Naik Bandros, Keliling Kota Bandung

Assalamualaikum,

Ada yang pernah naik Bandros keliling kota Bandung?

Mumpung masih liburan nih, seru loh ajakin anak - anak keliling Bandung pakai Bandros. Seperti beberapa waktu lalu nih, neng Marwah ngebet banget pengen naik Bandros. Kebetulan waktu itu pas bulan Ramadan jadi kami naik Bandros sambil ngabuburit.


Sebelum saya ceritain pengalaman naik Bandros, temen - temen udah tau kan Bandros teh naon? Bandros kepanjangan dari Bandung Tour On Bus. Dan sejak kehadirannya itu banyak sekali yang senang naik Bandros, baik wisatawan luar Bandung ataupun urang Bandung sendiri, kayak saya hehe.

Neng Marwah bilang dia ingin naik Bandros warna pink. Maka sore itu saya dan suami keliling nyari Bandros warna pink, ternyata ada di daerah Gasibu namun sudah berangkat dan kami harus nunggu sejam lebih, males kan nunggu lalu kami pun bergegas ke arah Balai Kota, biasanya disana juga ada Bandros, mudah - mudahan saja kami belum terlambat. Alhamdulillah sampai sana Bandros masih ada dan baru ada 4 orang penumpang yang sedang menanti, ya Bandros akan jalan kalau sudah agak penuh. Saya duduk disamping neng Marwah, ayahnya duduk di belakang. Terpancar banget aura bahagia dari wajah neng Marwah yang memang sudah sejak dulu pengen naik Bandros.


Kemudian Bandros yang kami naiki mulai berjalan, ada guide nya juga. Namanya mas Oki. Mas Oki ini gokil dan bikin suasana dalam Bandros asik. Neng Marwah ketawa - ketawa ketika mas Oki melemparkan lelucon - lelucon lucu. Perjalanan Bandros kami mulai keluar dari Taman Balai Kota kemudian mengarah ke Gasibu, menuju taman Cibeunyung, taman superhero, taman foto, gedung merdeka, alun - alun, Braga dan kembali lagi ke Balai kota.






Ketika melewati jalan Kosambi, kami berhenti dulu di Greko, sebuah gedung perbelanjaan dan apartemen baru dikawasan Kosambi. Kami berhenti untuk sholat ashar. Setelah sholat ashar selesai Bandros kembali melaju, kali ini akan melewati kawasan Asia  - Afrika, kawasan wisata jurig. Iya saya bilang wisata jurig karena memang banyak jurignya haha. Benar saja ketika kami sedang asik melihat jurig - jurig dari kejauhan tiba - tiba depan mata ada pocong, neng Marwah langsung menghindar dan memeluk saya, mukanya pucat. Duh jurig pliss jangan nyingsieunan anak saya atuh. Neng Marwah memang ga suka sama badut dan jurig - jurig an hehe dia kalau liat kayak gitu suka berdebar - debar, entah kenapa.

Foto - foto dulu di Greko Kosambi 

Next kita nyari Bandros yang rute nya gak ke Jalan Asia Afrika deh neng, biar ga ditakut - takuti sama jurig Asia - Afrika yah.

Untuk naik Bandros, keliling kota Bandung kita hanya merogoh kocek 20ribu saja perorang, jadi saya, suami dan neng Marwah itu 60ribu untuk keliling kota Bandung sejam lebih. Asik lah biarpun pas macet tapi kan seru dan belajar banyak tentang sejarah - sejarah kota Bandung karena guide nya bakalan ceritain sejarah setiap jalan yang kita lewati, seru kan?

Bandros itu ada tujuh warna loh, diantaranya yang kami naiki Bandros kuning, ada juga Bandros Biru, Ungu, Hijau, Pink, Hitam dan merah. Bandros merah kayaknya bandros pertama yang ada yah dan enam Bandros lainnya baru launching pas 19 Januari 2018. 

Nih saya kasi bocoran rute - rute yang akan dilalui Bandros. 

BANDROS BIRU
Bandros ini akan membawa temen - temen keliling Bandung mulai dari Alun - alun Bandung kemudian ke arah Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun - alun Regol dan ke kawasan Buah Batu kemudian balik lagi ke Alun - Alun. 
BANDROS KUNING
Rutenya dari Taman Balaikota kemudian beranjak melewati lapangan Gasibu, menuju ke Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun - Alun Bandung, Braga dan kembali lagi ke Taman Balaikota. 
BANDROS UNGU
Bandros ungu nan unyu ini dimulai dari Gasibu kemudian ke Taman Cikapayang menuju ke Alun - Alun Ujung Berung, Museum Geologi, Pusdai dan kembali lagi ke Gasibu. 
BANDROS HIJAU 
Mulai dari alun - alun Bandung kemudian ke rute ChinaTown, Pasir Kaliki, Alun - Alun Cicendo, RS Hasan Sadikin, PVJ Mall, ke UPI, melewati teras Cihampelas, Stasiun KA Bandung kemudian ke Pasar Baru dan berakhir di Alun - Alun Bandung lagi. 
BANDROS PINK 
Lucu ya Bandrosnya warna Pink, Bandros pink ini start dari Gasibu kemudian ke Taman Pasupati, ITB, Kebun Binatang, Sabuga, Dago Tea House, Forest Walk Babakan Siliwangi, Teras Cikapungung kemudian ke Teras Cihampelas melewati arah fly over pasupati dan berakhir di Gasibu lagi. 
BANDROS HITAM
Bandros ini jarang banget ditemui kecuali sedang ada tamu VIP yang biasanya tamu pemerintahan yang sedang mengunjungi Bandung. 
BANDROS MERAH
Untuk Bandros merah masih maintenance belum beroperasi, tapi biasanya rutenya Alun - ALun Bandung ke daerah cibaduyut. 


Selain tarif sekali jalan ( single trip) yang dibandrol sebesar 20ribu, ada juga loh multi trip / one day pass seharga 40ribu. Untuk beli tiker temen - temen langsung saja ke Balaikota Bandung, Gasibu dan Alun  - Alun Bandung tempat mangkal Bandros nya. Jam operasionalnya dari pukul 8pagi sampai pukul 4 sore. Selama dalam Bandros jangan buang sampah sembarangan ya gaes, jaga kebersihannya biar Bandung semakin juara :). 


Ada yang pernah naik Bandros? Gimana ceritanya ? Seru? Sharing yuk! 


Wassalam,


Tian Lustiana 
Ban



13 komentar:

  1. Haduh Bandung beruntung sekali punya citybtour bus yang cakep kayak bandros ini. Rutenya juga banyak ya Mbak, wajib dicoba nih kalau ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak seneng loh jalan - jalan keliling Bandung pakai Bandros

      Hapus
  2. kapan ini mulai beroprasi?
    kok tahun 2016 belum ada..

    BalasHapus
  3. Seru banget deh ya. Aku pengen nyoba kemaren, bingung mau naek dari mana. memang sudah pernah dengar tapi belum punya kesempatan. Mudah mudahan nanti kalau ke Bandung lagi bisa jalan jalan ke Bandung hehehe

    BalasHapus
  4. Wah sekarang banyak warna dan bisa pilih naik di mana (selain balai kota) ya? Waktu saya naik harus dari balai kota saja. Gak bisa naik di Gasibu atau alun2...

    Eh, bukannya naik Bandros gratis? Ternyata sekarang bayar 20 ribu ya?

    BalasHapus
  5. Baru tahu kalau tiap warna itu beda rutenya ternyata hehe, belum sempet aja naik bandros nih padahal orang Bandung yak heu...

    BalasHapus
  6. Asik ya mbak naik bandros, apalagi kita bisa pilih warna yang disesuaikan dengan tujuan kita. Rutenya complete.

    BalasHapus
  7. Naik bandros kelilingan di Bandung belum pernah.. Makan kue bandros udah, hehehe..
    Patut dicoba nih ah, kalau nanti pas ke Bandung.

    BalasHapus
  8. Asyik banget ya Teh, saya juga belum pernah nge-Bandros, blm pas waktunya dan anak saya seneng liat bus, dia bilang Taye tayee hahha Tayo maksudnya duh jadi makin semnagat nih pgn naik Bandros, tfs ya!

    BalasHapus
  9. Kece nian Bandros ini mbah..instagramable, berasa di LN.. belum pernah nyoba..harus nyoba nih kalau keliling Bandung

    BalasHapus
  10. wah, makasih infonya mba. udah dari lama mau naik ini, tapi kok kayanya minim info kituh. ternyata beda warna, beda tujuan yak, baru tau. hehe

    BalasHapus
  11. Waa, bener2 super fun time nih naik bandros keliling kota bandung, saya jadi pengen foto naik bandros dengan warna2 yang unyu itu....

    BalasHapus
  12. Pertama kali naik bandros skitar 2 thn yg lalu.dulu msh gratis.naiknya rame2 brg ibu2. Seru yaa..jd pgn naek lg bandros yg skrg. Apalagi rutenya beda2 bisa milih.

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.