Ketika Saya Blogwalking

by - 8:50:00 AM

Assalamualaikum,

Blogwalking, semacam mempererat tali silaturahmi ala - ala blogger, saya sih mengartikannya seperti itu. Kadang blogger satu sama lain enggak saling kenal tapi sering blogwalking, sama aja dengan silaturahmi. Pas kopdar kita kadang ngeh eh iya nih mbak atau mas yang sering main ke blog saya ya, hehe dan saya sempat beberapa kali kopdar juga sama temen blogger yang suka saling blogwalking.

Blogwalking

Manfaat blogwalking masih banyak selain mempererat hubungan atau tali silaturahmi, diantaranya juga ngaruh banget ke traffic blog. Itu sih semacam bonus aja buat saya, alhamdulillah kan kalau sambil silaturahmi terus traffic blog menjadi keren. 


Beberapa pekan terakhir ini saya lagi ga sempet blogwalking, karena blogwalking buat saya itu bukan hanya menaruh link dan mengharapkan kunjungan balik *meski adalah harapan itu dikit* hohoh. Blogwalking itu ga sekonyong - konyong datang ke blog, langsung masuk ke kolom komentar dan berkomentar "nice sharing", "keren ih tulisannya" atau " nice info mbak" dan banyak komen asal - asalan lainnya. Kalau saya mengunjungi blog dan bingung buat komen ya saya enggak komen wkwkwkw, cukup silent reader aja, daripada saya komen tapi OOT kan, lucu jadinya. Buat saya blogwalking itu enggak harus selalu komen.  

Menurut saya ada beberapa kaidah *ciyeh kaidah* maksud saya cara atau etika ketika ber- blogwalking ke blog sahabat blogger. Ini versi saya ya. 


Saya memahami artikel yang saya baca 

Ketika blogwalking, tentu kita ingin pemilik blog ngeh kalau kita sudah berkunjung, biasanya kan meninggalkan komentar ya? ya meski kadang saya jarang meninggalkan komentar juga sih kalau saya rasa bingung mau komen apa. Tapi jika kebiasaan meninggalkan komentar lebih baik pahami dulu isi dan maksud artikelnya jangan sampai di kolom komentar hanya untuk basa - basi, seperti menanyakan hal yang sudah dijelaskan dalam artikel. Untuk menghindari komen seperti ini biasnaya saya baca sampai saya benar - benar paham dan mengerti isi dari artikel. Dengan memahami artikel, berarti secara tidak langsung pengetahuan saya akan bertambah. Dan kadang menimbulkan ide untuk saya menulis. 

Blogwalking

Blogwalking dengan teratur 

Blogwalking membabi buta juga katanya ga bagus buat blog kita sendiri, katanya sih dari beberapa artikel SEO yang saya baca. Katanya malah kita bisa saja mendapat hukuman dari mbah google. Jadi saya blogwalking secara teratur deh yang penting rajin aja blogwalking nya. Jadi kalau jaringan internet lagi lancar, saya rajin blogwalking juga. 


Tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar

Saya sering banget delete komen yang isinya link aktif, huh. Padahal yang komen ini blogger kece badai seantero dunia maya. Tapi setiap komen ke blog saya selalu saja naruh link aktif alias link hidup di kolom komentar. Padahal kan sudah disediain ya kolom untuk menaruh link, lah ini masih aja nekad nyimpen di kolom komentar. Menaruh link aktif di kolom komentar ini katanya semacam menaruh sampah. Jadi please lah yang suka naruh link hidup di kolom komentar jangan yah, da balageur hehe. 


Yuk kita blogwalking. 



Wassalam,

Tian lustiana 








You May Also Like

19 komentar

  1. Ah iya Mbak, aku sering dititipin link aktif sama yg blogwalking kemudian gak lama linknya broken. Kan sedih ... Bikin repot ngapusinnya. Ibaratnya bertamu trus berantakin isi rumah lalu ditinggal pergi begitu aja ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss, ternyata sama ya suka direpotin juga wkwkw, jadi kan kita harus bebersih yamak

      Delete
  2. Klo BW juga aku cermati setiap kalimat yang menurut aku bagus dan jadi silent reader ketika liat artikelnya secara ga langsung provokatif macam ngomongin artis kek gtoh hahaha langsung bye aja deh. Makanya aku jg pilih2 teh klo mu BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, saya juga kadang milih artikel mana yang saya baca hehe, kadang diblog itu kan banyak artikelnya, suka saya pilih - pilih juga

      Delete
  3. yang paling sebel juga adalah yg nyepam.... :(

    ReplyDelete
  4. ya mbak, mendingin blogwalking teratur daripada membabi buta bw nya, dan ini juga nggak sengaja terbaca artikel mbak :)

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk silent reader mb hahahahhaa
    Suka baca2 aja tapi kadang nggak ninggalin komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhih alhamdulillah disini ninggalin komen yambak hehe

      Delete
  6. Setuju sama analogi nya, Mba. Blogwalking = silaturahmi. Btw, definini blogwalking membabibuta itu yang gimana, Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogwalking yang membabi buta itu yang sebar link dan komen sehari bisa ratusan, spam kali ya bahasa keren nya hehe

      Delete
  7. Ada ini ketika saya post review hotel, dikomen malah ada yg tanya, "Nyaman nggak di sana?" Kalau buat saya ketahuan banget dia cuma baca judul. Yang semacam ini mah nggak bakalan saya kunjung balik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mempertimbangkan ini, kadang ga semua yang komen saya kunjungi juga heheh ada juga yang komen , oke gan, nice share gan

      Delete
  8. Semoga bisa terus saling bersilaturrahmi dan berbagi Ilmu ...Amin

    ReplyDelete
  9. Iya Teh, kadang ada yang komen tapi komennya enggak nyambung dengan isi tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang suka ada yang begitu ya

      Delete
  10. Emang suka males kalau baca coment yang ga nyambung sama kontent yag kita baca. apalagi kalau ada yang cuma bilang thanks, dll seperti yang mab bilang tadi.

    tapi paling kesel lagi sama yang spaming gtu deh. aduduh...

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84