Forest Walk Babakan Siliwangi, Pesona Hutan Di Jantung Kota Bandung

Assalamualaikum,

"Bu, jalan - jalan ke Hutan yuk" Pinta neng Marwah kemarin ketika libur 01 mei 2018. Karena ibu juga memang belum pernah jalan - jalan ke Hutan makanya jadi mupeng pas neng ngajakin ke Hutan. Ibu langsung deh inget ke Baksil alias Babakan Siliwangi yang lagi happening dengan forest walk nya. Kalau liat di instagram sih keren - keren fotonya, makanya jadi penasaran banget pengen kesana juga. 



Karena hari ini libur, makanya saya, suami dan neng Marwah langsung deh ke Babakan siliwangi setelah sholat Dzuhur. 



Gak susah untuk menemukan lokasi Forest Walk Baksil, jadi lokasinya itu ada diantara Dago dan Cihampelas. Temen - temen dari luar Bandung juga pasti tau kan daerah Dago dan CIhampelas, salah satu tempat yang lumayan tersohor di Bandung loh. 



Forest Walk Baksil ini adalah hutan yang sudah disulap dan disihir menjadi tempat wisata (dan tempat selfie) oleh pemerintah kota Bandung. Hutan yang berada di kota Bandung ini bukan hutan buatan, ini memang sudah ada sejak dulu hanya saja sekarang memang dijadikan lokasi wisata dan selfi, dipercantik gitu. 









Hutan seluas 3.8 hektar kini berubah menjadi lebih cantik dan lebih photoable. Yess namanya juga Zaman now harus photoable dong. Hutan Baksil ini adalah hasil proyek revitalisasinya Pemkot Bandung dibawah kepemimpinan kang Emil. 



Di hutan Baksil ini dibangun jalan layang pedestrian atau saya mah nyebutnya jembatan panjang untuk jalan - jalan di Hutan. Panjang jembatan Forest Walk ini sekitar 2 kilometer, hmm lumayan panjang ternyata. Pantesan kemarin saya lumayan ngos - ngos an loh, haha. Olahraga sambil menikmati pemandangan hijau. 



Saya, suami dan neng Marwah baru pertama kali ke Forest Walk Baksil ini dan kami sangat takjub. 



Sepanjang jembatan yang membentang Forest Walk menggunakan lantai kayu yang disangga tiang kokoh. Ada meja - meja yang bisa dijadikan tempat curhat dan nongkrong,kayaknya banyak juga yang piknik dan botram disana deh. Bahkan kemarin ada yang gelar tikar loh, botram bareng keluarga, menyenangkan sekali. 




Sepanjang jalan Forest Walk tidak selalu datar, ada turunan dan ada tanjakan. Ada loh tanjakan yang licin, saya sampe deg - deg an haha karena takut mundur lagi, maklum saya mah cemen suka takut sama ketinggian - ketinggian kayak gitu, malah Marwah aja naik tanjakan itu sambil lari dan gak kenapa - napa, hehe. 



Di jalan - jalan jembatan itu, pohon - pohon masih dibiarkan hidup dan tumbuh, dengan dibuat jalan khusus untuk pohon supaya tetap menjulang hidup dan memberikan kesejukan udara sekitar, ah ini semua Ciptaan Allah SWt, sungguh luar biasa. 


Untuk pohon - pohon supaya bisa tumbuh dengan baik 


Meskipun kami kemarin ke Forest Walk selepas solat dzuhur namun berjalan disana sama sekali tidak merasa kepanasan, suasananya teduh banget. Sinar matahari seakan malu menembus Forest Walk Baksil. Pohon Cemara dan Pinus gagah sekali menjulang, ada juga pohon Beringin yang akarnya bergantung - gantung, cocok buat foto - foto.


Neng Marwah seneng banget berjalan di Forest Walk Baksil, tidak ada nampak kelelahan diwajahnya, yang ada hanya keceriaan dan rasa takjub. Sesekali wajahnya merengut ketika melihat sepasang muda - mudi yang sedang mojok dan sambil berbisik ke saya " Bu, pacaran dosa yah?". Hmm ya di Forest Walk kemarin banyak yang mojok, hehe. Neng Marwah juga kurang suka ketika melihat ada sampah yang teronggok dibeberapa titik, kami pungut dan buang ke tempat sampah deh bekas botol minuman. Mudah - mudahan yang ke Forest Walk pada sadar ya itu sampahnya jangan dibuang sembarangan dong, malu sama anak  - anak 10 tahun yang mungutin sampah dan buang ke tempatnya. ( Ketika neng Marwah buangin sampah dia ga mau difoto, katanya takut riya, ckckkc anak siapa sih?).


Selamat jalan - jalan 😄.

Menuju Forest Walk Babakan Siliwangi : 
Masuk ke kawasan Forest Walk Baksil ini free, hanya bayar parkir saja. Jika temen - temen datang dari arah Dago, nah pas di perempatan Dago Dipatiukur langsung belok kiri ya ngikutin jalan yang mau ke Sabuga. 
Kalau datang dari arah cipaganti, pas pertigaan antara cihampelas dan ciumbuleuit belok kiri, ga jauh dari situ ada pertigaan lagi kemudian lurus ke arah yang  mau ke punclut, belok ke kanan ke jalan yang mau ke cikapundung, nah Babakan Siliwangi disebelah kanannya. 






Wassalam,


Tian lustiana 

33 komentar:

  1. tempat ini salah satu tempat andalan aku buat foto foto untuk memenuhi konten di ig, cakep bener kalau foto disini, cahaya nya alami dan cekas pula hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang, enakeun banget foto - foto

      Hapus
  2. saya sering kebandung dan kedago. tp blm kesini sih.
    bagus ni referensinya mba. nanti kalo jalan2 lagi kebandung.
    keknya harus kesini deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya wajib dicoba nih buat referensi jalan - jalan, sejuk loh

      Hapus
  3. Bagus ya wisata hutannya, BTW nyamuknya banyak gak ya? Kan biasanya hutan banyak nyamuk. Penanaman pohonnya bagus banget, tapi saya kwatirnya ntar jempatannya rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, kemarin sih perasaan gak ada nyamuk heheh

      Hapus
  4. Belum pernh uh maen ke sana. Kapan kapan nyobain ah maen ke situ hehhehe

    BalasHapus
  5. Asri banget. Udaranya masih segar banget ya.

    BalasHapus
  6. Mau ke sini juga ah, bagus banget lho. Buat ngadem sama foto-foto, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok banget emang buat ngadem

      Hapus
  7. Wah bisa masuk agenda jalan-jalan keluarga nih. Terima kasih infonya mbak Tian Lustiana

    BalasHapus
  8. setujuuu... hutannya cantik, teduh lagi. Jadi kalo jalan-jalan disini dari pagi sampe sore aman ya, gak bakalan kepanasan

    BalasHapus
  9. Seger dan bikin betah kalau di kita besar masih ada rungkun-rungkun hejo. Asa di lembur hehehe...

    Gaya Marwah meni kekinian pisan. Anak gadis gak berasa udah tampak dewasa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hehe, asa di lembur ya teh

      Hapus
  10. Udah adem dengan nuansa hijau, lihat pemandangannya instagramable banget nih Forest Walk Baksil. Rekomen 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan - kapan ke Bandung wajib mampir sini mak

      Hapus
  11. Enak banget ya tempatnya. Kalau ngelihat foto-fotonya, tempatnya emang instagramable ya, tapi yang nggak norak pakai pernak-pernik gitu. Keren!

    BalasHapus
  12. Ini kayak hutan Punti Kayu di Kota Palembang, ko di kota Bengkulu di Taman Remaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah saya ke Palembang atau Bengkulu hehhe

      Hapus
  13. Salam kenal ya Marwah dari kakak Nawra

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAlam kenal kembali kaka Nawra

      Hapus
  14. baru tau nih ada hutan kece kayak gini, tar kalo pas ke bandung, cobain ah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobaiiin, seru loh jalan - jalan di Forest Walk

      Hapus
  15. Wah kemarin waktu ke Bandung bingung mau kemana. Berarti kalau nginepnya di Dago mending jalan ke sini ya? Lumayan pagi2 liat hutan alam di tengah kota Bandung :D

    BalasHapus
  16. Begini nih kalo pemimpinnya arsitek andal.porsi antara ruang hijau dan ruang mukim harus seimbang.bahkan baiknya lbh bnyk penghijauan ya. Biar makin sueger

    BalasHapus
  17. Baru tahu kalau ada hutan cantik di tengah kota Bandung,, besok kalau liburan panjang mau mapir dan kesini ah :)
    Terimakasih informasinya mba.

    BalasHapus
  18. kalo ada kesempatan ke bandung dan waktu mainnya lama,bolehlah ini masuk agenda

    BalasHapus
  19. Terlihat sejuuuk dan asri :) cocok nih kalau pas siang-siang bolong gini ngadem disitu + makan rujak :D

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.