LRT, MRT, KTM Komuter Dan Monorail Kuala Lumpur - Diary Pink Tian

Tuesday, June 5, 2018

LRT, MRT, KTM Komuter Dan Monorail Kuala Lumpur

Assalamualaikum, 

Saya pengen liburan ke Kuala Lumpur lagi. TITIK. 

Padahal beberapa temen udah pada booking mau ke Thailand loh, entahlah mengapa saya engga tertarik sama Thailand, saya masih penasaran pengen ke Kuala Lumpur lagi, saya suka disana. Saya suka liburan di Kuala lumpur. Kenapa? Saya suka banget sama kemudahan transportasinya. 



Karena menurut saya sih yang tidak suka kemacetan, hal yang bikin malesin atau nyenengin ketika liburan itu salah satunya adalah masalah transportasinya, ada yang setuju gak? Jadi saya tuh males kalau liburan bermacet - macet an, susah naik angkutan umumnya, ga suka. Nah kan kalau jalan - jalan ke luar negeri tuh suka seneng liat moda transportasinya yang siap mengantarkan sampai penjuru kota manapun, bebas macet, murah dan nyaman. Transportasinya ada LRT, MRT, KTM, Monorail sampai bus GO KL. 


Ternyata antara LRT, MRT, KTM dan Monorail itu beda loh gaes. Saya awalnya juga mikir sama aja, itu - itu juga, sama - sama train alias kereta kan? Nyatanya keempatnya berbeda. 

LRT (Light Rail Transit)


LRT ini banyak banget berlalu lalang di Kuala Lumpur loh gaes, jam operasionalnya itu dari pukul 06.00 sampai 23.00 . Ada tiga rute LRT, rutenya itu Kelana Jaya, Ampang, Sri Petaling. LRT ini menghubungkan pusat kota di Kuala lumpur dengan daerah - daerah diluar kawasan kotanya. 

 
Beli tiket LRT ini bentuk koin belinya di Vending machine yang ada di setiap stasiun (stesen kalau kata orang KL mah) , bebas mau masukin ringgit koin atau kertas juga nanti kalau uangnya besar dikembaliin sama mesinnya loh, unik. Ketiga rute LRT sudah terintegrasi jadi satu tiket bisa dipakai ketiganya. 

MRT (Mass Rapid Transit) 

MRT ini melewati kawasang Klang Valley, itu loh yang terkenal bingit karena kepadatan lalulintasnya. Jalur MRT ini panjangnya sampai 51km, ada dua rute / laluan yaitu laluan Sunga Buloh - Kajang dan Semantan - Kajang. 




KTM Komuter (Kereta Api Tanah Melayu) 

Menurut temen saya yang tinggal di Kuala Lumpur, kereta jenis ini adalah salah satu alat transportasi yang paling tua di Malaysia. Meskipun sudah tua namun menurut saya masih sangat bagus dan layak banget, malahan kalau ga dikasi tau udah tua saya ga bakalan ngeh. KTM ini menghubungkan antar kota, jarak tempuh dan gerbongnya pun panjang dibandingkan kereta lainya. Namun harganya sih masih keitung murah. 



Dalam satu gerbong ini ada satu gerbong khusus wanita, jadi pas saya ke Batu caves kan pakai KTM ini, kebetulan saya duduk di area khusus wanita, lebih nyaman sih. Jalur yang dilewati KTM adalah Tampin - Batu caves dan Pelabuhan Klang - Tanjung Malim. 

Nunggu KTM ke Batu Caves 


MONORAIL 
Monorail gerbong dan rute nya paling  dikit dibandingkan dengan kereta lainnya. Mungkin karena rute nya pendek kali yah. Saya menggunakan monorail ini dari Kl Sentral ke Stasiun Titiwangsa. 




Semoga suatu hari nanti saya bisa ke Kuala Lumpur lagi dan ke negara -  negara luar yang transportasi publiknya cucok meyong kayak gini. 

Kalian kalau holiday senengnya yang macet apa engga? Sharing yuk 




Wassalam,


Tian Lustiana

39 comments:

  1. Kalau ngomongin MRT-LRT aku jadi nggak sabar nunggu 2019, katanya MRT bisa digunakan masyarakat tahun depan, amin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mudah2an secepatnya yaa Indonesia menggunakan mrt sbg mass transport nya

      Delete
  2. Seneng yang ngga macet dong ka.. bisa mengunjungi berbagai destinasi dalam
    satu hari hehe. akupun senang jika ke KL selain makanannya juga alat transportasinya.. kemana2 saling terhubung dan banyak petunjuk how to go dimana-mana.. tinggal pilih mau kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sehari bisa ke 3 bahkan sampai 5 destinasi kalau ga macet yah heheh

      Delete
  3. Eaaaa KL transportasinya kumplit,ilok kata orang Cikarang hehe,kalau macet ma.sarana transportsi di sana keren keren .....mau dong ke KL

    ReplyDelete
  4. eh tapi bener ya, menghadapi kemacetan jakarta aja udah bikin stress masa mau holiday harus macet2an lagi

    aku baru sekali siy mba ke KL ,itupun by bus dari johor, dan muter2 KL nya juga pake bus jadi blm ngerasain mass transportasinya semua yang mba tulis disini...

    jadi pengen holiday ke KL lagi deh dan kali ini mau naik transportasi umum aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kan, jd pas holiday enaknya ga macet2an

      Delete
  5. Saya dah coba semua itu mba waktu kesana. Malah nyobain KTM yang sleeper train. Berharap indonesia punya sleeper train juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya blm nyobain ktm yang sleeper train nya, asik ya

      Delete
  6. Kalau aku senang jalan-jalan yang macet hahaha. Karena bisa lihat kondisi sekitar, apalagi kalau pemandangannya bagus. Tapi kalau dijalan perkotaan lebih suka yang lancar karena polusi udara banget klo macet-macetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cepet bosen kalau macet2an heheh

      Delete
  7. Saya mah tergantung situasi Teh. Kalau lagi kerja di luar negeri, transportasi lancar malah sering berdoa minta macet. Hahaha,,, biar lama di jalan sehingga ada alasan pulang telat. Tapi itu tak pernah terjadi. Waktu libur jadi berasa cepat banget

    Sementara ketika masih kerja di Jakarta, duh beneran tua di jalan. Pernah mau wawancara Kepala BNP2TKI sampai ditelpon2 ajudannya gara2 macet. Sampai berasa mati idup saya saat itu ditentukan. Untung masih bisa keburu... Saat itu pengen banget transportasi di kita lancar seperti di negara orang.

    Semoga ya kaumuran ka Cianjur aya jalan tol, aya kereta, jajauheun sampai MRT mah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd macet nya tergantung kebutuhan ya

      Delete
  8. Transportasi di Malaysia sudah cukup canggih ya Daripada di Indonesia semoga saja tahun depan di Jakarta sudah bisa menggunakan MRT

    ReplyDelete
  9. Aku sikon apapun suka aja apalagi negeri yang belum pernah. Ini koin LRT sekali jalan atau bisa kayak tiket TJ kita ada min isi kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koin nya per stasiun, biasnya 1 koin bisa dipake 2 apa 3 stesen gitu

      Delete
  10. Semoga Indonesia kelak bisa seperti dimalaysia ya..terutama di kota besar seperti Jakarta..., Macetnya kadang bikin stress duluan..., Mau berangkat udah kepikiran macet...

    ReplyDelete
  11. Gimana kalo liburan di wilayah pelosok Indonesia. Dimana transportasi kadang masih sangat sulit bahkan belum ada . Gimana Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan beda lagi, pelosok indonesia biasa ga macet, seni berjalan kaki digunakan hehehe

      Delete
  12. Holiday atau enggak senengnya yang enggak macet dooong hahaha. Tapi keseringan kalau holiday dalam negeri enggak jauh-jauh dari macet sih ya. Mau ke luar negeri belum ada ongkosnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di indonesia mau ga macet paling liburannya ke pelosok ya biar adem

      Delete
  13. Indonesia bakal punya kek gini juga ya komplit nanti. Pernah naik ini bentuk koinnya kayak karambol ya..lucuk..

    ReplyDelete
  14. Duh cukup banyak ya Mba jenisnya di KL. Saya saja masih bingung nih sebenarnya. Mungkin hrs ke KL dulu yah spy paham bedanya LRT, MRT, kereta melayu dan monorail ya?

    ReplyDelete
  15. Waaah, aku baru tahu bedanya. Aku kira sama. Cuma beda di penyebutan. Wkwkwkwk... kudet sekali ya aku teh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya awalnya juga aku ngiranya gitu hahah

      Delete
  16. Moda angkutan umum ini memang menjanjikan ya, kurangi macet. Perjalanan jadi efisien.

    ReplyDelete
  17. Seneng ya kalau ke KL, kalau mau jalan2 transportasinya mudah :D
    Bentar lagi (gak tau kapan sih hehe) Indonesia (baca: Jakarta) juga akan punya MRT dan LRT :D
    Moga2 saja pas udah jadi beneran bisa jd solusi kemacetan di Indonesia :D

    ReplyDelete
  18. Eaaa, saya juga kepengen bisa jalan-jalan keluar negeri (ga pake titik) asik ya mba, meski negara tetangga tetapi beda atmosfernya kalau lagi jalan-jalan dan liburan. Terlebih sebelumnya perbah ke sana dan mendaoat pengalaman yang menyenangkan. Yuk ah ke Kuala Lumpur.

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah keluar negeri kak,,duh jadi pengen kesaana. Btw itu monorailnya cakep ya,,jadi ga sabar naik Monorail di Jakarta haha.

    ReplyDelete
  20. Selaim bikin gak macet, aku suka lihat foto-fotonya tampaknbersih dan tertib ya

    ReplyDelete
  21. Sama ih aku juga pengen ke malaysia lg ❤️❤️❤️ Asik bgt dsana transportasi nya udah enak langsung k tempat wisata n bersih...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.