Senin, 19 Februari 2024

MUSTELA, Memahami, Melindungi dan Menjaga Kulit Bayi dari Iritasi kulit


Memiliki bayi paling seneng kalau sudah nguyel - nguyel yah, kulit bayi itu  halus banget dan juga memiliki aroma khas yang bikin candu. Rasanya ingin terus mencium dan menghirup aroma khas nya itu. 




Fakta tentang kulit bayi yang harus diketahui 


Namun ternyata kulit bayi yang halus dan harumnya bikin candu itu kulitnya sering banget iritasi. Ya, karena memang semua kulit bayi itu sensitif, jadi kulit bayi sangat mudah alami iritasi dan juga kemerahan karena kulitnya itu masih tipis, masih rapuh. Jadi kulitnya belum kuat menghadapi faktor dari luar, terutama untuk bayi yang berumur 0-2 tahun. 


Kulit bayi yang sangat tipis, rapuh dan sensitif ini menyebabkan kulitnya rawan terhadap ruam popok, biang keringat dan iritasi kulit lainnya. Bayi baru lahir pun kulitnya tampak kering sampai berusia 3 bulan an. Kulit bayi cenderung kering karena transpidermal water loss (TEWL) atau tingkat penguapan air di kulitnya tinggi. 




Jenis iritasi kulit pada bayi yang sering ditemukan, diantaranya:

  • Ruam Popok. Paling banyak terjadi pada kulit bayi, ruam popok disebabkan karena popok yang jarang diganti atau mungkin popok yang terlalu sempit ukurannya. Ruam popok biasa ditandai dengan adanya kemerahan pada nappy area. Bayi akan menjadi rewel dan juga tampak kesakitan, mungkin merasa gatal. 

  • Biang Keringat , disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat, menjadikan kulit muncul benjolan dan terasa gatal. Biang keringat biasa terjadi karena pakaian yang kurang nyaman, tidak menyerap keringat ketika udara panas. Biasanya muncul pada area lipatan tubuh bayi.

  • Kulit Kering. Kulit kering pada bayi biasanya disebabkan udara dingin dan kering, juga paparan matahari. Selain itu mungkin juga kebiasaan mandi yang terlalu lama, terlalu banyak menggunakan sabun atau kulit alergi terhadap suatu produk yang sebabkan iritasi dan kulit kering. 


Tahu nggak sih kalau ternyata kulit bayi itu memiliki banyak stem cell (sel punca). Stem cell itu adalah sel punca yang fungsinya meregenerasi kulit bayi. Stem cell banyak ditemukan pada bayi usia 0-2 tahun. Namun, sayangnya stem cell  ini akan cenderung berkurang, loh. Hal ini terjadi karena kulit bayi tidak terlindungi dengan baik. Jadi peer banget untuk kita sebagai orangtua untuk selalu menjaga dan melindungi kulit bayi, sehingga regenerasi kulitnya terjaga sampai kelak. Jadi, semua kulit bayi yang sensitif itu sangat butuh perlindungan . 



Ibrahim dan kulitnya yang sensitif

Permasalah yang dialami banyak bayi lainnya juga terjadi pada si bungsu yang sebentar lagi akan berusia 9 bulan. Kulitnya sangat sensitif jadi suka nampak kemerahan pada pipinya, pada badannya dan juga sering ruam di area nappy. 



Biang keringat dan juga ruam popok itu sudah menjadi permasalahan umum pada bayi yang sedang aktif, apalagi ini Ibrahim sedang aktif banget merangkak dan eksplor kesana kemari. Karena aktif banget jadi sering keringatan. Kalau sedang iritasi kulitnya, kasian banget karena rewel. Mungkin gatal dan perih, rewelnya sampai mengganggu jam tidur, duh jadi terganggu deh tidurnya. 


Selain bermasalah dengan biang keringat, Ibrahim juga sering banget kena ruam popok. Area nappy nya itu kemerahan dan membuatnya tidak nyaman. 



Karena dari neng Marwah ke Ibrahim itu jaraknya jauh, hampir 15 tahun jadi saya merasa blank lagi ilmu nya mengenai merawat kulit bayi. Jadi saya merasa harus banget upgrade ilmu yang berhubungan dengan permasalahan ini. Alhamdulillah, ada kawan yang ngajak datang ke acara talkshow Mustela di MB Fair Kota Kasablanka. Bahasannya pun pas banget dengan kondisi kulit Ibrahim sekarang, biang keringat dan ruam popok. 


Tema talkshow yang bagus ini, bukan hanya saya yang antusias namun banyak sekali para ibu dan ayah yang sedang berada di MB  Fair tertarik untuk upgrade ilmu juga di acara talkshow Mustela ini tentang “Mencegah dan mengatasi Ruam Popok”. 


Cuaca sekarang memang sedang galau, kadang panas eh tiba - tiba dingin. Jadi perubahan suhu ini yang membuat kulit bayi menjadi gampang biang keringat dan juga ruam popok. Apalagi kan bayi sekarang tuh hampir semua menggunakan diaper / popok sekali pakai. 




Tapi alhamdulillah, setelah ikutan talkshow Mustela di MB Fair ini saya jadi punya ilmu baru. Saya jadi paham tentang iritasi pada kulit bayi, masalah keringat berlebih saja bisa membuat bayi iritasi. 



Perawatan Ruam Popok pada Kulit Bayi


Ruam popok menjadi permasalahan umum yang sering terjadi pada kulit bayi. Kondisi kemerahan pada area nappy membuat bayi akan merasa tidak nyaman. 



Nah gimana nih cara mencegah dan juga mengatasi ruam popok? 

Berbekal dari talkshow Mustela di MB Fair , saya jadi paham nih tentang teknik ABCDE yang dipaparkan oleh dr. Dia Febrian, Sp.KK. 


Moms dapat mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi dengan Teknik ABCDE. Diantaranya adalah : 

  • Air (Udara). Berikan sirkulasi udara yang baik dan cukup di area nappy. Jika diperlukan sesekali atau beberapa saat bayi bebas tanpa diaper, agar kulit bayi pada area nappy ini bisa bernapas dan menerima sirkulasi udara dengan baik. 

  • Barrier. Apply barrier cream untuk melindungi area nappy dari urin dan juga feses. Ini berfungsi untuk mencegah dan juga mengatasi kemerahan pada area nappy. 

  • Cleansing, harus sering bersihkan area nappy  menggunakan air yang bersih, bisa juga menggunakan cleansing water yang bisa membersihkan area nappy. 

  • Dry Diaper, pilih popok atau diaper yang ukurannya sesuai, tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran. Juga pilih bahannya yang nyaman, lembut dan cocok untuk kulit bayi. 

  • Education. Harus sering dan rajin mengedukasi diri dalam merawat kulit bayi, salah satunya adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok. Ini bisa mengurangi terjadinya ruam popok pada bayi. 




Kulit bayi itu kan sensitif dan juga memiliki stem cell yang harus dijaga dan dilindungi. Jadi, tidak bisa menggunakan produk sembarangan. Harus menggunakan produk perawatan yang memang bisa menjaga dan melindungi kulit bayi. 



Produk Mustela yang bisa menjaga dan melindungi kulit bayi dari iritasi kulit (Biang keringat dan Ruam Popok) 


Beruntung saya bisa kenal dengan Mustela, brand skincare ibu dan bayi yang sudah ada sejak tahun 1950. Mustela memiliki pengalaman melindungi kulit, jadi tidak perlu diragukan lagi untuk merawat kulit bayi menggunakan Mustela. Mustela sudah melakukan penelitian terhadap bayi usia 0-2 tahun dan menghasilkan :


EVEILS : EValuation of the Early Infant Life: the Skin


Produk Mustela ternyata memiliki kandungan yang tidak dimiliki baby skincare lainnya loh, wah keren dong yah. Ya, keren banget. Produk Mustela mengandung Avocado Perseose yang berasal dari avocado organik dari Peru dan sudah dibudidayakan dengan baik. Kandungan Avocado Perseose ini sudah dipatenkan oleh Mustela, sehingga tidak dapat ditemukan pada brand baby skincare lainnya. 


For your information juga nih, bahwa struktur biomimetik dari Avocado Perseose ini sangat unik, loh. Karena serupa dengan kulit bayi. Jadi, bisa menjaga kekayaan stem cell kulit bayi. 


Ada tiga manfaat yang hanya dimiliki Avocado Perseose , diantaranya :  

  1. Melindungi serta menguatkan kulit bayi

  2. Membuat kulit bayi yang cenderung kering menjadi lembap

  3. Menjaga kekayaan stem cell atau sel punca, agar regenerasi kulit bayi terjaga hingga nanti. 



Ada tiga produk yang bisa digunakan untuk melindungi kulit Ibrahim dari iritasi kulit. Happy banget yah akhirnya menemukan produk yang bisa atasi permasalahan umum pada kulit bayi ini, diantaranya adalah : 

  1. No Rinse Cleansing Water 

  2. Barrier Cream 

  3. Cicastela Moisture Cream 


Buat saya ketiga produk ini andalan banget untuk atasi permasalahan kulit pada Ibrahim. 


  1. Mustela No Rinse Cleansing Water 

Ternyata, bayi punya micellar water juga. Wah keren yah, jadi bukan hanya ibunya yang menggunakan micellar water, namun bayi juga punya nih dari Mustela, No Rinse Cleansing Water yang bisa digunakan untuk membersihkan area wajah, badan dan juga area nappy.



No Rinse Cleansing Water ini bukan hanya membersihkan loh, namun juga melindungi dan menjaga kulit bayi, plus membuat kulitnya makin lembut. 

No Rinse Cleansing Water juga memiliki kandungan Avocado Perseose, aman karena bebas Paraben, SLS, alkohol dan kandungan bahan kimia berbahaya lainnya. Saya suka banget sama wanginya yang khas Mustela. Jadi ketika digunakan ke kulit bayi itu auto segar banget. No Rinse Cleansing Water  sangat aman digunakan dari bayi baru lahir sampai anak - anak. 


Tekstur No Rinse Cleansing Water  

Teksturnya sangat ringan, seperti air. Kandungannya mampu membersihkan kotoran dengan deep cleansing, tanpa merusak keseimbangan alami lapisan kulit bayi. Dan tidak perlu dibilas. Cocok banget nih dibawa kemana saja, jadi ketika mau membersihkan area nappy atau wajah, tinggal apply ke kapas dan oleskan deh ke kulit bayi, no rinse pula. 



Packaging No Rinse Cleansing Water 

Kemasannya botol pump 300ml, ada pengamannya jadi ketika dimainin sama bayi pun tetap aman. Kemasannya mudah banget lepas pengamannya langsung tekan deh. 



Cara menggunakan No Rinse Cleansing Water 

Cara pakainya sangat mudah. Tinggal tekan pum nya, bisa menggunakan tisu, kapas atau waslap. Tapi saya biasanya menggunakan kapas untuk membersihkan area wajah atau nappy area, supaya lebih bisa menjangkau lipatan pada area nappy. Kemudian langsung deh usap lembut pada area kulit bayi yang ingin dibersihkan. Ulangi sampai merasa sudah bersih. Ingat, tidak perlu dibilas ya!



2. Mustela Barrier Cream 

Untuk atasi ruam popok, setelah nappy area dibersihkan dengan air atau dengan No Rinse Cleansing Water , keringkan terus oleskan deh Barrier Cream Mustela nya. 



Kandungan utama Mustela Barrier Cream : 

  • Avocado Perseose yang bisa menguatkan kulit bayi yang masih rapuh. 

  • Oxeoline of Alcacea, berfungsi menenangkan kulit bayi yang kemerahan. 

  • Sunflower Oil Distillate, fungsinya memperbaiki lapisan pelindung (barrier) kulit yang rusak. 

  • Selain tiga kandungan alami utamanya yang hanya dimiliki Mustela, ada tambahan kandungan Zinc Oxide.



Mustela Barrier Cream ini merupakan krim ruam popok yang wajib digunakan setiap kali bayi ganti popok, untuk mencegah dan juga atasi ruam popok. Bebas alkohol, Paraben dan juga bahan kimia berbahaya lainnya. Sudah hipoalergenik, sudah teruji klinis dan dermatologis. Plus fragrance free. 


Tekstur Mustela Barrier Cream 

Mustela Barrier Cream memiliki tekstur yang tebal dan tidak gampang hilang, menjadikannya tidak mudah hilang oleh urin dan juga feses. Aman digunakan untuk segala jenis kulit, bahkan digunakan oleh bayi yang baru lahir sekalipun. 


Jadi ketika diaplikasikan akan susah nge blend dan akan nampak putih banget, ya karena memang harus begitu, untuk melindungi kulit bayi dari ruam popok. 


Kemasan Mustela Barrier Cream 

Kemasannya tube dengan pilihan ukuran 50ml dan 100ml. Jadi bisa disesuaikan mau kemasan yang mana. Kemasannya pun travel friendly. 


Cara menggunakan Mustela Barrier Cream 

Cara menggunakannya gampang kok. Setelah area nappy dibersihkan dengan benar menggunakan No Rinse Cleansing Water, keringkan kemudian gunakan Barrier Cream secukupnya, lalu oleskan deh pada area nappy sampai berbentuk lapisan putih. Jadi, lebih efektif melindungi kulit pada area nappy. 


Gunakan secara rutin, setiap kali mengganti popok bayi yah untuk mencegah dan mengatasi ruam popok. 


3. Mustela Cicastela Moisture Cream 

Mustela Cicastela Moisture Cream ini adalah krim yang diformulasikan untuk redakan iritasi kulit, seperti biang keringat, gigitan serangga atau bisa juga bekas cacar air. 


Mengandung 91% kombinasi bahan yang alami dan juga organic. Sangat aman digunakan bayi baru lahir dan juga untuk semua jenis kulit. Bebas SLS, Paraben, alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Kandungan utamanya : 

  • Avocado perseose yang melindungi serta menguatkan lapisan pelindung kulit.  

  • Hyaluronic Acid yang membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembaban pada kulit bayi.

  • Panthenol, melembabkan kulit dan juga menenangkan ketidaknyamanan pada kulit bayi. 


98% setuju loh kalau Mustela Cicastela ini bisa membantu memperbaiki ketidaknyamanan pada kulit bayi dengan efektif. Juga bisa mengembalikan lapisan kulit bayi yang rapuh dan membuat kulit bayi lebih sehat dan kenyal. Sudah teruji secara klinis, dermatologis dan hipoalergenik. Sehingga aman digunakan oleh bayi baru lahir. 


Tekstur Mustela Cicastela Moisture Cream 

Teksturnya ringan banget, cepat sekali meresap dan sama sekali tidak lengket. Jadi, ketika digunakan pada bayi pun langsung merasa nyaman. 


Packaging Mustela Cicastela Moisture Cream 

Kemasannya bentuk tube, ukuran 40ml. Travel friendly sehingga nyaman dibawa kapan dan kemana saja. 


Cara menggunakan Mustela Cicastela Moisture Cream 

Keluarkan Cicastela cream secukupnya, kemudian langsung oleskan pada area yang kemerahan atau area yang sedang bermasalah dan butuh dioleskan Mustela Cicastela ini. Oleskan secara rutin, bisa sehari dua kali. 



Beli dimana? 

Buat yang bermasalah kulit bayinya seperti Ibrahim, bisa langsung menggunakan ketiga produk Mustela ini dan langsung bisa dibeli secara online maupun offline. Langsung di official storenya yah, atau kalau beli offline bisa langsung ke reseller resmi Mustela. 


Review Pemakaian Ketiga Produk Mustela Pada Ibrahim 


Alhamdulillah setelah rutin menggunakan Barrier Cream pada area nappy, sekarang kemerahannya sudah hilang dan kulit Ibrahim menjadi lebih kenyal dan sehat. Sudah tidak rewel juga loh karena kulitnya terhindar dari ruam popok. 


Yang penting perhatikan metode ABCDE yah, dan gunakan produk yang tepat untuk merawat dan melindungi kulit bayi. Saya sih percayakan pada Mustela. 


Adakah yang pernah mencoba produk Mustela juga? Sharing yuk! 

31 komentar

  1. Alhamdulilah banget, buat urusan jaga kulit si kecil bisa lebih mudah karena ada Mustela ya. Ngga khawatir kulit bayi kena iritasi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya benar banget ini, karena anakku pun sampai sekrang masih pakai Mustela. Memang biasanya permasalah kulit anak tuh biasanya kulit kering. Jadilah andalan banget ini Mustela

      Hapus
  2. Favoritku si cleansing water dan cicastela benar-benar jadi andalan dan ngga boleh ketinggalan kalo kemana-mana

    BalasHapus
  3. Anakku dulu pernah ruam popok parah, dan dulu belum tahu produk mustela, bener2 nyesel dan merasa gagal jadi ibu karena ga belajar tentang kulit bayi terutama bayi baru lahir, mustela ini emang rekomen bgt buat masalah kulit bayi

    BalasHapus
  4. Tapi ya anakku yang SD saja masih pakai Mustela juga ini, karena memang waktu itu juga sedang bermasalah dengan kulitnya. Lalu waktu ke dokter diresepnya juga ada lotion Mustela. Memang bagus banget ini, karena anakku cocok dan sampai sekarang masih pakai juga.

    BalasHapus
  5. Anak-anakku dulu setiap diajak mudik, pasti kena biang keringat, soalnya di kampung halamanku tuh hawanya emang panas banget. Kalau dulu, paling dikasih bedak bayi aja.
    Wah sekarang sudah ada produk mustela buat mencegah ruam popok dan biang keringat pada bayi. Bagus juga nih buat kado kalau ada teman yang melahirkan

    BalasHapus
  6. kandungan avocado perseose yang ada dalam produk mustela bagus banget menjaga kekayaan stem cell si kecil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah gitu varian produk perawatan kulit si kecil dari Mustela juga beragam ya

      Hapus
  7. Kalau ga salah memahami, selain untuk ruam, menjaga skin barrier dsb, produk mustela juga bisa jadi P3K sementara saat kulit anak bentol karena digigit nyamuk, misalnya. Bener, ga? Karena bisa meredakan kulit kemerahan bayi juga.

    BalasHapus
  8. Dulu, bayinya anakku yang kedua, aku pakaikan cream di pipi dari Mustela. Tapi aku lupa, yang apa dulu. Udah lama banget, anaknya udah SD sekarang.
    Dan emang sebagus itu sih. Soalnya kulitnya anakku kan sensitif, cocok banget sama Mustela

    BalasHapus
  9. Wah jauh jaraknya ya Mbak, 15 tahun ada baby Ibrahim sejak neng Marwah...memang mesti upgrade ilmu yang berhubungan dengan permasalahan baby nih . Syukurnya kini banyak terbantu dengan produk berkualitas seperti Mustela ini

    BalasHapus
  10. Kulit bayi emang sensitif banget dan rawan kena ruam. Apalagi kalau kena ruam tuh bikin bayik riwiills. Ya emang ngga nyaman yaaa. Wah bisa nih nyoba Teknik ABCDE buat ngatasin ruam popok. Apalagi ada produk2 Mustela yang aman dan melindungi kulit bayi dari iritasi.

    BalasHapus
  11. Kulit bayi memang tipis dan sensitif ya teh, makanya rentan banget terkena ruam popok. Maka dari itu penting banget memilih perawatan bayi yang dapat melindungi kulit bayi. Seperti Mustela ini yang sudah ada kandungan Avocado Perseose nya ya teh

    BalasHapus
  12. Saaat anak2 bayi, saya belum pernah coba pakai mustela. Dengan review ini, bisa deh jadi pertimbangan untuk beli paket mustela untuk kado baby. Bayi memang rentan sekali dg namanya ruam yaaa.. Butuh produk yang berkualitas utk membantu mengatasi ruam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, harusnya tahu dari dulu ya kalo Mustela nih ampuh banget ngatasin ruam popok. Bener deh, jadi rekomendasi buat ngado bayi aja. Udah pasti aman dan berkualitas.

      Hapus
  13. Kulit bayi itu sensitif, sangat mudah alami iritasi dan juga kemerahan karena kulitnya itu masih tipis, masih rapuh. Untung ada Mustela yang bisa menjaga kesehatan kulit bayi, yaa ...

    BalasHapus
  14. Jadi pencerahan banget yaa, teh.. ikut acaranya, talkshownya, dan akhirnya jatuh cinta sama produk Mustela yang memang bikin kulit bayi sehat. Seneng liat senyum baby Ibrahim.

    BalasHapus
  15. Kulit bayi memang sensitif banget deh. Baru kemarin anakku kena biang keringat parah sampai pundaknya merah dan gatal-gatal. Ternyata ada mustela untuk mengatasi gatal karena biang keringat, ya.

    BalasHapus
  16. Mustela manjai banget ya kulit baby, sampai ruam dan biang keringat pun dihempaskan dengan produk andalannya. Anakku belum pernah nih pakai yang Cicastela

    BalasHapus
  17. Kulit bayi ini emang sensitif yaa, dikit-dikit merah. Jadi aku juga pastikan selalu sedia moisturizing cream sama barrier cream ini di rumah.

    BalasHapus
  18. Metode ABCDE itu memudahkan bersihin kulit bayi dan atasi iritasi ya. Jadi paham step by stepnya juga. Mustela andalan banget emang.

    BalasHapus
  19. Ruam popok, biang keringat dan kulit kering adalah momok bagi ibu jika si kecil terkena. Untung saja kini sudah ada produk Mustela yang praktis mengatasinya, melindungi kulit bayi dari iritasi macam2 ya. Mewek habis-habisan deh bayi kalau udah ga tahan gatal dan perihnya.

    BalasHapus
  20. Produknya Mustella ini memang tak perlu diragukan ya mba. Udah terbukti memang andalan buat kulit bayi yang tipis dan senistif. Kondisi kulitnya sama kayak anakku tuh dlu pas masih kecil mba

    BalasHapus
  21. Kulit bayi emang lebih sensitif ya
    Rentan kena ruam juga
    Makanya perlu produk perawatan bayi sebagus Mustela ini ya

    BalasHapus
  22. Ruam popok ini emang Pr banget untuk para ibu menghadapi kulit bayi yg benar2 masih sensitif. Aku baru dengar sih merk mustela ini dan menurutku dia keren banget ya inovasi produknya

    BalasHapus
  23. Ulalaaaaa jd kangen punya dan uyel2 bayiiii 😂😂😂 tapi memang sih, kulit bayi super duper ultra extra sensiiii beuds

    butuh produk yg bisa merawat kulit bayi secara paripurna yhaaa

    BalasHapus
  24. ih Mustelaaa....brand favoriiittt banget ini bayiku soalnya pakai untuk krim ruam popoknya, ampuh seampuh-ampuhnya.. sangat membantu ibu yang waktu nuborn kulit bayinya masih sering kemerahan.

    BalasHapus
  25. Praktis ya kalau ga perlu bilas lagi. Jadi saat lihat ruam anak, cukup dibersihkan saja dengan miscelar water-nya. Kalau dulu saya cuci dulu deh pakai air dan sabun. Ibu zaman old dan kudet dengan produk sepraktis ini.

    BalasHapus
  26. Kulit bayi ini mashaAllaa ya.. Bagi ibu baru semoga gak kaget dan langsung bisa menemukan produk sebagus Produk Mustela, yang merawat kulit bayi dengan rangkaiannya yang lengkap.

    BalasHapus
  27. Punya bayi itu memang harus pandai-pandai memilih produk yang pas agar bayi tetap sehat, nyaman dan tumbuh dengan baik. Ingat banget dulu anakku juga sempat iritasi. Sedih melihatnya rewel. Syukurlah ya sekarang ada Mustella, sahabat ibu dan bayi.

    BalasHapus
  28. anakku dulu juga sempat pakai Mustela ini mak. Apalagi kalau bayinya memiliki kasus kulit sensitif. perawatnnya sebaiknya juga hati2 dengan perawatan bayi yang dijamin aman dan nyaman untuk kulit anak

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon