Tentang Manajemen Waktu Dan Kualitas Diri

by - 9:14:00 AM

Assalamualaikum, 

Demi masa, sesungguhnya manusia benar - benar dalam kerugian, kecuali orang - orang yang beriman dan beramal shaleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Arti dalam surat Al - Ashr ayat 1 - 3. Saya yakin temen -temen sudah paham bener tentang ayat ini.


Benar - benar kita sebagai manusia berada dalam kerugian jika tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Coba saja temen - temen baca juga QS Al - Imran ayat 104 ini : 

 “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.”
Hmm, jadi menjadi seorang muslim / muslimah harus pintar - pintar mengatur waktu ya, supaya setiap waktu bisa diisi dengan amalan yang mendatangkan pahala dan berkah. Mengatur waktu dalam berhubungan dengan Allah Swt dan juga mengatur waktu dalam berhubungan dengan manusia lainnya. Dan itu semua tentunya harus diatur dengan sangat baik, supaya bisa terlaksana dengan optimal. Jadi enggak berat sebelah, fokus sama Allah Swt tapi menyakiti dan enggak bisa bersosialisasi dengan manusia lainnya, atau sebaliknya. Jadi memang harus diatur dengan baik ya manajemen waktunya. 


Terus gimana dong cara agar waktu untuk merencanakan, mengatur serta melaksanakan semua kegiatan itu bisa ter-menej dengan baik?? Dalam melaksanakan semua kegiatan kita dalam dunia ini haruslah berlandaskan pada beberapa hal berikut ini : 

Ilmu tentang optimalisasi waktu 

Sebagai seorang muslim / muslimah, wajib memahami dan juga mengetahui seputar kaidah yang rinci tentang bagaimana mengoptimalkan waktu dengan sebaik - baiknya. Lah emang nya buat apa Tian? Tujuannya ya apalagi kalau bukan untuk kebaikan dan juga kemaslahatan diri kita sendiri dan orang lain tentunya. Pernah denger gak tokoh - tokoh islami Seperti Imam Nawawi dan Iman Suyuthi? mereka adalah orang - orang yang menjadi teladan bagi orang lain yang mampu mengoptimalkan waktu sebaik - baiknya dimasa hidupnya. 

Tentang manajemen hidup

Hindari mengerjakan sesuatu tanpa kejelasan. Lakukan semua pekerjaan dengan jelas, matang dan harus dalam pertimbangan. Harus ada perencanaan yang jelas juga, seperti membuat planning atau program kemudian mempersiapkannya dengan baik, mengaturnya dan kemudian melaksanakannya sampai tuntas. 

Visioner dan melihat semua persoalan dengan utuh 

Memiliki pandangan yang jauh ke depan, wajib dimiliki. Karena ini mampu mengantisipasi semua persoalan hidup. Atur waktu dengan optimal dan jangan pernah melihat masalah secara parsial saja. 


Perencanaan dan skala prioritas

Tau dengan baik urutan ibadah dan prioritas, dan mampu mengklarifikasi masalah.Membuat skala prioritas ini baik loh, mampu menghindarkan dari kegiatan yang tidak beraturan. Jadi dalam mengerjakan sesuatu itu enggak tergesa - gesa. 

Lakukan semua pekerjaan dengan optimal sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri kita sendiri. 

Untuk melakukannya tentu harus dilandasi juga dengan persyaratan lain, diantaranya adalah : 


  • Pembiasaan. Gak akan kok tiba - tiba bisa mengoptimalkan waktu dengan baik jika tidak dibiasakan dari dulu. jadi membiasakan anak sejak kecil ini penting ya, jadi akan terbiasa mengatur hidupnya dengan mandiri ketika anak dewasa nanti. 
  • Cerdas dan positif. Kecerdasan menunjang sekali untuk mengoptimalkan waktu dalam melakukan kegiatan dalam hidup. Ditunjang dengan keinginan yang kuat, tindakan yang dilakukan secara continue dan ahlak yang tentu positif. Serta semua usaha tidak akan ada apa - apa nya jika tidak dibarengi doa dan ikhtiar. 

Itulah seputar manajemen waktu dan kualitas diri agar mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan tuntas. 

Wassalam,


Tian Lustiana 

You May Also Like

2 komentar

  1. Membiasakan itu yang paling susah, disiplin diri supaya nggak melakukan hal yang sia-sia :(

    ReplyDelete
  2. Nah, betul banget, ini PR aku juga biar bisa sukses manajeman waktuu, thanks sudah diingatkan ya Mbk

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Instagram

Text

Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D
IBX581FF3C79ED84