Jangan Berprasangka Pada Penyakit

by - 10:01:00 AM

Assalamualaikum,


Beberapa minggu belakangan ini saya merasakan sakit pada kaki dan telapak kaki. Jika bergerak sakitnya luar biasa, berjalan pun ringkih karena sambil menahan sakit. Awalnya saya merasa bahwa saya menderita asam urat, mengingat bapak juga (katanya) memiliki asam urat yang mana faktor genetik dari kakek. Saya pun beranggapan asam urat saya adalah genetik dari bapak.

Rasa sakit yang saya alami datang dan pergi. Dan karena saya menganggap asam urat maka obat yang saya konsumsi pun obat asam urat, hiks. Hingga suatu saat, saya merasakan kesakitan yang teramat sangat, saya kepikiran untukn test darah, bukannya ke dokter haha. Suami aja sampai kaget, lah harusnya ke dokter lah baru nanti dokter yang memberikan rujukan ke lab untuk cek darah. Tapi entahlah saya kok ingin ke lab dulu cek darah, bener gak sih saya ini asam urat. Kebayang banget jika memang bener saya asam urat, menderita deh. Makanan banyak sekali yang dipantang, huhuh. 

Cek darah 

Lalu, saya dan suami langsung deh ke Bio test jalan Naripan dengan permintaan sendiri saya melakukan cek darah untuk asam urat dan kolesterol. Saya pikir daripada saya menduga - duga lebih baik saya cek aja deh. Untuk test asam urat dan kolesterol di Bio test saya membayar 115 ribu saja, lumayan murah kan? Dan hasil test bisa diambil 2 jam kemudian. 

The Result 

Saya dan suami kembali bawa hasil test ke Bio Test, dan langsung ke dokter. ALhamdulillah ternyata saya tidak menderita asam urat atau kolesterol, seneng banget. Saya menderita osteoarthritis. Dokter bilang, persendian saya yang terganggu dan adanya pergeseran tulang pada kaki, makanya saya merasakan sakit yang hebat. Saya untuk sementara sampai sakitnya hilang dilarang membawa beban yang berat, bahkan menggendong Akbar juga harus istirahat dulu. Naik turun tangga juga harus perlahan. 


Apa itu Osteoarthritis??

Adalah kondisi medis dimana sendi merasa sakit dan secara progresif memburuk. Banyak juga yang bilang pengapuran tulang. Gejala awalnya itu nyeri pada persendian, serasa kaku, linu dan kadang timbul bengkak kalau sudah sakit banget. Dokter bilang untuk menyembuhkan osteoarthritis ini adalah perubahan gaya hidup  dan konsumsi obat nyeri.

Ya , saya dianjurkan untuk melakukan diet pengobatan osteoarthritis meski sebenarnya gak akan sembuh total sih namun kurang lebih bisa mengontrol gejala nyeri dan meningkatkan kelancaran fungsi sendi yang mengalami kaku atau linu. Menjaga berat badan menjadi peer banget buat saya. Berat badan saya 60kg, itu sudah masuk keberatan dan ini juga merupakan pencetus saya mengalami osteoarthritis. Osteoarthritis ini bisa terjadi juga jika pernah jatuh, dan kemudian saya flash back lagi, ya saya pernah jatuh beberapa kali pada kaki yang sekarang mengalami sakit ini. Mungkin ga langsung terasa, jangka panjang baru mulai merasakannya.


Untuk diet yang saya wajib lakukan, dokter pun memberikan beberapa daftar makanan yang boleh saya konsumsi. Adalah :

·       ↘  Sayuran segar dan buah – buahan. Dokternya bilang kalau sayuran dan buah bagus untuk saya konsumsi karena mengandung antioksidan dan bisa melawan efek peradangan dari radikal bebas.
·         ↘   Diet karotenoid harus saya lakukan, mampu memperlambat degradasi bawah sendi. Saya harus konsumsi makanan kaya vitamin E, misalnya almond, kacang tanah, tomat atau bayam. Makanan yang vitamin E nya tinggi adalah makanan dengan antioksidan alami dan bisa menurunkan nyeri persendian yang diakibatkan osteoarthritis.

·         ↘   Vitamin C yang dihasilkan dari jeruk dan brokoli wajib saya konsumsi.
·      ↘ Ikan yang berminyak, mackerel, salmon atau sarden bisa menghasilkan omega – 3 asam lemak esensial. Lemak ini bisa mengurangi peradangan.
·        ↘   Dokter juga bilang saya harus konsumsi masakan yang mengandung bawang putih, jahe dan kunyit.
·         Saya harus banyak konsumsi air putih untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan juga racun disiram dengan baik.

Saya benar – benar bersyukur hasil cek darah saya menunjukkan saya aman dari asam urat, kebayang kan kalau saya asam urat, banyak sekali makanan yang tidak bisa saya makan seenaknya, huhu.


Dokter juga memaparkan apa saja yang tidak boleh saya konsumsi : Terong, ya saya padahal suka banget sama terong. Huhu namun supaya saya tetep bugar saya harus hindari terong deh. Saya juga tidak diperbolehkan konsumsi kafein berlebihan, jika ingin minum kopi cukup secangkir saja sehari, gorengan juga harus saya hindari. 

Semoga kita semua sehat selalu ya, aamiin. 

Next saya ceritain pengobatan yang sedang saya lakukan yaaa, gengs!


Wassalam
Tian lustiana

You May Also Like

25 komentar

  1. Terong, kopi, gorengan padahal enak-enak ya Teh, tapi demi sehat gak papa deh dihindari dulu. Sehat selalu ya Teh Tian biar bisa gendong-gendong Akbar :)

    ReplyDelete
  2. cepet sembuh y teh yg diduga ternyata bukan pengapuran jd inget almh ibu jg prnh sakit ini n blio sll tiba2 nyeri kakinya ternyata emang sakit bgt y teh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin nuhun teh Herva, iya sakitnya pake banget huhu hiks

      Delete
  3. Iya sih, aku nggak berani berlagak dokter, lebih baik cek kondisi sebenarnya. Waktu tumitku sakit2 dulu juga nggak langung vonis asam urat tapi periksa dokter. Ternyata telapakku memang tipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit kaki itu banyak faktornya, ga melulu asam urat ya mak Lusi

      Delete
  4. makin kedepan, makin macam macam penyakit yang datang, dan dibalik makanan yang enak enak, justru si sakit datang ya mbak

    ReplyDelete
  5. Cepet sembuh ya, Tian. Setidaknya ada sisi positif di mana bisa makan lagi makanan yang waktu itu Tian cerita jad pantangan. Mari ngemil emping hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih teh Efi, tapi tetep harus kontrol makanan huhu karena berat badan juga harus seimbang

      Delete
  6. osteoarthritis ini genetik jg, di keluarga ni yg muda mulai aware. Krn sepupu ada yg udah kena, lumayan parah sampai harus rutin berobat.
    Semoga kita diberi sehat selalu ya mbak, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu yah, aamiin makasih mbak

      Delete
  7. Get well soon teh Tian.
    Harus jaga makanan ya berarti.
    Ngemilnya diganti sama sayur buah ya teh aku juga mau ngurangin gorengan ahh kalau gitu.
    Makasi sharingnya teh Tian

    ReplyDelete
  8. Cepat sembuh ya teh Tian...
    Sy jg hrs mengurangi yg enak2 sdh mulai melewati usia cantik nih hehe..

    ReplyDelete
  9. GWS ya mbak...alhamdulilah mampir ke blog ini jadi tau penyakit osteoarthritis deh.

    ReplyDelete
  10. cepet sembuh ya teh tian :)

    ReplyDelete
  11. Cepet sembuh Teh. Tapi kenapa ga boleh makan terong ya?

    ReplyDelete
  12. Waktu hamil tua telapak kaki saya sakit banget ampe ga bisa jongkok dan pake spatu olahraga kemana-mana biar empuk, semoga cepat sehat lagi ya tfs

    ReplyDelete
  13. pengapuran tulang ...
    kirain kalo cuma udah tau ,haha

    but,gaya hidup sehat pasti di perlukan :)

    ReplyDelete
  14. Waah...baru tau aku teh Tian, dahsyatnya tes darah.
    Dari situ bisa ketauan semua yaa...kita menderita sakit apa.

    Selama ini tes darah pas hamil doank...buat cek kadar Hb.

    Semoga lekas sehat yaa, teh...
    Dan konsisten gak makan minum pantangannya ((ini beurat banget...karena aku juga suka terong dan kopi))

    ReplyDelete
  15. Duh, Teteh. Lekas sehat dan pulih ya. Semoga penyakitnya enggak balik-balik lagi

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84