Begini nih bagaimana hormon mengendalikan hidup

13.16.00

Begini nih caranya hormon kendalikan hidup terutama para wanita. Setiap bulan udah rutin dong kalau para wanita nih akan mengalami proses dimana hidup dikendalikan hormon, dan berulang setiap bulan. Biasanya disebut PMS ya, jadi sepanjang masa PMS ini nih akan ada fluktuasi kadar hormon, si hormon ini naik dan turun dalam tubuh, hormon ini adalah si kadaresterogen dan progesteron. 
Gambar diambil dari amidiaelle.blogspot.com 

Pantesan kalau mau dabul alias datang bulan saya sukanya emosian aja dan sensi banget, ternyata menurut pandangan lensa ilmu  dan penerawangan alasan utamanya adalah si kadar hormon ini toh, hmm. 


Emang kenapa sih kadar hormon bisa bervariasi gitu yah? 

Karena ternyata peningkatan kadar hormon akan menyebabkan ovarium mematangkan sel terus kemudian melepaskannya, hiks udah gitu aja dilepasin ya? hihih. Dan proses kayak gini disebut dengan ovulasi, tau kan? atau bahasa umumnya sih masa subur. Nah setelah ovulasi, untuk mengantisipasi terjadinya kehamilan maka si hormon ini membantu si rahim untuk membentuk selaput dinding didalam rahim, akhirnya kan dinding rahim jadi menebal. Dan kalau tidak terjadi pembuahan, maka si hormon ini akan turut membantu tubuh kita membersihkan rahim dari sel telur dan selaput dinding yang menjadi kian tebal itu.Maka dimasa itulah kadar hormon ini turunnya drastis bingit, sehingga tumpah ruah deh seluruh isi rahim dan inilah darah menstruasi itu. 

Fiuuuh jelasinnya panjang banget ya? *minum dulu*. Uhuk oke mari kita lanjutkan ya. 

jadi, saat terjadi naik turun kadar hormon yang drastis itu, seluruh sistem dalam tubuh akan melakukan penyesuaian diri *mereka tau diri kali yah*. Akibat dari penyesuaian ini maka akan terjadi beberapa gejala diantaranya pusing, sakit kepala, emosi yang engga stabil, susah buat tidur dimalam hari dan kadang mual. 

Maka inilah proses dimana setiap bulan hidup para wanita dikendalikan hormon yang naik turun, nasib para wanita. Gejala PMS ini sebenarnya gak menakutkan sih, ada juga lho yang biasa aja dan kadang ada juga yang lebay banget, hohoh. Bagaimanapun yang pasti dalam keadaan premenstruasi syndrome ini harus tetep eksis deh, hihih. 

Oiya jadi memang beda yah antara PMS dan penyakit bipolar disorder itu, jelas banget malah bedanya. Yang belum pernah baca tentang bipolar silakan intip tulisan saya sebelum ini ya.


You Might Also Like

12 komentar

  1. betul sekali..disitulah kadang aku merasa M sekali...udah M..sensi lagi..bawaannya marah2 terus...udah gitu bagian badan tertentu sakit cenat cenut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg gitu. Pengennya marah2 hohoho dan badan emang sakit banget pengennya dipijitin hehe

      Hapus
  2. Saat PMS saya cenderung agak sensitif memang mak, mood gampang berubah... untuk fisik ada rasa gak nyaman di area perut bawah ...akhhh wanitaaa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mood gampang bgt berubah kadang marah kadang enggak hehe.. wanita wanita

      Hapus
  3. Hahaha..., kadang aku bisa jadi labil, kadang biasa aja. My peroid nggak ada tanda-tanda. Tapi keseringan sih, ada tanda-tanda, salah satunya gak nyaman sama badan sendiri, jadi mudah nggak nyaman juga sama orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm gitu yah.
      Wanita memang ruarrr biasa yaaa

      Hapus
  4. tp aku jrg bgt ngerasain sakit PMS mba... lumayan beruntung sih...ada temen kntor yg sampe pingsan dan ga masuk kntor tiap kali period... kasian liatnya... aku alhamdulillah sama aja lg period ato ga...jd jrg jg marah2 ama org sekitar kalo lg dapet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik dong kl kyk gitu jadi ga ada waktu hormon mengendalikan diri wanita hehe

      Hapus
  5. Jadi inikah penyebab para wanita yang emosinya sering berubah-ubah tiap ditanggal-tanggal tertentu setiap bulannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para lelaki jg hrs tau niih utk waspada wkwkwk

      Hapus
  6. Pengalamanku kalau inget harusnya masuk masa mens, malah mulur, tapi kalau lupa udah masanya mens malah dapet dan periodenya malah pas. O, iya udah waktunya mens nih, Hihihi Aneh, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih beda - beda yah tiap orang emang :D jadi jangan diinget2 harus dilupakan :D

      Hapus

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

Voucher Diskon Sociolla