Berdamai dengan diri sendiri - mencintai diri sendiri

by - 11:08:00 AM


Damai itu indah, aiiih slogan yang sering banget aku ingat dan selalu aku ingat. 

Untuk berdamai dengan diri sendiri harus diri kita sendiri yang ciptakan bagaimana caranya. Saya pribadi sih melakukannya dengan bersyukur, memberikan diri hadiah dan tentunya introspeksi diri adalah hal yang utama.Mencintai diri sendiri memang seharusnya dilakukan, kalau bukan diri kita sendiri yang mencintai, siapa lagi? Hiks...
thebeuatybean.com

Damai adalah, dimana perasaan saya tenang, tentram dan bisa menerima kenyataan serta keadaan hidup.

Menjadi manusia baru 


Tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah dan kesalahan. Saya yakin bukan hanya saya yang memiliki masalah dan pernah melakukan kesalahan. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menghapus kesalahan dan menyelesaikan masalah. Pernah, saya memiliki masalah yang menurut saya terjadi karena kesalahan yang pernah saya lakukan. Tangisan, kekesalan dan mencak - mencak pada diri sendiri pernah saya lakukan. Namun, seketika tangisan hilang dan kekesalan serta mencak - mencak reda, hey masalah saya masih ada. Apa yang saya lakukan itu ternyata bukanlah solusi, sama sekali tidak menghapuskan masalah saya. Pendewasaan dirilah yang membuat saya bisa memaafkan diri sendiri dan mengatasi masalah dengan baik. Sejak saat itu, saya bisa belajar memaafkan diri sendiri, belajar mencintai diri sendiri dan berdamai dengan diri sendiri. Menjadi manusia baru dengan misi baru, melupakan semua masalah lalu dan memperbaikinya. Janji pada diri sendiri untuk menjadi manusia baru dengan sikap, pola pikir dan kepribadian yang baru, yang lebih baik. 


Kemampuan berdamai dengan diri sendiri hanya bisa dilakukan oleh orang sehat,terutama secara mental itu menurut psikolog Dra Mira Laksmi Amiretno Rumeser, oooh Whaaat? Jadi dulu saya gak sehat? Hmmm. 
bellandarcy.com 

Ketika saya merasakan ketenangan dan merasakan kenyamanan hidup maka saya yakin saya sanggup berdamai dengan diri sendiri, terutama disaat saya kecewa, gagal dan dalam kegalauan. Awalnya memang tidak mudah menerapkannya dalam diri, susah juga kalau ditanya apa sih resepnya? saya gak bisa jawab. Saya hanya bisa mengatakan bahwa berdamai dengan diri sendiri adalah langkah awal mencintai diri sendiri, dan setiap orang memiliki jalan tersendiri dalam menggapainya. 


Dalam menjalani kehidupan ini, ada beberapa hal yang saya terapkan untuk bisa berdamai dan mencintai diri saya. Melakukannya tentu bukanlah hal yang mudah, saya sampe menuliskannya dalam planner selama 40 hari, iya 40 hari. Terlewati 40 hari dan kemudian saya mulai terbiasa...
  • Buang Pikiran Buruk. Sebisa mungkin saya akan buang semua pikiran buruk tentang diri saya. Saya yang tidak bisa ini - itu harus saya kubur dalam - dalam. karena jujur, berpikiran buruk terhadap diri sendiri akan menghambat melakukan sesuatu. So, lets positif thinking bout your self first. 
  • Menikmati Hidup. Kadang orang suka menyepelekan hal ini. Hidup udah susah jangan dibikin susah, katanya sih gitu. Tapi engga buat saya, hidup saya indah makanya saya sangat menikmati hidup ini. 
  • Realistis. Yah meskipun menikmati hidup saya tetap harus realistis. Mengukur diri sendiri itu perlu juga, jangan sampe pendapatan sekian, pengenn beli yang harga sekian. Realistis aja deh. Semua orang inginkan sukses dan berhasil. Tapi perlu diingat juga kadar sukses dan keberhasilan setiap orang ada porsinya. 
  • Dekat kepada Illahi Robbi. Mengeluh pada manusia, nantinya si manusia itu akan bosan. Mengeluhlah pada Allah SWT, mintalah apa yang kamu mau sebanyak mungkin. Dekatkan diri pada NYA. Berterimakasihlah Pada NYA atas semua kelebihan yang diberikan padamu. 
Lakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri, berikan yang paling istimewa untuk dirimu sendiri. -Tian Lustiana- 



"postingan ini untuk mengikuti giveaway echaimutenan"

You May Also Like

38 komentar

  1. kalo menikmati hidup emang kerasa banget ademnya,lebih enak aja rasanya,nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mak, gak ribet mikirin beban hidup :D

      Delete
  2. berdamai pada diri sendiri kadang terasa sulit mak, udah pernah aku lakukan tapi masih lebih kuat ego..emang butuh belajar deh :(

    ReplyDelete
  3. Blog dan artikelnya menarik sekali untuk disimak, sayang banget jika dilewatakn...

    ReplyDelete
  4. Berdamai dengan diri sendiri, tidak membebani diri ini dengan hal-hal yang membuat hati gelisah. Memang sulit tapi bukan hal yang tidak bisa dilakukan. Pasti ada caranya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap insan memiliki cara tersendiri untuk membuka jalan berdamai :)

      Delete
  5. jadi keinget masa dulu....!!!!
    kata-kata yang selalu terngiang sampai sekarang.
    kalau bukan kita siapa lagi???
    yang mau baik sama diri sendiri (pesan ortu dulu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, orang tua saya juga begitu, kalau bukan kita siapa lg yang akan merubah dan mecnitai diri sendiri :)

      Delete
  6. memang bukan hal mudah utk bisa berdamai dgn diri sendiri, tapi itu harus dilakukan jika hati ingin tentram ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hal yang mudah, namun bukan hal yang mustahil juga :)

      Delete
  7. Makasih tips-tipsnya, mak. Bermanfaat sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kl bermanfaat, 😊

      Delete
  8. setuju, selalu berpikiran positif, walaupun sudah tapi coba terus move on dari pikiran buruk

    ReplyDelete
  9. Siip, setuju, berdamai dengan iri sendiri, akan nyaman
    Meskipun juga tak mudah
    Blog nya bagus

    ReplyDelete
  10. Berdamai dengan diri sendiri memang susah2 gampang ya Mak, tapi tetap kudu dilakukan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak harus dilakukan, nantinya pasti terasa mudah. Semangaaat

      Delete
    2. iya mak harus dilakukan, nantinya pasti terasa mudah. Semangaaat

      Delete
  11. I love Me, dulu aku pernah menuliskan kata2 itu di buku tulis, sempet ngerasa benci debngan diri sendiri karean berbagai kekurangan yang dimiliki, alhamdulillah sekarang udah bisa peace hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita membenci diri sendiri, bagaimana dengan orang lain ya mak. Saya juga dulu gitu kok, perlahan seiring usia dan waktu akhirnya bisa mencintai diri sendiri :)

      Delete
  12. Saya pernah ngalamin gimana rasanya harus berdamai dengan diri sendiri, SUSAH mba! Harus bener-bener rela menjadi "manusia yang baru" seperti yang diulas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menjadi manusia yang baru dengan harapan yang terbaik, perlahan insyaa Allah bisa dilakukan :), semangat

      Delete
  13. Aku jg ah mau mencintai diri sendiri, mau memanjakan hati dan pikiran, biar eefresh, biar hepi, toh jg caranya gk nguras dompet inih. Tentu saja, la wong refresingnya cuma ngeblog dan blogwalking doank koq, hehe. Tfs y mak tian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih mak Inda :), selamat refreshiing ya

      Delete
  14. iya beneran ademmm kalo udah berdamai dengan diri sendiri ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :), alhamdulillah yah sesuatu *alasyahrini*

      Delete
  15. :") makasih mak dah ikutan...susah-susah gampang kan ^^ tapi mau ga mau emang kudu dijalankan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama maak :*
      iya wajib dijalankan demi kemaslahatan hidup :D

      Delete
  16. Tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah dan kesalahan

    ReplyDelete
  17. quote-quotenya bagus mak.

    ReplyDelete
  18. menikmati hidup, menikmati perjuangan... sigh... wish me luck :)

    ReplyDelete
  19. aku baru melakukan yang terbaik untuk diriku, Mak "Sarapan" itu artinya aku mencintai diriku sendiri kan..heheee

    ReplyDelete
  20. Bener banget mak, point yg berpikir buruk ttg diri kita sendiri itu yg bikin kita jadi sering down.

    ReplyDelete

Hallo, terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.

www.tianlustiana.com. Powered by Blogger.
Copyrighted.com Registered & Protected 
WREV-N3SK-HW7L-NS8D