Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Assalamualaikum, 

Abis lebaran nih gimana kondisi keuangan? 
Stabil? Mengenaskan atau biasa saja? 

Heheh, hanya para ibu nih biasanya yang bisa menganalisa kondisi keuangan keluarga dan hebatnya ga perlu diragukan lagi. Menjadi financial planner bagi keluarga itu lebih susah dibandingkan menjadi financial planner nasabah di Bank loh gaes. Meskipun kuliah dan kerja berkutat di akuntansi, kadang kalau masalah akuntansi rumah tangga suka bikin lieur haha, benar ga sih? Apa saya aja yang merasa begitu? 


Kalau ada yang sama sini kita berpegangan tangan haha. Tapi kan ibu rumah tangga memanglah sebagai manager keuangan jadi mau ga mau kita harus melakukan yang terbaik, iya kan? Semua masalah keuangan kita yang ngatur meski ada juga sih yang masih diatur suami - suami, itu sih tergantung sama kesepakatan saja. Kalau saya pribadi sih pengaturan keuangan semuanya dipegang saya, suami hanya mantau saja tapi ga pernah nanyain juga sih, yang penting kebutuhan setiap bulan oke dan terpenuhi, tabungan juga masih bisa terisi, udah alhamdulillah. 

Ada beberapa tips nih yang biasa saya lakukan untuk pengaturan rumah tangga supaya sehat dan stabil, diantaranya adalah : 

SKALA PRIORITAS 

Skala prioritas buat saya penting karena sangat membantu saya dalam melakukan pengaturan keuangan rumah tangga. Jadi saya tuh mengukur mana dulu nih yang dirasa paling penting dan harus didulukan dibayar jangan sampai telat bayar. 


Hal yang pertama saya lakukan membuat skala prioritas ini adalah saya harus tau dulu berapa sih income keluarga saya setiap bulannya, dari gaji suami dan gaji saya ( kalau bonus ngeblog gak saya masukin karena itu saya anggap bonus haha jadi ga masuk anggaran rumah tangga wkwkkw) . Saya juga harus tau nih pengeluaran yang rutin berapa dan semua itu saya hitung dan saya list. Jadi ketauan mana yang harus didahulukan. 

POS KHUSUS 

Dalam mengatur keuangan itu kan harus cermat apalagi ketika pembagian pos - pos khusus nih, harus tepat jangan sampai nombok. Saya siapkan pos khusus yang memang rutin seperti keperluan rumah, pendidikan neng marwah dan keperluan lainnya yang memang sudah saya siapkan pos nya sendiri jadi ketika butuh tinggal saya ambil, semua saya bagi per pos sampai pos skincare juga saya anggarkan, haha ini demi kemaslahatan hidup saya wkwkw, pokoknya semua keperluan yang sekiranya akan keluar uang saya buatkan pos nya biar keliatan nih pos mana yang bengkak. Saya juga bikin pos untuk kebutuhan yang ga terduga. 


CATATAN PENGELUARAN DAN PEMASUKAN 

Ada pemasukan ada juga pengeluaran, jangan pemasukannya saja yang dicatat tapi juga pengeluaran harus dicatat secara rinci, saya biasa pakai notes gitu di smartphone atau nulis manual di kertas dan di rumah saya rekap ke excel. Setiap pemasukan dan pengeluaran saya rinci tujuan supaya saya bisa tau dan bisa kontrol keuangan keluarga, jangan sampai keborosan saya menghancurkan impian keluarga, ea ea ea. Jajan bakso pedas aja saya tulis, jajan cilok aja saya tulis apalagi jajanin kamu, wkwkkw! 


EVALUASI 

Saya biasanya evaluasi bulanan, jadi saya bisa ngukur apakah strategi yang saya lakukan berhasil atau tidak, kan percuma ya gaes saya capek - capek nulis laporan keuangan rumah tangga tapi keuangan malah jebol - jebol aja hihi. Jadi saya biasanya lakuin evaluasi nih biar tau juga apakah semua berjalan dengan baik.
HEMAT  DULU BELANJA KEMUDIAN 

Tagline saya tuh, hemat dulu belanja kemudian. Kalau saya hemat saya bisa shopping. Jadi saya gak mau demi hasrat belanja saya malah kehabisan uang buat investasi, apalagi saya bukan pegawai negeri yang punya pensiun jadi otomatis saya harus siapkan dana pensiun sendiri dong gaes. Nah setelah uang terkumpul untuk jalan - jalan dan belanja marilah belanja haha, jadi buat belanja aja saya mah nabung dulu gaes. Biar keuangan keluarga saya tetap sehat wal afiat. 




Kalau temen - temen ada tips untuk mengatur keuangan juga feel free to sharing ya gaes. Siapa tau saya bisa nemu ilmu baru, bisa belanja tiap hari tapi hemat juga, kan asik ya. 



Wassalam,


Tian Lustiana 

12 komentar:

  1. Wah Teh Tian jago Akuntansi ya, saya paling pusing tuh nyatet jajanan hehe jadi dibuletin aja hmmm kalo saya juga sama sih hemat dulu belanja kemudian biar pas tanggal tua kaga boke hehe sama ga terlibat hutang piutang, kreditan bahkan arisan, byk nabung n investasi🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga jago sih haha cuman dari SMK saya berkutat sama akuntansi, hihih. Bener yang penting ga terlibat sama hutang

      Hapus
  2. Terimakasih tips ya sangat bermanfaat hehe

    BalasHapus
  3. Wah harus telaten ngatur keuangan ya

    BalasHapus
  4. Biasanya kurang telaten nyatet pengeluaran satu satu hehe

    BalasHapus
  5. Bener banget hemat dulu belanja kemudian hehe

    BalasHapus
  6. Tipsnya juga bermanfaat buat yang masih sendiri hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat

      Hapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.