Sabtu, 22 Juni 2024

Vitamin C Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bismillah, 

Tianlustiana.com - Vitamin C punya manfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga merupakan vitamin yang larut dalam air, biasanya kita bisa menemukan vitamin C pada sayuran dan juga buah - buahan seperti Jambu biji, Jeruk, Stroberi, Brokoli, Tomat, Cabai, Paprika dan lainnya.


Nama lain vitamin C, asam askorbat. Tubuh sangat butuh asupan vitamin C untuk menjalankan berbagai peran dan manfaat bagi tubuh, tapi sayangnya vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin C bisa dipenuhi dari asupan makanan, makanya vitamin c disebut salah satu vitamin esensial. Vitamin C juga punya fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, dalam sehari tubuh membutuhkan 75mg untuk wanita dan 90mg untuk pria. Jadi salah satunya kita bisa konsumsi Vitamin C 1000mg, untuk menjaga daya tahan tubuh.


Manfaat Lain Dari Vitamin C 

Manfaat lain dari vitamin C, diantaranya : 

✔ Melindungi sel - sel tubuh dari kerusakan dikarenakan radikal bebas

Vitamin C sebagai antioksidan juga sebagai askorbat memiliki fungsi melawan efek radikal bebas. Molekul radikal bebasnya bisa terbentuk dari polusi udara, makanan dan juga proses metabolisme dalam tubuh. Molekul jahat radikal bebas akan merusak sel - sel tubuh, bahkan bisa membunuh sel sehat loh. Radikal bebas kaitannya erat dengan stres oksidatif, yang bisa sebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya obesitas, diabetes bahkan sampai kanker.

Antioksidan vitamin C juga bisa hambat penuaan dini dan juga penyakit jantung, juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Vitamin C juga bsia memperbaiki antioksidan lain dalam tubuh.


✔ Memelihara daya tahan tubuh & membantu proses penyembuhan

Vitamin C juga bisa banget membantu proses pemulihan ketika sakit. Ketika tubuh mulai lelah dan sistem imun yang mulai melemah, pada keadaan seperti ini tubuh akan lebih rentan terinfeksi berbagai macam penyakit. Maka tugas vitamin C nih untuk memelihara sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, ketika batuk dan pilek bisa dicegah hanya dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Jadi, vitamin C termasuk nutrisi yang penting dan sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan.

✔ Untuk kesehatan kulit

Tubuh memerlukan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, bisa cegah kulit keriput dan juga memperlambat penuaan dini. Juga bisa memelihara elastisitas kulit dan meremajakan serta mencerahkan kulit. 

Dan masih banyak manfaat lainnya. 


Gimana ya kalau tubuh kita kekurangan vitamin C? 

Bagaimana ya kalau tubuh kekurangan vitamin C atau kadar vitamin C nya kurang? Berisiko menderita scurvy. Kondisi scurvy itu ditandai dengan gejala berupa mudah lelah, anemia, gusi berdarah dan juga luka yang sulit disembuhkan. Juga muncul ciri lain, seperti kulit menjadi kasar dan kusam. Persendian terasa sakit dan juga perubahan mood yang terjadi tiba - tiba.

Sumber vitamin C bisa didapatkan darimana?

Banyak loh kita bisa mendapatkan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh, karena memang banyak sumbernya. Dari sayuran seperti kale, kol, brokoli dan lainnya. Kalau dari buah - buahan bisa didapatkan dari jeruk, jambu biji, pepaya, kiwi dan lainnya. Selain itu, kita bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen untuk memenuhi kebutuhan hariannya.



Salah satunya saya konsumsi Sidomuncul Vitamin C 1000 Serbuk untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena Sidomuncul vitamin C 1000 ini merupakan suplemen vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan memenuhi asupan kebutuhan vitamin C harian.


Coba kita intip ya komposisi dari Sidomuncul Vitamin C 1000, setiap sachetnya mengandung vitamin C 1000mg, Vitamin E 25mg, Vitamin B3 10mg, Vitamin B12 5Mcg, Honey 100mg.


Apa saja sih manfaat konsumsi Sidomuncul Vitamin C 1000 secara rutin selain memenuhi asupan vitamin C?

  • Minuman yang segar untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Vitamin E untuk antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  • Vitamin B3, B6 dan B12 yang oke untuk menjaga sistem syaraf dan meningkatkan energi.

Sugar free dan rasanya segar

Sidomuncul vitamin c 1000 mg ini sugar free, jadi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Jadi penderita diabetes aman ya mengkonsumsi ini.

Suka sekali sama rasanya yang pas manisnya, segar dan memenuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh saya. Jadi buat teman - teman yang ingin mendapatkan asupan vitamin C harian bisa konsumsi Sidomuncul Vitamin C 1000 secara rutin, segarnya dapat asupan harian vitamin C terpenuhi!


Sampai jumpa pada postingan selanjutnya,


Tian lustiana 


1 komentar

  1. pas banget sekarang ini aku lagi ga fit, padahal beberapa hari lalu baik-baik aja, tiba-tiba flu aja. Dan kalau udah ga enak badan ini, baru rajin konsumsi buah-buahan, tapi abis diselingi minum es, ehh malah ga sembuh-sembuh

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon