Teman Adalah Cerminan Diri

by - 2:00:00 PM

Assalamualaikum, 

Teman adalah cerminan diri. Sering banget deh saya mendengar tentang ini. Ya, dengan melihat siapa yang menjadi teman kita dengan mudahnya sudah bisa melihat cerminan diri sendiri, dan ini dipertegas oleh hadist loh, yang menyebutkan bahwa seorang mukmin cerminan dari saudaranya yang mukmin, hadist yang diriwayatkan oleh Al - bukhari dan Abu Dawud. 


Dan memang benar sih, saya lalu menelaah sekeliling, meneliti satu persatu teman dan sahabat saya, ya kurang lebih seperti itu. Jika saya bergaul dengan si A otomatis penilaian tentang si A akan melekat pada saya dan sebaliknya. Saya yakin banget bahwa seorang teman atau sahabat itu pengaruhnya besar sekali terhadap diri saya. Seorang teman atau sahabat bisa mempengaruhi loh, dalam hal agama, pandangan hidup, kebiasaan hingga sifat. Meski kadang banyak yang mengelak "lah gimana orangnya aja, gak usah terbawa arus." 


Dalam menjalani kehidupan yang fana ini *uhuk*, banyak sekali duri yang bertaburan disepanjang jalan, duri saja? tidak masih banyak jurang terjal yang siap melemparkan kita. Gak mudah kan untuk dijalani sendirian, butuh manusia lain untuk melakukan perjalanan itu. Pasangan hidup? ya pasangan hidup juga butuh, namun bukan hanya pasangan hidup yang dibutuhkan, seorang dukungan teman juga dibutuhkan untuk saling memberikan semangat. 

Makanya, memilih teman itu harus teliti dan bukan hal yang sepele. Benarkan?Lalu bagaimana dong memilih teman itu? Pilihlah seorang teman atau sahabat yang memiliki sifat seperti ini :

Pilihlah teman yang berakal. Ya, setuju sih karena kan akal menjadi faktor utama juga ya. Gak ada bagusnya bergaul dengan orang bodoh, bodoh bukan berarti dia tidak bisa apa - apa tapi bodoh yang tidak mau mengerjakan apapun. Bergaul lah dengan orang yang berakal, ialah mereka yang tahu semua urusan dan disesuaikan dengan porsinya.

Pilihlah teman yang baik ahlaknya. Berteman dengan seseorang yang baik ahlak itu baik, karena mereka bisa mengendalikan amarah dan nafsunya.

Teman yang bukan orang fasik. Siapa orang fasik? mereka yang tidak pernah merasa takut pada Allah Swt, orang yang tidak merasa takut pada Allah pasti akan susah dipercaya, bagaimana kalau justru menipu kita?

Teman yang banyak ilmu dan tidak pelit. Akan ada pengaruh positif memiliki teman seperti ini, percayalah. 

Dan banyak sifat teman lainnya yang saya yakin temen - teman semua juga mengetahuinya. Semoga kita semua diberikan teman yang terbaik, yang bisa membawa kita semua pada jalan yang benar, aamiin. 



Wassalam,

Tian lustiana 






You May Also Like

12 komentar

  1. Aku lagi nulis tentang cermin juga mba sudah keduluan tapi beda sudut pandang siy hehehe..bener mba carilah teman yang mengharumkan bukan malah menciprati bau busuknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya jadi pengen baca tentang cermin versi mbak Herva nih

      Delete
  2. Pilih temen yg beken ntar nular bekennya hehehe

    ReplyDelete
  3. setujuuuuu.. teman adalah cerminan diri.. semoga selalu ditemukan dengan teman yang baik ya mba.. aamiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasih mbak, doa yang sama untukmu juga ya

      Delete
  4. Teman yang banyak ilmu dan tidak pelit. Aku seneng banget poin ini, mba. Dan kita juga harus bermanfaat untuk teman kita ya, mba

    ReplyDelete
  5. iay sih , teman ayng baik akan berpengaruh baik juga ya

    ReplyDelete
  6. teman bisa membawa kita ke surga...dan juga ke neraka. Harus pandai-pandai memilih teman ya :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget, temen adalah cerminan diri kita. Meski gak semua teman, tapi aku pun mengalaminya, punya satu teman yg seluruhnya hampir mirip kecuali wajah dan berat badan. Sifst dan kegemarannya sama.

    ReplyDelete
  8. jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan terkena wanginya dan jika kita berteman dengan kuli besi maka kita akan terkena baunya.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D