Sabtu, 01 Agustus 2015

Sejarah Singkat Facebook

Ada yang tidak kenal facebook?

Gak mungkin banget deh kalau ga kenal sama facebook, yakin banget kalau zaman sekarang itu semua manusia yang hidup dimuka bumi ini pasti mengenal facebook, kecuali bayi kali yah. Namun bayi sekarang juga sudah banyak yang dibuatkan akun facebook oleh orang tuanya, hehe.
 
facebook
taken from : voanews.com 


Facebook adalah jejaring social dan situs web, supaya setiap orang bis amembuat profil pribadi yang tujuannya untuk mencari teman atau keluarga yang sudah lama tidak berjumpa, nah dengan akun facebook biar saling bertukar kabar kembali.  Bisa komentar ria dengan sahabat atau teman lama, asik sekali. Bisa upload foto narsis bareng temen - temen dan banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan dengan akun facebook. 




Sudah sering menggunakan facebook, setiap hari upload apapun ke facebook sampai – sampai kadang curhat juga di facebook. Sudah tahu belum sejarah facebook itu bagaimana?

Jadi facebook juga punya sejarah lho. Pendiri facebook itu adlaah seorang pemuda yang bernama Mark Zuckerbeg, udah kenal kan yah. Jadi pada awalnya Mark ini mengenal pemrograman dari kelas enam lho, grade 6. Belajarnya pun hanya melalui buku yang judulnya C++ for Dummies. Buku itu kemudian dijadikan panduan oleh Mark sebagai awal langkah ia mengenal dunia pemrograman. Kemudian ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard ia pun pernah membuat situs facesmash.com. Mark juga pernah melakukan peretasan jaringan computer Harvard untuk mencuri data pribadi penghuni asrama di Harvard yang kemudian di publikasi ke situsnya. Akhirnya situs facesmash.com menjadi terkenal. Namun dengan terkenalnya situs facesmash.com itu kemudian Mark diberikan hukuman karena telah menembus keamanan jaringan computer Harvard dan disebutkan telah melanggar hak cipta dan melanggar privacy individu sehingga sampai terancam drop out, meski akhirnya dibatalkan.

sejarah singkat facebook
taken from : www.starkinsider.com
Kemudian Mark diajak bergabung dengan tiga orang mahasiswa Harvard untuk mengerjakan proyek yang sudah diidamkan sebelumnya yakni situs social khusus mahasiswa Harvard tapi akhirnya ketahuan juga kalau Mark ternyata lebih focus pada situs pribadinya, karena akhirnya situs untuk Harvard ditutup karena melakukan pelanggaran privacy. Kemudian Mark meminta Aaron JGreenspan untuk mendampinginya menyelesaikan proyek pribadinya yang selama ini dirahasiakan, tetap Aaron menolah membantu karena dianggap Mark tidak focus dalam satu bidang.

Kemudian pada tahun 2004, Mark mulai deh ngerjain situs yang benar – benar akhirnya menjadi facebook yang happening banget saat ini. Mark terinspirasi oleh sebuah artikel di The Harvard Crimson. Kemudian pada 04 Februari 2004, Mark meluncurkan situs beta thefacebook.com. Thefacebook.com awalnya diluncurkan sebagai buku tahunan online gitu deh untuk apra staff dan mahasiswa dari Harvard.

Pada tahun 20015, thefacebook.com ini mengubah namanya menjadi facebook dan membeli domain dengan harga $200.000, wow amazing banget kan. Mark Zuckerbeg menjadi pusat perhatian setelah menolak yahoo untuk membeli facebook dengan nilai $ 1 M, kemudian Mark akhirnya menerima penawaran dari Microsoft dengan nilai kontrak senilai 240 juta dollar.

See, sekarang facebook telah menjadi jejaring social yang sangat terkenal, ribuan manusia diseluruh dunia bahkan jutaan kali yah mendaftarkan dirinya pada facebook.com, keren emang Mark ini berhasil menjadi sosok pemuda yang sukses berkat facebooknya. KEREN.

Sekarang sudah tahu kan sejarah singkat facebook, meski mungkin enggak lengkap tapi lumayanlah yah membuka pikiran :D hehe. 

5 komentar

  1. Film Social Network, walaupun katanya sudah didramatisir bla bla bla.. itu adalah salah satu film tentang sejarah Facebook juga. Ada bukunya di Amazon cumaaa muaaahaaal.. hehehe. Nonton filmnya sudah lumayan. Sering di rerun di HBO kok.

    BalasHapus
  2. Awal mengenal Facebook rada2 gak nyangka aja Mbak.. ada seorang yg pinter dan jenius banget menciptakan jejaring sosial ini.. Sehingga kita bisa dgn mudahnya menemukan teman atau kerabat kita yg sdh lama gak ketemu dan mengetahui kabarnya kembali..

    BalasHapus
  3. Mark, pemuda cerdas dan kaya raya!

    BalasHapus
  4. sebagian tulisanmu kupakai buat ptk-ku yaa. bolehkan ?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon