Kamis, 23 Maret 2023

Investasi Properti untuk Pemula

Bismillahirrahmannirrahiim, 


Dimasa muda mencari duit, masa tua bahagia. Pernah nggak sih mendengar pernyataan seperti itu? Terlepas benar atau tidak, tepat atau tidaknya, namun jika dipikir lagi sih iya yah. Sewaktu muda marilah nyari uang sebanyak - banyaknya untuk bisa dinikmati kelak di masa tua. 


Investasi menjadi salah satu jalan ninja yang banyak dipakai untuk mencari cuan, namun gimana nih kalau newbie dalam berinvestasi, harus gimana? 



Investasi properti juga auto cuan, loh. Tentunya harus nyari yang aman. Untuk investor pemula, berhasil punya properti pertama itu suatu kebanggaan loh, iya kan? Gimana nih supaya bisa mencapai keberhasilan itu, ya harus atur strategi yang tepat. 


Bisnis properti itu apa sih? cara mengembangkan aset dengan membeli properti kemudian dijual lagi kemudian hari. Biasanya bisnis ini dilakukan secara perorangan namun ada juga yang mengatasnamakan perusahaan. 


Ini ada beberapa tips investasi properti yang aman untuk pemula, diantaranya adalah : 


✔Memilih lokasi yang tepat 

Lokasi harus banget ditentukan diawal nih sebelum benar - benar membeli rumah atau memulai bisnis properti. Cari yang lokasinya strategis, karena masalah lokasi juga sangat mempengaruhi harga jual properti. Cari yang lokasinya mudah dijangkau dan usahakan dekat dengan pusat keramaian, ini bisa menambah nilai jual yang tinggi. 


✔Menyiapkan dana 

Lokasi sudah oke nih, sekarang waktunya nyari dana. Siapkan dana yang menanggung semua biaya pokok dan juga biaya lainnya yang harus dibayarkan. Harus diingat bahwa biaya - biaya bukan nominal yang sedikit dan ini biasanya membuat para investor pemula agak - agak terkejut kaget. 


Biaya apa saja sih yang harus disiapkan? Ada biaya tanda jadi yang biasanya ditentukan pengembang, uang muka biasanya ditaksir 20% - 50% sesuai dengan ketentuan dari pihak Bank, angsuran yang harus disiapkan dan jangan lupa tentukan juga tenornya. 


✔ Cek harga pasaran 

Jangan terburu - buru ketika akan membeli properti, banyak sekali hal yang harus ditinjau dan dicek ulang sebelum memutuskan beli, salah satunya adalah harus cek harga pasaran yang sedang berlaku. 

Penting banget mengetahui harga pasaran yang akan dibeli, lakukan cek secara online atau bisa juga melakukan riset langsung. Supaya mendapatkan harga terbaik untuk invertasi propertinya. 


✔ Fasilitas yang oke 

Sudah cek harga pasar nih, cek juga fasilitas nya cek juga apa saja yang disediakan oleh pengembang. Fasilitas yang memadai itu bisa menjadi nilai plus dan meningkatkan harga jual properti, cek juga ketersediaan fasilitas internal dan eksternal. 


Fasilitas internal itu adalah tempat ibadah, arena untuk olahraga, area playground dan juga cek standar infrastruktur gerbang perumahannya. Kalau fasilitas eksternal itu yang ada di sekeliling area perumahannya, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan juga pusat perkantoran. Ini penting harus teman - teman perhatikan ya sebelum mulai melakukan investasi properti. 




✔ Lakukan promosi secara online 

Lakukan promosi secara online, oke banget ini untuk para pelaku bisnis properti pemula. Apalagi dengan adanya teknologi yang makin canggih yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. 


Promosi online bisa dilakukan membuat blog atau akun sosial media resmi yang memang diperuntukkan khusus bisnis yang sedang dijalankan. Berikan informasi yang lengkap terkait propertinya. Jangan lupa untuk berikan kontak yang jelas jadi ketika nanti ada calon konsumen tertarik dengan iklan itu bisa langsung menghubungi langsung. 


Ada juga loh melakukan bisnis properti yang tanpa modal loh, asik kan? 

Tanpa modal? Gimana caranya? Lakukan kerjasama dengan partner yang tepat. Kan banyak tuh pelaku usaha yang sudah memiliki banyak properti kemudian mencari partner untuk diajak kerjasama. Yang harus dilakukan ya cari nih partnernya, datangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang berlangsung, nanti akan menyimak apa saja yang ada dalam pameran itu, jadi kita ada gambaran nih bagaimana untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi. 


Dan masih banyak sih tips investasi properti bagi pemula auto cuan lainnya , mungkin teman - teman juga bisa menambah di kolom komentar yah. 


See you,


Tian lustiana 

1 komentar:

  1. Belakangan ini investasi jadi pilihan bisnis yang tepat, apalagi kalau inveestasi properti banyak banget keuntungan yang bisa didapatkan. Akan tetapi, agak sulit memang soal investasi banyak hal yang perlu diperhatikan apalagi untuk pertama kalinya. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.