Tips Memesan Kereta Lanjutan, Perhatikan Dulu Hal - Hal Berikut

10.48.00

Assalamualaikum,

Jalan – jalan itu menyenangkan sekali ya gaes, apalagi tuh sekarang ada fitur baru di Traveloka loh, fitur barunya pemesanan kereta api lanjutan, sebuah terobosan baru yang tentu sangat menyenangkan, malah pake banget. Karena dengan adanya fitur baru ini, penumpang bisa dengan mudahnya mencari tiket kereta api, karena pilihannya itu enggak hanya kereta yang langsung antar kota tapi juga bisa transit terlebih dulu.

Menurut saya, kereta lanjutan ini bisa jadi pilihan paling sempurna untuk kota – kota yang engga memiliki kereta api langsung seperti rute Banyuwangi – Jogja atau rute Jakarta – Banyuwangi yang sekarang tiketnya itu bisa dibeli dengan sekali transaksi saja di Traveloka. Lebih mudah dan juga lebih praktis kan? Dengan banyaknya pilihan rute dan juga kelas kereta untuk melanjutkan perjalanan ke kota yang kita tuju.


Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dulu nih sebelum memesan tiket kereta api lanjutan di Traveloka. Apa saja itu?

DUA KALI CHECK IN
Ketika memesan kereta lanjutan, artinya kita ini akan melakukan check in sebanyak dua kali di stasiun. Yang pertama itu check in di stasiun keberangkatan kemudian yang kedua di stasiun transit. Karena itu makanya harus memastikan untuk langsung check in dan juga cetak boarding pass ketika tiba di stasiun transit.
Dan untuk check ini di stasiun transit, pastikan sudah berada di stasiun minimal 30 menit sebelum kereta berangkat. Karena jika terlambat, pihak Traveloka dan PT KAI tidak akan memberikan ganti rugi kepada penumpang. Jadi harus benar – benar memperhatikan hal ini ya gengs!

RUTE TIDAK BISA DIUBAH
Kalau e-ticket sudah dikirim, kita sudah engga bisa lagi ubah rute dan pilihan kereta lanjutan,makanya sebelum pembayaran harus benar – benar diperhatikan dulu detail perjalanan yang akan dipesan. Cek juga kelas masing – masing plus jadwalnya supaya nantinya enggak menyesal ketika e-ticket sudah dikirimkan.


JADWAL BISA BERUBAH
Rutenya memang engga bisa diubah, tapi Traveloka tuh tetap memberikan pilihan untuk pindah jadwal dengan rute dan kereta yang sama. Jadi untuk melakukan perubahan jadwal ini kita harus datang ke Stasiun yang sudah ditunjuk PT KAI maksimal 60 menit sebelum keberangkatan. Kalau lebih dari itu sudah gak bisa lagi ubah jadwal. Biaya untuk ubah jadwal ini cukup bayar 25 persen dari harga tiket yang sudah dibeli.


BISA REFUND
Kita juga bisa loh membatalkan pembelian tiket kereta lanjutan, caranya sama dengan cara merubah jadwal. Datang ke Stasiun terdekat dan nanti akan diberikan pilihan pembatalan tiket pembelian kereta api nya.
Yang perlu diingat adalah adanya potongan 25% dari PT KAI untuk pembatalan tiket ini. Dan uang akan dikembalikan maksimal 30 hari setelah proses pembatalan dilakukan.

PERHATIKAN WAKTU TRANSIT
Berbeda lokasi transit dan kereta, beda pula waktu transitnya. Namun semuanya bisa kita lihat secara lengkap dengan menekan menu detail pada rute yang diinginkan di laman Traveloka.

Perkirakan waktu tempuh dan jumlah barang bawaan dengan waktu transit. Jika perjalanan kita santai, memilih rute dengan waktu transit panjang adalah keuntungan karena bisa jalan-jalan di kota transit.

Namun jika barang bawaannya banyak dan waktunya terbatas, sebaiknya pilih rute dengan waktu transit terpendek. Dengan demikian, nggak bakal kehilangan banyak waktu dan cukup berdiam di stasiun selama menunggu transit.


JANGAN SAMPAI KETINGGALAN KERETA API LANJUTAN
Traveloka dan PT KAI tidak menjamin tiket ketika kita terlambat pada jadwal berikutnya. Kecuali jika kesalahan terjadi pada PT KAI, dengan kasus perjalanan pertama terlambat datang atau terjadi masalah pada proses check in di stasiun.
Inilah juga mengapa Traveloka memilihkan rute dengan waktu transit minimal tiga jam. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan waktu kepada penumpang agar bisa mengejar jadwal keberangkatan berikutnya tanpa tergesa-gesa, dan bisa mendapatkan solusi ketika terjadi masalah waktu check in di stasiun.


Perhatikan juga barang bawaan ketika turun dari kereta pertama, pastikan tidak ada yang tertinggal. Kemudian lakukan check in minimal 30 menit sebelum kereta lanjutan berangkat agar tidak sampai ketinggalan.



Wassalam,

Tian Lustiana 

You Might Also Like

16 komentar

  1. Kupikir bisa pesan di stasiun sebelumnya. Ternyata tidak, ya?

    BalasHapus
  2. Wah informasi baru niih... kapan2 dicoba nih :)

    BalasHapus
  3. wah baru tahu keren bener ih inovasi KAI ada yang transit macam begini :) makasi infonya teh kapan2 bisa nyobain nih

    BalasHapus
  4. Asyik banget sekarang nail kereta mah jadi lebih nyaman!

    Mana udah bisa beli online pulak via traveloka, jadi pengen jalan2 terus..halah..

    BalasHapus
  5. Info baru buat saya mba, makasih yaa😊 kangen juga dah lama ga naik kereta api jarak jauh

    BalasHapus
  6. Sebagai pengguna kereta info ini sangat bermanfaat. Makasih teteh

    BalasHapus
  7. Selama ini kalo naik kereta belum pernah pakai yang lanjutan, tapi kayaknya nanti kalo jadi travelling ke Baluran Banyuwangi naik kereta pasti bakalan pakai kereta lanjutan deh. Thanks infonya teh :D

    BalasHapus
  8. Waah baru tahu bisa transit. Enak dong ya, bisa jalan-jalan dulu.

    BalasHapus
  9. Baru tahu bisa beli tiket lanjutan gini Teh.

    BalasHapus
  10. kereta lanjutan udah kaya pesawat aja ya hehe.. keren ini mah inovasi barunya

    BalasHapus
  11. Udah berasa diluar negeri yaa,someday kalo keluar jadi ga katro Wkwkwkwk semoga prasarana dan pelayanannya semakin bagus :)

    BalasHapus
  12. Baru sekali naik kereta yang jauh dan beli tiket gini
    Tapi temen yg beliin tiketnya, soalnya aku gak ngerti wkwkwk

    Biasa naik kereta KRL jabodetabek sihh ^^"

    BalasHapus
  13. Di awal, saya udah mau nanya aja, gimana kalau kereta pertama yang telat datang ke stasiun transit? Ternyata udah dijawab di bawahnya, kita pilih rute dengan waktu transit minimal 3 jam ya...
    Hmm..kalau ingin lebih tenang sih, mending pakai yang langsung aja ya..hihihi

    BalasHapus
  14. aku juga setiap jalan jalan gitu teh pesen tiket keretanya suka di traveloka da, mudah banget abisnya

    BalasHapus
  15. Kangen berpetualang naik kereta...
    Pasti menyenangkan kalo sama keluarga yaa...apalagi booking tiketnya sudah ada cara simple nya gini...

    BalasHapus
  16. Bagus juga programnya. Sebagai fans berat kereta api, harus tahu info-info ini :)

    BalasHapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla