sharing

Agar Gas Motor Semakin Ringan

10:59:00 AM

Assalamualaikum, 

Pagi - pagi starter motor, oke. Kemudian ketika melaju hendak ke kantor tuh kok rasanya berat sih pas narik gas nya, hiks. 

Perawatan motor matic

Padahal kan komponen gas dan seluruh bagian - bagiannya itu merupakan bagian penting untuk menjalankan motor. Kalau gas nya terasa berat ini, selain tangan saya pegal juga tarikan motornya serasa siput, lamaaa dan seakan susah berjalan. Biasanya handle atau grip gas yang saya putar itu langsung cus dan ringaaan sekali, ini kok serasa berat dan jujur tangan saya pun jadi pegal dengan puntiran gas nya ini. 


Langsung deh, minta  suami tercinta untuk segera membawa si bohay kesayangan ini untuk segera diatasi problemnya. Hihih karena memang suami tercinta lah yang ngurusin si bohay ini, heheh. Ya maklum, saya emang seneng nyusahin suami, apa - apa juga suami deh. Heheh. 

Untuk mengatasi keadaan ini, ada beberapa tips ringan *dari mekanik* yang bakalan membuat tarikan gas kembali enteng dan handle gas pun serasa ringan diputer. Tips ini bisa dilakukan di rumah jika memang paham dan mengerti betul tentang motor, atau mau kaya saya membawanya ke bengkel, namun harus tetap didampingi pak suami karena saya sama sekali engga paham masalah daleman motor, saya cuman bisa make dan merasakan saja. Kalau motor udah kerasa ga enak baru saya minta tolong suami untuk membawanya ke bengkel. 


  • Bongkar deh karburator kemudian bersihkan dengan karburator cleaner lebih bagus sih menggunakan kompresor untuk membersihkan debu yang menempelnya. Oke, done ya membersihkannya kemudian lumasi aliran kabel gas dari bawah dengan oli yang bersih dan dicampurkan bensin yang kemudian disalurkan melalui selang plastik, ingat ya ukuran selang plastiknya hampir sama dengan kabel gas, gunanya agar campuran itu bisa masuk sampe ke atas handle grip gas. 
  • Lumasi grip handle gas dengan memakai pelumas cair dan jangan yang lengket. Ini dilakukan agar puntiran gas lancar. 
  • Lepaskan pegas skep karburator, lalu tekan ujung pegas atas dan bawahnya supaya lebih rapat, saya liat mekanik sih menggunakan tang yang lancip. kerapatan dan tekanannya sesuaikan saja dengan kehendak. Mekanik yang mengerjakan motor saya sih melilitkan 3 kali lilitan pegas atas dan 3 kali lilitan untuk bawahnya, katanya supaya kemampuan daya pegasnya tetap stabil dan tidak drastis berkurangnya. 
  • Setelah selesai semua, karburator pun kembali dipasang, lengkap dengan kabel gas dan pas saya putar handle gas nya, wiiiih jadi enteng dan responsif banget. 

Perawatan yang berkala yang akan terus mendukung tarikan gas tetap yahud sih. Selain itu juga dengan perawatan berkala bakalan menjaga performa motor tetap baik. 

Nah, itu yang biasa saya lakukan eh maksudnya mekanik lakukan kalau gas motor saya terasa berat. 

Wassalam,
Cikaso Selatan, Bandung


Tian Lustiana

You Might Also Like

14 komentar

  1. Putaran gas motorku jg agak bermasalah nih gara2 mogok beberapa hari lalu. Blm sempet ke bengkel, klo ngecek sendiri manalah bisa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh aku juga kalau sendiri ga bisa harus sama suami juga kalau mau ke bengkel hehehe

      Delete
  2. Gas motorku jg brat tp udah dibawa ke bengkel soalnya ngak bisa ngecek sndiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih emang paling enak dibawa ke bengkel langsung ya

      Delete
  3. Nice info, Mbaaa.. Aku dodol banget tau masalah otomotif entah itu motor ataupun mobil. Kadang suka insecure sendiri, kalo ke bengkel takut dimahal-mahalin. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mbak, iya makanya kalau takut dimahal - mahalin aku suka minta anter suami aja hehehe

      Delete
  4. Aku gak bisa ngecek sendiri. Biasanya suami yang otak-atik, terima beres deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih aku juga gitu, tapi sekarang mau mulai memahami takutnya nanti pas pak suami pergi motornya mogok heheh

      Delete
  5. Dengan langkah2 tersebut gas pun jadi ringan kembali ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Ya ampun, pas banget nih, Mba Tian. Maticku error. Gasnya berat dah gitu knalpot sering meletak suaranya.

    Ga enak kalau lewat filistin orang sekampung.

    ReplyDelete
  7. Aq ini biker tapi jujur tukang naik doang, ga paham urusan perbengkelan, tergantung banget ma mas bojo :))

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.

Member Of

SUBSCRIBE

Like us on Facebook