Inilah Tutorial Membuat Blog Dari Hostinger - Diary Pink Tian

Tuesday, June 26, 2018

Inilah Tutorial Membuat Blog Dari Hostinger

Assalamualaikum, 

Sekarang menulis diblog kayaknya udah jadi trend yah. Buktinya semakin banyak tuh blogger - blogger yang mulai bermunculan. Saya dulu nulis dari tahun 2005 awalnya saya nulis di myspace lanjut ke wordpress dan sekarang ke blogspot. Pernah juga sih saya nulis di tumblr dan platform blog lainnya, sampai saat ini saya masih bertahan nulis di blogspot dan wordpress, meski untuk wordpress masih belum maksimal.

Untuk blogspot sih udah lumayan kepegang lah, haha meski kadang suka nanya sama masternya. Untuk wordpress saya masih agak - agak butuh tutor untuk mendampingi hehe karena saya rasa kalau bikin blog di wordpress itu jauh lebih sulit dibandingkan di blogspot, entah karena saya memang lama megang blogspot kali yah jadi saya merasa kesulitan ketika ngutak - ngatik plug in wordpress. Temen - temen bisa cek nih blog saya di : https://tianlustiana.wordpress.com/ 

Tapi saya mah orangnya suka nekad, ngulik sendiri sampe mentok aja pokoknya. Belajar bikin wordpress self hosted atau situs yang hosting sendiri kan kalau dari blogger atau blogspot itu kekurangannya ga punya kontrol ya untuk hosting situs kita, hostingnya gretongan ya bo jadi wajar aja. 

Eh tapi kalaupun gratisan nih blog atau situs kita, apakah masih bisa kita punya kontrol penuh terhadap hosting? Ternyata bisa loh gaes. Tapi ya menurut para master blog sih sebaiknya gak pake yang gratisan untuk urusan hosting apalagi untuk situs atau blog utama yang traffik nya udah tinggi, karena kalau akun hostingnya engga tahan nampung trafik yang banyak tar ujung - ujungnya hosting bisa kena suspend loh. 

Menurut beberapa para pakarnya nih, kalau ternyata wordpress ini tepat banget kalau memang temen - temen pengen ngebangun situs atau blog secara serius karena ada kesempatan untuk berkembang apalagi kan ada komunitasnya juga jadi bisalah sharing sama sesama anggota komunitas, bertumbuh bersama gitu deh. Jadi modifikasinya juga enak katanya karena kan memiliki penuh atas karya - karya kita, disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan. 

So, marilah kita belajar mendalami wordpress dengan bikin blog di wordpress , dan ini ada beberapa tutorial membuat blog dari Hostinger. So selamat membaca gaes. 





Sebelumnya kita harus paham dulu nih apa sih wordpress itu, wordpress itu adalah platform open - source yang bisa didonlod dan dipakai siapapun juga melalui wordpress.org . Nah di wordpress.org itu temen - temen bakalan nemuin tema, plug in, dokumentasi, blog developer dan juga ada forum bantuan untuk open - source nya. Tapi juga ada web lainnya yang temen - temen juga harus tau, adalah wordpress.com, solusi hosting yang dikelola untuk wordpress dan secara otomatis ditawarkan oleh pendiri Wordpress, Matt Mullenweg

Bikin blog di wordpress itu emang ga mudah, butuh waktu yang lumayan agak lama. Softwarenya sih memang gratis dan open -source , namun ada beberapa hal juga yang dibutuhkan membuat blog wordpress diantaranya : Hosting yang harus sesuai, nama domain yang akan digunakan sebagai branding, salinan wordpress



Langsung saja yaa kita ke tutorial membuat blog di wordpress nya. 


INSTALL WORDPRESS DI PAKET HOSTING 

Biasanya layanna hosting ini udah sepaket sama installer otomatis, temen - temen bisa akses melalui cpanel atau dahsboard hosting utama, banyak kok caranya. Atau bisa juga pake cara dasarnya, yakni : 


  • Temen - temen masuk ke dashboard atau cPanel dan kemudian buka Website > auto installer. 
  • Terus gunakan kolom search / pencarian untuk menemukan aplikasi wordpressnya, biar lebih mudah gitu gaes. 
  • Kemudian pilih opsi wordpress yang muncul dan temen - temen nanti bakalan diminta isi formulir, setelahnya klik aja tombol install dan baru deh melalui tahapan proses instalasi. Tunggu sampai selesai :) . 

PENGATURAN STANDAR WORDPRESS 

Pengaturan di WP itu banyak loh jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai user. Temen - temen bisa masuk ke dashboard kemudian buka settings>general dan akan liat disitu ada pengaturan standarnya. Kemudian mulai deh cek judul dan tagline blog / situs temen - temen. Judul itu harus bener - bener branding temen - temen, ya dibikin se keren mungkinlah. 


Langkah selanjutnya cek deh bahasa dan zona waktu blognya. Kemudian cek juga format tanggalnya kan setiap negara beda - beda jadi silakan disesuaikan. Sudah? sekarang klik save changes dan buka settings > discussion untuk mengaktifkan / non aktifkan  kolom komentar dan mengatur keyword. BIsa juga pilih notifikasi by email untuk setiap komentar yang masuk. Baiknya temen - temen aktifkan pingback dan trackback. Dan ceki - ceki lagi pengaturan standar lainnya, silakan sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan teman - teman. 

TEMA WORDPRESS 

Saya paling seneng utak - atik tema, apalagi nih di wordpress ada sekitar 33 tema gratis yang menarik loh. Bisa temen - temen pilih sesuai selera masing - masing. Menurut saya nih yah kalau tema itu penting dan mempengaruhi desain blog kita nantinya. 


Pilih tema yang memang mewakili temen - temen banget gitu dan yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa panduan yang bisa temen - temen gunakan sebelum menentukan tema yang sesuai, adalah : 

  1. Pilih tema yang responsif
  2. Tema yang bisa dibuka disemua browser dan juga mendukung plugin utama Wordpress
  3. Tema yang menyediakan versi translate, penting jika menggunakan blog multibahasa
  4. Clean code, penting untuk SEO
  5. Peringkat dan ulasan bagus engganya tema yang akan dipilih
Setelah tema didapat, buka lagi dashboard dan pilih apperance > themes > add new . Nah terus pada kolom pencarian, temen - temen masukkin aja nama tema yang sudah dipilih di direktori tema WP kemudian install deh, jika proses install selesai klik active. Tadaaa tema sudah langsung terinstall. 


PLUGIN WORDPRESS
Setiap developer di wordpress itu punya plugin yang memang harus diinstall, untuk meningkatkan kemampuan wordpress itu sendiri. Dan sebagian besar plug in nya itu sifatnya open - source dan bisa didonlod secara gratisan loh. Untuk proses install plugin ini sama saja sih pas temen - temen mau nambah tema, buka plugins > add new di dahsboardnya. Dan kemudian cari deh plugin yang diinginkan. 
Nah nanti bakalan muncul, lalu install now aja deh. Kalau sudah selesai nanti akan ada tombol activate dan bisa langsung digunakan diblog wordpress nya deh. 
WAKTUNYA NULIS DEH 
Sekarang semuanya sudah diinstall, saatnya menulis dan publish deh. Tema atau niche tulisan bisa disesuaikan dengan penulisnya. Semacam personal branding gitu. 

Setelah nulis jangan lupa publish dan share ke semua sosial media temen - temen yaaa. Sekian tutorial membuat blog wordpress yang saya baca - baca dan saya aplikasikan dari Hostinger. Apa itu Hostinger ?  Silakan cek aja sendiri ke websitenya yaa gaes. 
Happy writting gaes !!! 

Wassalam,


Tian Lustiana




5 comments:

  1. Aku punya aku di wordpress tapi bingung mau diapain hehehe.... Pusing mikirin kontennya plus optimasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, suka bingung yaaa haha karena belum terbiasa kali yah jadinya rasanya bingung mau mulai darimana dulu

      Delete
  2. Keren nih.. Sy lagi belajar nulis pje WP sedikit lebih ribet krn gak biasa tapi memang lebih asyik ya.. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus terbiasa dulu baru bisa merasa nyaman dan asik hihi

      Delete
  3. Saya belum pernah pake WP, karena masih cinta dengan blogger hehe..

    Kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.