Budaya India

by - 3:30:00 PM

Assalamualaikum,

Budaya India, saya kok jadi penasaran sama budaya India semenjak pas libur lebaran kemarin itu saya nonton sinetron India, Anandhi dan Uttaran haha. Dan sejak kecil saya emang seneng sama India sih, dulu aja waktu SMP gitu saya seneng nonton kuch – kuch hota hai sampai saya bisa loh nari koi mil gaya, haha. 


Budaya India emang unik, menarik dan juga memiliki ciri khas sendiri. Jujur, yang membuat saya salut adalah India itu masih sangat mempertahankan tradisinya sampai saat sekarang. Jadi, anak – anak India ini sudah diajari tentang peran sertanya dalam masyarakat dengan begitu anak – anak akan terbiasa dengan kebudayaan mereka.

Ini tradisi India yang menarik buat saya, diantaranya adalah : 

Diwali, kadang saya suka dengernya Dilwali, tapi entahlah mana yang benar. Saya search sih katanya ada yang menyebutnya Divapali atau Divali yang artinya sama kali ya yakni perayaan di India yang dilakukan selama lima hari, jadi selama lima hari ini semua aktivitas tutup maksudnya kantor dan lainnya itu tutup loh untuk melaksanakan Diwali ini. Pada pelaksanaannya semua warga India memakai baju baru dan menyajikan manisan serta bertukar kado juga menyalakan lampu kecil untuk menerangi rumahnya. Lampu yang mereka gunakan itu biasanya dari tanah liat yang ada sumbunya, biasanya suka terapung di kolam gitu deh. Nah pada Diwali ini bulan lagi engga bersinar dan semua menjadi gelap makanya dinyalakan lampu – lampu kecil itu. Lampu kecil itu dimaknakan sebagai energy positif dan juga lambang dari harapan. 

Budaya India

Pada hari pertama Diwali, orang India biasanya bangun pagi sekali dan pake baju baru, kemudian mereka pergi ke kuil untuk berdoa. Sebenarnya ada cerita dan sejarah lain dibalik Diwali, nanti deh saya ceritakan pada postingan tersendiri hehe. 

Mehendi, Mehndi atau Mehendi? Ini juga saya belum jelas dan paham bener sih, yang pasti mehendi ini adalah art melukis tangan dan kaki menggunakan pacar atau inai. Memakaikan mehendi ini merupakan adat atau sebuah seni yang masih dipertahankan oleh orang India padahal ini sudah ada sejak jaman Dinasti Mogul diabad 12 loh, udah lama banget kan? Tapi mereka hebat masih mempertahankannya hingga sekarang. Dalam tradisi India, mehendi ini digunakan untuk upacara pernikahan, jadi menjelang hari pernikahan ini pengantin wanita dihias tangan dan kakinya. Tapi di Indonesia juga sekarang udah banyak loh pengantin yang minta dipakaikan henna sebagai pengganti mehendi, tapi emang bagus yah. Tangan menjadi cantik dengan lukisan yang indah. 

Budaya India

Rakhi. Saya jadi ingat dulu waktu kecil suka mainan gelang rakhi ditulis sendiri dan dipake sendiri haha. Rakhi atau nama sebutan lainnya Rakshsa Bandhan ini adalah festival tahunan yang rutin dilakukan. Rakhi bisa juga disebut sebagai perayaan untuk saudara laki – lakinya. Gelang rakhi dibuat dari tali yang sudah dimodif sedemikian rupa hingga menjadi bagus. Rakhi ini diikatkan pada saudara lelaki yang melindunginya dan saudara lelakinya akan memberikan hadiah pada saudara perempuannya. 

Budaya India

Sebenarnya banyak sekali budaya India yang menarik perhatian saya, banyak sekali. Dan bakalan panjang kalau saya posting haha, *bilangajamales. Nanti deh bakalan saya buatkan postingan lanjutannya tentang budaya India lainnya. 


Wassalam,

Tian Lustiana 



FYI: 

Foto - foto hasil searching google. 




You May Also Like

3 komentar

  1. Waktu datang ke Malaysia, budaya India kental banget disana, saya jadi mikir ini saya lagi datang ke kuala lumpur apa ke India yak -_-

    ReplyDelete
  2. Bollywood tuh nostalgia. Jaman dahulu suka nonton, hihi. Kalau sekarang lebih suka film India yang isinya gak cuma romance aja, kayak semacam PK, Three Idiots, gitu.
    Ngomongin budaya India, aku skrg suka nonton Abnormal Summit, talkshow Korea sih, tapi kebetulan ada membernya orang India. Jadi nambah2 tahu budayanya :D.

    ReplyDelete
  3. India memang terkenal banyak budayanya ya...Unik-unik lagi. Malah sampai ada yang libur 5 hari ya...asyiknya..he..he..
    Kalau film dari India, kuch – kuch hota hai yang saya suka. Bisa sampai nangis bombay, deh. :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D