Kenapa Harus Nge Blog???


Kenapa Harus Nge Blog???


Kenapa harus nge blog? Kenapa coba? hayooh kenapa?. 

Blog itu bukanlah situs yang penuh dengan artikel - artikel yang panjang kali lebar sama dengan malesin untuk dibaca lho, tapi blog itu adalah suatu situs yang asyik dan menyenangkan. Bahkan kalau di luar negeri sana banyak lho perusahaan bahkan personal yang berhasil menarik ratusan bahkan ribuan konsumen atau orang dengan hanya bermodalkan blog. Dan saya rasa di Indonesia juga sekarang keberadaan blogger sudah mulai diperhitungkan. 

Banyak sekali tema blog yang bisa kita mainkan untuk kemudian menarik minat orang lain. Mulai dari blog yang isinya mengenai tips keuangan sampai blog yang isinya resep masakan, jadi masalah tema blog sih terserah. Kaya blog saya nih isinya gak karuan, tapi bisalah disebut lifestyle blog, hohoho. 

Jadi kenapa kok harus dengan blog??? 


Sekarang, zamannya blog menjadi alat marketing dan media press release yang gratis untuk para perusahaan yang startup, namun untuk perusahaan besar pun banyak yang menggunakan jasa blog atau blogger. Ya, blog memang gratisan namun tidak dengan blogger, jadi kalau mau gratisan yang bikin blog sendiri dan optimasi sendiri, gitu kan? 
Buat yang punya usaha masih kecil - kecilan atau buat yang personal juga nih yuk ngeblog, ngeblog ini juga bisa dikatakan sebagai usaha marketing yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ingin ditawarkan. 
Pada blog kita bisa membuat penjelasan dengan detail tentang produk, misalnya seperti manfaat, dan lainnya. Selain itu juga dengan blog bisa lho menarik minat orang untuk kemudian membelinya, caranya ya dengan membuat artikel yang mengajak dan tidak terlalu berlebihan sih promosinya. Jadi artikel promosi yang alamiah yang biasanya menarik minat orang untuk kemudian membeli. Jadi, enggak gini : " Yuk beli produk kita, dalam lima menit langsung kayak wulan guritno," halah lebay banget kan kalau ngiklan gitu. 
  • Sharing pengetahuan. Dengan blog bisa banget untuk berbagi ilmu, misalnya yang punya keahlian tentang masak - memasak ya udah share resep aja, pahala juga dapet lho karena membuat orang jadi pintar masak, hihih. Atau yang punya keahlian lain juga bisa share dan inshaa allah bakalan banyak pahala dan manfaatnya. Jadi ga melulu nulis tentang produk jualan, sesekali selipin artikel yang bakalan membuat pembaca merasa dikasi info dan ilmu. Misalnya kalau kamu jualan baju ya jangan melulu nulis tentang baju, bolehlah diselingi artikel yang isinya hiburan atau tips baju ke kantor ala apa dan siapa gitu, bebaslah yang penting jangan share produk melulu. 
  • Meningkatkan relasi. Tentu saja kalau berjualan inginnya memiliki relasi yang banyak dan relasi itu suka dengan produk kita dong, syurga banget kan kalau kayak gitu. Jagalah hubungan baik dengan para komentator blog kita, jawab deh komen mereka dan jalin terus silaturahimnya. Dengan begitu orang pasti lama - lama akan penasaran dan siapa tahu dia berminat dengan produk yang kita pasarkan. Kalau bisa sih temenan juga dengan sosmednya, biar lebih akrab. Tapi inget jangan membabi buta yang promosinya, suka nyebelin kalau promosi membabi buta. 

Dengan rajin ngeblog dan berblogwalking ria lumayan akan meningkatkan trafik blog, penting nih untuk memperkenalkan produk yang dijual dan dengan tidak langsung mengajak mereka untuk mengenal produk yang kita share. 
Dengan membuat blog, tulisan dan produk kita bisa terbaca google dan syukur - syukur nangkring di page one, kan kece tuh. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuat blog dan aktif nge blog dan terus berjualan. Semangaaat. 


Selamat ngeblog dan sukses selalu :) 

Tian Lustiana 


41 komentar

  1. i love blogging! Aku bisa jadi penulis independent dan bebas mau nulis dan berkarya apa aja. Hasrat tersalurkan.
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren emang VIndy, terus berkarya dan sukses yaa VIndy

      Hapus
  2. Siph, dengan blog juga kita bisa menjadikan ladang usaha untuk mengumpulkan rupiah :)
    baru pertama kaynya kesini, salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
  3. Ngeblog itu banyak manfaatnya ya, mak. Sepakaatt! :)

    BalasHapus
  4. berbagi pengetahuan. menyerap ilmu dari para blogger keren yang blognya keren dan bahkan menerbitkan buku.
    Saya ingin seperti itu karena itulah rasanya ngebloog itu penting

    BalasHapus
  5. Setuju mbak, ngeblog itu menyenangkan karena bisa jual apa saja di sana :)

    BalasHapus
  6. Betul2..saya sekarang jadi pencandu blog. Tiap hari blogwalking. Walau nulisnya msh jarang2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong, hehe :) semangat selalu yaa

      Hapus
  7. Bener banget maak alasannya kenapa harus ngeblog inih dan aku mulai ngerasain semakin banyak manfaatnya sekarang, melebihi tujuan ngeblogku dulu

    BalasHapus
  8. asyeeekkk nih, ngeblog lagi yuk ah

    BalasHapus
  9. kalau saya ngeblog buat hiburan kalau jenuh sama kerjaan. Seru aja sharing sama banyak orang

    BalasHapus
  10. Awal aku ngeblog buat curhat, lama2 jadi pengen sharing yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mak, aku dulu juga buat curhat aja hihih

      Hapus
  11. setuju..
    mari semangat ngeblog dan berblogwalking ria :)

    BalasHapus
  12. Happy Blogging Mak Tian :)

    BalasHapus
  13. Kerasa banget kok manfaat ngeblog. Bukan cuma job review aja, tapi nambah temen dan nambah pengetahuan, ya Tian.

    BalasHapus
  14. kenapa ngeblog? Karena dengan ngeblog saya bisa nulis dengan gaya bebas, hihi... gak punya bakat sastra siiih... tapi doyan nulis. heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, ngeblog itu asik, sesuka hati nulis apa aja ya mbak Santi

      Hapus
  15. aku kenapa ya.... karena pengen curhat :v
    yang pasti.... dapat temen dan ilmu juga :)
    seperti aku bertemu dirimu #eaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa berkat blog aku juga mengenal dirimu maaaak

      Hapus
  16. Blogging itu nyandu. Tapi aku masih susah bagi waktu untuk ngeblog rutin. Udah mah anak2 bocah, si males juga susah banget diusir. *kedul mah kedul weh* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihih nunggu si bebi gede dulu teh :D terus lahiran lagi, Eeeh

      Hapus
  17. Terlepas dari apapun opini orang tentang ngeblog, saya ngeblog karena saya pelupa, jadi saya tulis sebelum saya lupa, sebab saya tak punya apa-apa untuk kelak ditinggalkan kepada mereka dibumi ini, selain keabadian kata-kata. *Benerinjambul*

    BalasHapus
  18. Emang nyenengin banget jadi blogger itu. Bisa melatih kemampuan nulis dan kreatifitas, nambah ilmu, nambah temen, dan ada kesempatan dapet rezeki juga ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget :), dan yang penting jadi banyak temeeen

      Hapus
  19. Jadi asyik ngeblog, selain dapat ilmu dan pengalaman, juga penghasilan tak terduga teh hehe

    BalasHapus
  20. saya baru 8 bulan fokus blogging.. selain ngeluarin unek-unek , hobi juga bisa nghasilin rezeki, hehe.

    BalasHapus
  21. Saya juga baru ngeblog mbak, selain belajar menulis dan coba-coba siapa tahu bisa menghasilkan dari blogging.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon