Kamis, 25 April 2024

WorkShop Open Campus di ITENAS Bandung

Bismillah, 

Tianlustiana.com - Masa tahun ajaran sebentar lagi akan berakhir, yang artinya sedang pada sibuk yang mencari sekolah terbaiknya, apalagi nih para lulusan SMA atau SMK sedang gencar mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan sampai salah pilih kampus dan salah pilih jurusan yah, harus selektif juga. 

Salah satu jurus supaya nggak salah pilih kampus dan jurusan adalah harus sering datang ke acara open campus, supaya lebih memahami jurusan yang akan diambil. Nih salah satu rekomendasinya kampus Itenas. 



Itenas mengadakan open campus sejak 1 - 25 April 2024 , acaranya berbentuk rangkaian untuk para calon mahasiswa yang ingin tahu lebih jauh tentang berbagai program studi yang ada di Kampus Itenas. 

Acara ini merupakan promosi yang diadakan oleh pihak kampus, berkenaan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2024 / 2025. Juga diadakan workshop Program Studi yang sangat berguna banget nih untuk calon mahasiswa, bisa memberikan insight mengenai pembelajaran dan juga hal lainnya seputar program studi di Itenas Bandung. 



Acara workshopnya berlangsung hari rabu (24 April 2024) dan kamis (25 April 2024), diadakan dua sesi, sesi pertama mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB, sesi kedua mulai pukul 13.00 - 16.00. Tempatnya di Kampus Institut Teknologi Nasional Bandung, jalan PHH Mustopa 23 Bandung.



Saya mengikuti workshop Prodi Perencanaan Wilayah dan kota, karena tertarik dengan program studi ini dan juga tertarik dengan tema "Fotografi Perkotaan dengan Handphone". Jadi, disini saya diceritakan bahwa yang mengambil prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini perlu sekali membuat laporan dengan dokumentasi juga. Jadi yang punya hobi fotografi pasti seneng nih, kerja sambil mengerjakan hobi juga. Melakukan perjalanan dinas, sambil mengambil foto untuk dokumentasi merupakan hal yang menyenangkan. 



Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota ini lebih terkenal dengan Teknik Planologi, prodi ini sudah ada sejak tahun 1991. Sudah lumayan lama yah. Prodi PWK ini melingkupi bidang ilmu yang sifatnya lintas disiplin, baik itu dalam bidang yang sifatnya keteknikan atau sosial ekonomi. 




Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota ini akan menghasilkan para lulusan / sarjana yang visioner, kreatif, inovatif dan juga bisa memandang konflik secara positif dan mampu bekerja secara tim. jadi menyelesaikan pekerjaannya ini secara tim, tidak individual. 

Jadi untuk yang senang bekerja secara tim, program studi ini sangat cocok. Untuk proses pembelajarannya dirancang sedemikian rupa, guna mendapatkan pengalaman belajar yang nyata pada mahasiswa nya, menjadikan mahasiswa lebih peka pada karakteristik ruang, manusia dan aktivitasnya. 

Untuk kegiatan perkuliahan yang utama ini berbentuk studio, para mahasiswa belajar langsung di lapangan dalam merencanakan wilayah dan kota. Bukan hanya itu, pembelajaran prodi PWK ini juga bertujuan untuk menghasilkan manusia pembelajar yang mampu mengembangkan kapasistas indivual secara optimum, pada masa depan. 



So, buat yang punya idealisme untuk membangun kota dengan penataan yang baik, program studi PWK ini sangat cocok. Karena bisa membuat perencanaan wilayah, menentukan tata guna lahan, sistem transportasi dan juga bisa mengatur aktivitas - aktivitas yang ada di dalamnya. 

Langsung saja berkunjung ke Kampus Itenas ya, untuk mengetahui detailnya. 


Fasilitas di Itenas Bandung 

Kampus Itenas Bandung ini memiliki lingkungan yang nyaman untuk belajar Kampusnya terletak di tengah kota, jadi mudah dijangkau.   



Begitu masuk gerbang, keren banget. Di area parkiran ada mural keren dong, bikin terpukau pas lihatnya. 



Perpustakaan 

Perpustakaan yang hadir berikan kebutuhan informasi untuk para mahasiswa dan juga dosen. Perpustakaannya sudah terakreditasi A, punya koleksi buku dan juga sumber belajar berupa fisik dan digital. Juga ada pojok kreatif yang bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk diskusi, belajar kelompok dan juga mencari sumber informasi. 

Perpustakaannya pun punya koleksi digital, bisa cek di https://lib.itenas.ac.id/



Lapangan Tenis 

Juga memiliki lapangan tenis, keren ya jadi mahasiswa nya pada semangat olahraga nih. Letak lapangan tenis nya pun berada di tengah area kampus. 



Boulder (papan panjat)

Itenas juga punya mahasiswa pecinta alam, Himpala. Jadi untuk menunjang aktivitas dan juga latihannya, difasilitasi dengan papan panjat yang sering dijadikan tempat latihan oleh beberapa klub panjat / penjelajah dari luar kampus Itenas. 




Lapang basket & futsal

Lapangan ini berada di kawasan student center, merupakan pusat aktivitas mahasiswa. Lapangan ini bisa untuk basket, futsal dan juga kegiatan lain yang butuh lapangan luas.



Smart Classroom

Smart classroom ini hadir karena kondisi pandemi dan juga era digital yang mengharuskan setiap perguruan tinggi / universitas mampu melakukan proses pembelajaran secara hybrid, dengan dukungan teknologi. Sudah disiapkan seperangkat alat untuk proses pembelajaran dengan teknologi mutakhir, harapannya bisa membuat proses pembelajaran daring interaktif, juga bisa memberikan kualitas yang sama dengan proses pembelajaran secara tatap muka. Itenas menjadi pioner perguruan tinggi swasta, mendapatkan akreditasi unggul dengan kehadiran Smart Classroom.


Dan masih banyak fasilitas pendukung lainnya yang pastinya mendukung pembelajaran. Jadi buat yang sedang mencari perguruan tinggi langsung bisa berkunjung ke Kampus Itenas Bandung. 


Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung 

Bandung Jl. PH.H. Mustofa No.23 Bandung 40124 

Phone: +62 22 7272215, Fax +62 22 7202892 

Email: humas@itenas.ac.id 

Website :www.itenas.ac.id (main website official) 

www.pmb.itenas.ac.id (official Pendaftaran Mahasiswa Baru)



Sampai jumpa di postingan selanjutnya, 

Tian Lustiana

24 komentar

  1. aku udah mampir juga ke Itenas, luas pisan ya teh kampusnyaaa, suka banget perepustakaannyaaa

    BalasHapus
  2. ITENAS udah tenar dari dulu. Beberapa teman saya juga ada yang memilih kuliah di sini. Masih eksis sampai sekarang ternyata, ya. Muralnya bikin gemes. Cakep banget.

    BalasHapus
  3. Pas banget cibuka worjshop open campusnya di saat anak2 SMA/SMK lagi carikampus ya untuk melanjutkan kuliah. Banyak juga workshop yang diadakan jadi bisa ada ide buat mereka yang masihmencari jurusankuliahnya nanti

    BalasHapus
  4. Kece amaaatttt kampusnyaaaa 😍❤️💪 Fasilitas lengkaaappp dgn aneka jurusan yg paripurna.

    fix ini kampus recommended banget yhaaa

    BalasHapus
  5. Ini dari kemarin baca-baca tulisan tentang workshop di itenas kok seru amat sih. Seneng banget nih Mak yang bisa ikutan ya?

    Btw kampusnya asri dan bangunannya kece, cocok banget untuk belajar ya

    BalasHapus
  6. Kegiatannya seru sekali, ya, mak. Nggak cuma keliling-keliling lihat kampus tapi bisa ikut workshopnya juga. Sangat menarik. Apalagi tema workshopnya juga oke-oke banget.

    BalasHapus
  7. Dulu, cita - cita banget pengen kuliah di Bandung tapi karena satu dan lain hal memang nggak kesampaian. Btw, perpustakaan Itenas keren ya sudah punya koleksi versi digital :)

    BalasHapus
  8. Keren banget, ngadain open campus kaya gini tuh sangat pas dan tepat sasaran. Secara anak-anak yang mau lulus SMA/SMK lagi pada riset dan mencari-cari kampus idaman. Fasilitas kampus Kampus Itenas Bandung sangat mumpuni serta lengkap sekali.Definisi kampus impian ya Kampus Itenas Bandung.

    BalasHapus
  9. Seru nih acara open campusnya Itenas. Para calon maba bisa menjelajah berbagai program studi sesuai dengan passionnya yaah. Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ini seru banget kayanya, sekaligus belajar keteknikan dan sosial ekonomi. Lulusannya pasti visioner, dan kreatif. Cocok buat adekku nih yang visioner banget.

    BalasHapus
  10. fasilitas itenas kece banget deh. gambar muralnya itu bikinan adek2 mahasiswa jugakah mbak? molly pingin main2 ke perpusnya juga.

    BalasHapus
  11. WorkShop kaya gini tuh seru. Buat yang masih bingung mau kuliah di mana, jadi bisa dapat gambaran, mungkin milih jurusan apa dan di mana

    BalasHapus
  12. Sebuah pilihan untuk adik-adik sekolah menengah yang suka dengan teknologi nih bisa coba mendaftar di Itenas Bandung ya.

    BalasHapus
  13. Wah, ini bisa jadi salah satu referensi tempat kuliah buat anakku nanti nih. Walau anakku masih kelas 7, tapi sebaiknya memang diobrolkan dan direncanakan sejak dini, yaa...

    BalasHapus
  14. Bhuaa, asik pisan tuh prodi PWK, hobi poto2 bisa masuk kesini yaa, jadi ga berasa kuliah. Ah, senengnya sekarang liat Itenas jadi lebih minimalis banget, aplaagi banyak yang menarik tuh mural2nya jugaa. Bikin betah buat pepotoaan eehhh

    BalasHapus
  15. Aku suka kalau ada kampus yang mengadakan open campus seperti ini. Jadi calon mahasiswa bisa melihat langsung calon kampus dan menyesuaikan dengan kebutuhannya

    BalasHapus
  16. ini fakultasnya lumayan lengkap kalau menurutku ya mak, apalagi ada desainnya. Aku langsung tertuju sama desain produk, seru soalnya. Aku share ah nanti ke teman-temanku yang anaknya sebentar lagi akan lulus SMU.

    BalasHapus
  17. Kalau lihat kampus keren kayak gini..jadi niat kepingin kuliah lagi tuhh... Fasilitasnya lengkap teh..belum pernah juga aku lihat bagian dalam Itenas, bersih dan luas.. rekomen buat yg nerusin kuliah

    BalasHapus
  18. Wah keren ada Boulder
    Btw bisa main ke sana gak kalau umum?
    Maksudnya selama ini kan suka latihan di Jalan Pahlawan, di Sekolah Panjat Tebing Tedi Ixdiana. Nah kalau mau latihan manjat bisa dong nebeng di Itenas? Hehe...

    BalasHapus
  19. Hari-hari ini 2 ponakanku juga lagi nyari tempat kuliah. Sayang larinya ke Jogja semua.Coba minat ke Bandung, pasti aku rekomin di Itenas.

    BalasHapus
  20. Betul, Teh, salah satu cara supaya nggak salah pilih kampus dan jurusan adalah harus sering datang ke acara open campus, seperti yang diselenggarakan oleh Itenas kemarin ini, yaa...

    BalasHapus
  21. Sekolah itenas tidak hanya dapat ilmu tapi mengembangkan kreativitas dan sehat jasmaninya dengan adanya fasilitas olahraga

    BalasHapus
  22. Penataan wilayah kota itu sama kan ya dengan jurusan planologi? Aku suka banget tema workshop yang di usung fakultas teknik lingkungan. Related bgt sm aku yg suka merawat lingkungan

    BalasHapus
  23. Waa keren ya open rekruitmen kampusnya ada workshop yang berhubungan dengan program study, sehingga bayangan studynya makin utuh

    BalasHapus
  24. Memang betul bidang perencaan wilayah dan kota itu kerjanya dalam tim... Kalau timnya enak ya enak... Tapi males banget kalau timnya suka ngaret, lambat kerjanya, jago ngomong doang, dll *curcol* hihihi...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon