Sabtu, 03 Desember 2016

Tentang Istilah Dalam Drama Korea

Assalamualaikum,

Sejak memproklamirkan diri untuk suka dengan drama korea *terutama yang adaJang Hyuk*, otomatis saya pun akan dihadapkan dengan berbagai istilah dalam dunia per- drama korea - an. Mulai dari Bias sampai hal yang berkaitan dengan drama korea.

 
Tentang Istilah Dalam Drama Korea

Awal - awal saya sempat mengernyitkan dahi, alias merasa ga ngerti apa yang mereka obrolkan ketika saya stalking akun - akun para pecinta drama korea, ga ngerti sih tapi seneng aja bacanya, ya lumayan menambah ilmu seputar dunia drama korea. Kadang ada istilah yang terbaca di subtittle dan yang sedih itu adalah istilah yang ngehits tapi ga terdetect oleh subtittle, kan ngenes yah. 

Dan ungkapan atau istilah dalam bahasa korea yang sering seliweran di timeline twitter adalah : 
Tentang Istilah Dalam Drama Korea

Chaebol

Drama korea itu plotnya kayak Cinderella yah, gadis miskin terus bertemu dengan pria kayaraya nan tampan rupawan, pokoknya doski tajirnya gak ketulungan deh. Nah chaebol disini itu bisa disebutkan untuk pria nan kaya raya itu namun biasanya sikapnya dingin dan sombong *karakter Jang Hyuk di fated to love you kali yah*. 

Sunbae 

Kadang kata sunbae ini suka tidak ada subtittle nya, dan kalaupun ada pasti ditulisnya juga sunbae. Sunbae ini adalah senior, biasanya sih disebut memanggil senior di sekolah atau di tempat kerja. 

Second lead syndrome

Ini sempat beberapa kali mendengar, hingga akhirnya saya pun mengerti adalah ketika diawal nonton fated to love you saya kok secara tersembunyi lebih menyukai Choi Jin Hyuk yang berperan sebagai pemeran kedua. Padahal kan suatu drama itu seharus penonton mengidolakan si pemeran utama kakn? Dan kalau mulai suka sama second lead, berarti sama. Kita pernah terjerumus virus second lead syndrome. 

Sageuk

Kadang kata ini suka adanya di zaman Joseon, namun biasanya drama Sageuk ini ratingnya tinggi dan full dengan nilai sejarah serta budaya Korea yang khas, bukan itu saja biasanya drama sageuk ini suka panjang. Drama Sageuk ini ada sisipan unsur fantasy, ya zaman - zaman istana kerajaan gitu deh. 

Tentang Istilah Dalam Drama Korea

Omo

Temen - temen kantor tuh yang emang sudah terkontaminasi virus korea suka banget bilang "omo" kalau mereka kaget atau senang. Omo ini adalah kependekan dari Omona atau oh my God. 

Daebak

Sering nih didenger, apalagi kalau melihat sesuatu yang keren pasti bilang daebak. Daebak emang biasa digunakan jika melihat sesuatu yang luar biasa. 


Dan masih banyak lagi istilah atau ungkapan yang biasa disematkan dalam dunia drama korea. Kalau temen - temen tau nya istilah yang sering disebutkan dalam drama korea itu apa? yuk sebutkan. 



Wassalam,


Tian Lustiana 

14 komentar

  1. Waaah asyik. Aku jadi tahu arti-artinya. Aku yang gak terlalu ngikutin, kadang pas nonton suka bingung. Ayo dibanyakin lagi. Aku butuuuuuh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ilmu nya masih cetek teh haha

      Hapus
  2. ada lagi mak selain omo, mereka juga bilang "Aigoooooo" kalo di kita setara kaya bilang "Alamak" kali ya atau "ya ampuuun.."

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAh bener, Aigooo sering denger tuh temen - temen kantor yang suka nyeletuk

      Hapus
  3. ajussi.. kalau sy g terlalu suka drama tp langsng ke movie nya aja yg langsung kelar tp itu juga bkn yg ttg cinta-cintaan wkwk tp lbh ke genre thriller, atau drama

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe beda ya, kl saya senang ke romantic drama

      Hapus
  4. Aah...iya teh Tian mengingatkanku pada masa-masa pertama kali nonton drama Korea.

    Antara jebal...sama chaebol sering bingung.
    Huaa...**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaah masih banyak nih yang harus dipelajari

      Hapus
  5. Omo,aku baru tau istilah2 ini hehe

    BalasHapus
  6. Hahaha...
    Begitulah akibatnya kalo kebanyakan nge-drama...orang lain bilangnya : ya ampuun, kita bilangnya : aigooo

    BalasHapus
  7. bener nihhh.. dan aku adalah salah seorang yang selalu baper sama "second lead". couldn't help 😁😁😁

    BalasHapus
  8. udah gak suka nonton yang chaebol lagi jadi bikin berharap sama yang gak pasti

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon