Memanjakan Pengunjung Blog

by - 10:48:00 AM

Assalamualaikum

Eh udah berapa banyak pengunjung blog?

atau 

Traffic blognya naik apa turun? 

Dan mungkin banyak pertanyaan lain seputar itu. Dari sejak awal saya ngeblog sampai sekarang, alhamdulillah sih untuk traffic blog mengalami kenaikan, meski kalau dilihat dari AR sih naik turun bikin gemes. Dari tahun ke tahun, perlahan merangkak naik banyak pengunjungnya, dan saya bahagia. Iya, saya orangnya gampang bahagia sih, lihat pengunjung blog bertambah dari hari ke hari aja saya udah seneng, bahagia dan semua rasa tumpah ruah. Se simple itu banget kebahagiaan saya. Belum lagi kalau tiba - tiba ada yang email dan bilang bahwa dia suka baca blog saya, bahagia semakin bertambah dan semangat semakin meningkat. Alhamdulillah deh sesuatu banget buat saya. 



Menurut pakar blog yang sudah pro, pengunjung itu bagaikan harta untuk pemilik blog. Wah ibarat jualan ya, pembeli adalah raja, sama mungkin ya kesitu juga ujug - ujugnya. Semakin banyak pengunjung artinya tulisan kita banyak yang baca yah, ya meski saya mah apa atuh da tulisan saya mah masih ala - ala emak  - emak pisan. Keuntungan lain pengunjung banyak pasti ada dong, apalagi kalau blognya dimonetize . 

Masalahnya adalah menarik pengunjung itu gak segampang membalikkan telapak tangan kan? Harus ada effort yang dilakukan. Apalagi pengunjung yang datang secara alamiah alias datang langsung dari hasil search google. Kalau menarik pengunjung yang datangnya teman sendiri sih gampang yah, tinggal sebar link ke grup whats app atau grup lainnya. Hanya menarik pengunjung saja? oh tentu tidak dong, menarik pengunjung dan berusaha gimana caranya agar pengunjung merasa nyaman dan betah di blog kita. Syukur - syukur sih pengunjung bisa klik artikel lain, kan ada ngaruh sama bounce rate. Iya gak sih? 

Dan ini adalah usaha yang saya lakukan agar pembaca blog saya merasa betah, semoga ya namanya juga usaha. Teh Efi juga menuliskan tentang bagaimana memanjakan pengunjung blog loh, ini tulisannya yang menginspirasi saya menulis artikel ini. 


Artikel berkualitas 

Katanya artikel berkualitas dalam blog bakalan memiliki pengaruh besar pada rasa puas pengunjung, hm oke deh. Tapi kadang saya pun suka nanya apakah artikel saya berkualitas atau enggak sih, lantas artikel berkualitas itu kayak gimana? 

Artikel berkualitas itu adalah tulisan yang rapi, rapi dalam artian enggak alay, minimal typo, EYD nya pun harus benar, meski ya saya pun masih banyak typo dan kadang lupa sama EYD tapi saya ga alay wkwkw, blogger harus bisa menjadi editor bagi tulisan diri sendiri. 

Artikel berkualitas itu harus menarik. Mulai dari judul harus eye catching lah umpamanya. Dimulai dari judul, harus menarik dan bikin penasaran buat baca, tapi jangan juga menipu. Judul apa isinya apa, males banget nanti yang bacanya. 

Sesuai dengan fakta 

Menulis yang sedang happening asik ya, cepat sekali tembus sampe ribuan. Namun setiap menulis ya harus berdasarkan fakta jangan mengada - ngada kecuali kalau tulisannya opini. Jadi saya selalu berusaha untuk menyajikan artikel yang sesuai dengan fakta, meski banyak juga sesuai dengan opini saya. 

Template 


Dulu saya suka dengan template yang rame haha, dan juga sering gonta ganti template *sekarang juga sih masih suka*. Buat saya template penting dan membuat pengunjung blog nyaman, jadi kan keren tuh kalau template nya ada niche nya, haha template berniche itu gimana Tiaaan? Maksud saya template nya sama lainnya itu satu warna, seperti blog saya ini saya usahakan sentuhan pink ada disini wkwkw, saya kan girly. Tapi yang saya rasakan sih gitu, setiap saya berkunjung ke blog orang lain merasa nyaman gitu kalau template nya enak dipandang dan senada. Munurut saya yah, selera setiap orang sih beda - beda. 

Loadingnya capcus 

Males  banget kalau blog loadingnya lama, ya udah saya close aja. Wasting time banget buat saya kalau lola alias loading lama, jadi mending loadingnya capcus ye jadi kita enak berselancarnya. Semoga blog saya loadingnya kagak lambreta eim. 


Itulah usaha yang saya lakukan agar para pengunjung blog merasa betah berada diblog saya, semoga usaha saya ini berhasil ya, aamiin. Dan masih banyak sih usaha lainnya yang belum bisa saya bahas disini, hehe soalnya belum berhasil saya lakukan haha. 

Kalau usaha temen - temen apa biar pengunjung blognya betah??? Share yuk. 




Wassalam,
Bandung 18 Januari 2017 


TIAN LUSTIANA 







You May Also Like

1 komentar

  1. hemm, untuk sementara promosi secara pasif di socmed, n bw sesama blogger, malah nyasar ke blog mbak ini.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84