Begini Cara Membayar Tagihan Listrik

Assalamualaikum, 

Sekarang tuh, listrik udah bisa dibilang kebutuhan kita yang nyaris menjadi kebutuhan primer, bener gak? 

Iya kan? Coba saja dicek deh, hampir disetiap hal dalam kehidupan kita pasti membutuhkan listrik. Bahkan yang dulunya gak pakai listrik pun sekarang menggunakan listrik, bahkan secara terus menerus. Dulu baca koran ga butuh banyak listrik ya? Sekarang? Baca koran aja harus pakai listrik, karena baca korannya digital. Iya kan?



Nah listrik di Indonesia sebagaimana yang telah kita ketahui saat ini dikelola oleh satu perusahaan milik negara saja yakni Perusahaan Listrik Negara atau biasa kita sebut dengan PLN. Kita sebagai warga negara yang baik tentu saja memiliki kewajiban untuk membayarkan listrik yang telah kita manfaatkan setiap harinya. Dengan harapan biaya yang dibayarkan seluruhnya dapat kembali kepada kita sebagai pelanggan dalam bentuk peningkatan kualitas layanan. Semoga saja! Aamiin! 

Temen - temen pada suka bayar listrik sendiri atau dibayarin? atau dikolektif ke petugas di sekitar perumahan? 

Untuk bayar tagihan listrik rumah, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut diantaranya adalah secara fisik ataupun online. Nah fisik yang kami maksudkan disini adalah melalui loket-loket atau agen penjualan token pulsa listrik resmi PLN. Sementara via online  bisa melakukan pembayaran atau pembelian token listrik via atm, bank, ataupun mobile banking. Mudah bukan?

Cara pertama yang juga merupakan cara palng tradisional untuk membayarkan listrik yakni melalui toko-toko ataupun agen-agen penjualan token listrik resmi. Beberapa loket yang bisa dikunjungi misalnya adalah kantor pos, loket khusus di koperasi-koperasi terdekat dari rumah, hingga loket khusus pembayaran PPOB (payment point online banking). Untuk melakukan transaksi cukup mengunjungi loket-loket tersebut, menemui petugas penjaga loket, dan kemudian menyampaikan maksud  untuk membeli token listrik. 


Nah kalau temen - temen baru pertama kali melakukan pembelian token listrik bisa bertanya paket-paket token listrik yang tersedia sekaligus jumlah daya yang diberikan sehingga kemudian bisa memperkirakan paket token listrik mana kah yang ingin dibeli untuk listrik di rumah.

Untuk membayar tagihan listrik secara online, bisa datang langsung ke ATM bank yang banyak tersedia di tempat tinggal sekitar, atau anda bisa memanfaatkan layanan e-banking. Sebelum mulai membaca perlu diingat setidaknya ketika artikel ini pertama kali terbit baru bank Mandiri, BNI, dan BRI saja lah yang saat ini bekerja sama dengan PLN dan dapat digunakan untuk membeli token listrik. Atau mungkin akan menyusul bank lainnya. 


Nah layanan e-banking pertama yang bisa kita manfaatkan adalah layanan SMS banking, dan sebagaimana namanya karena ini adalah SMS banking tentu saja  harus mengaktivasi layanan ini dahulu sebelum bisa memanfaatkannya. Untuk melakukan pembayaran melakukan layanan ini anda bisa buat SMS baru melalui ponsel  dengan format TOP PLN (id pelanggan) (nominal) dan kirimkan SMS tersebut ke nomor 3346. Nah kemudian nanti akan mendapatkan balasan SMS yang berisi 20 digit unik yang bisa kita masukkan kemudian ke dalam meteran listrik . Masukkanlah nomer unik tersebut dan listrik  pun pasti akan bertambah pulsa nya.


Cara kedua pembelian token listrik dengan layanan e-banking adalah dengan memanfaatkan mobile banking. Cara ini menurut kami tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan pembelian token melalui SMS. Untuk cara ini kami akan mencontohkan pada aplikasi m-banking milik BNI, untuk bank lain langkah-langkah yang harus anda tempuh tidak akan jauh berbeda dengan BNI. 

Pertama-tama anda bisa membuka aplikasi m-banking milik BNI di ponsel, untuk kemudian memilih menu pembelian. Setelah itu cari deh pilihan token listrik di dalam menu pembelian tersebut. Kemudian di dalam menu tersebut bisa kembali memilih pilihan beli token PLN prepaid, dan kemudian kita akan diminta nomor ID pelanggan ataupun nomor meteran listrik, serta nominal token listrik yang ingin dibeli. Silahkan masukan sesuai dengan keinginan kita dan tekan tombol proses di bagian bawah menu. Jika sudah anda akan dimintai konfirmasi, tekan yes. 

Nah jika anda melakukannya dengan benar maka nanti akan menerima SMS dari 3346 untuk kembali mengonfirmasi. Jika sudah mengonfirmasi SMS tersebut  bakalan kembali mendapat balasan berupa 20 digit unik yang bisa anda masukkan ke dalam meteran  untuk menambahkan pulsa listrik. 

Gimana mudah bukan gaes? 



Wassalam, 


Tian Lustiana 

3 komentar:

  1. Aku kalau bayar tagihan listrik enak lewat e-banking haha, lebih praktis sih :D

    BalasHapus
  2. Mudah ya, selama ini saya beli pulsa listrik dtg ke kantor telkom

    BalasHapus
  3. Wah info baru, aku biasa beli token sih jadi belum pernah nyoba ini

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Diberdayakan oleh Blogger.