaisar Qin Pertama dimakamkan dengan penjagaan lebih dari 8.000 patung terracota yang memenuhi kawasan pemakaman tersebut. Pemakaman itu berlangsung sekitar 2.200 tahun yang lalu.

Ini merupakan situs yang luar biasa untuk disambangi karena makam itu hampir satu setengah mil panjangnya dan berisi ratusan  kuda dan ribuan prajurit yang menungganginya.


Menariknya, kuburan tersebut telah terbengkalai selama berabad-abad sampai akhirnya sekelompok arkeolog tersandung di atasnya pada tahun 1974 dan menemukan ribuan tentara terakota yang masih setia berdiri dan menjaga makam Kaisan Qin yang telah meninggal ribuan tahun lalu tersebut. Destinasi ini menjadi sangat menarik dan memiliki nilai sejarah yang amat tinggi.

5. Tembok Besar
Yang paling terkahir adalah Tembok Besar Cina yang telah berdiri ribuan tahun untuk memisahkan Cina dari Mongolia Utara. Situs ini mungkin memang menjadi situ yang paling populer dan berhasil mencuri perhatian jutaan pengunjung yang sedang bertandang ke Cina. Pasalnya, situs ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah sekaligus tempat untuk mengenal sejarah hubungan antara Cina dengan Mongol pada saat dibangunnya tembok tersebut. Temen - temen akan merasa seperti dibawa oleh mesin waktu untuk mengunjungi Cina ketika sedang bersitegang dengan Mongol akan wilayah kekuasaan.




Seru banget kan menyelami budaya Tiongkok sambil berlibur di negara Tirai Bambu? 



Wassalam,

Tian lustiana


18 komentar

  1. penasaran sama forbidden city aku mah teh hehhee someday lah kesana sama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Peradaban Tiongkok memang luar biasa. Bubur, mie, juga salah satu eh salah dua budaya asal Tiongkok yang jadi kuliner favorit kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Masyaa Allah mbak lokasinya keren2 tapi kok saya merasa agak serem sama kuburan. 😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Mau banget saya bisa liburan ke Cina, menyusuri tembok Cina, yang nomor dua dan tiga aku baru dengar, serem ih itu memorial hall nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Setuju saya bahwa dalam memahami kebudayaan lokal memang harus berkunjung langsung, jadi menikmati dan mengalaminya langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Jadi banyak tahu nih, sebelumnya tahu cuma tembok cina doang. Jadi makin kaya wawasan. Itu goa serem juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Aku tertarik Terracotta Army itu mbak, terkenal banget. AKu jg takjub kok msh terjaga gtu ya? Sampai bbrp film tu terinspirasi bikin kyk gtu jg :D
    Moga kaapn2 ada rezeki sekeluarga bisa ke Cina aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. Nah iya, aku pun penasaran sama Forbidden city. Historik banget ya. Itu juga sama yang Terracotta army. Sering dipake di film2. Keren. Mejeng dan foto2 di tembok besar China juga asyik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon