Kamis, 19 Januari 2023

Top Up E-Wallet lewat Mobile Banking, Belanja Jadi Mudah!

Bismillahirrahmanirrahiim,

Manfaat mobile banking sangatlah banyak untuk kehidupan sehari-hari. Masyarakat di era digital pastinya sudah sangat akrab dengan platform keuangan digital. Mobile banking telah memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, salah satunya adalah top up e-wallet.




Mobile banking disediakan oleh lembaga keuangan menyesuaikan dengan kebutuhan transaksi di era digital. Di dalam mobile banking terdapat banyak layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Untuk mengaksesnya pun sangat mudah, cukup menggunakan smartphone yang terhubung jaringan internet dan sudah memiliki akun mobile banking

Manfaat Mobile Banking untuk Top Up

Mobile banking adalah platform keuangan digital yang menyediakan layanan keuangan berbasis internet. Berbagai layanan mobile banking, di antaranya transfer, bayar tagihan, hingga top up atau penambahan dana ke rekening. 

Dengan menggunakan manfaat mobile banking, Anda bisa melakukan top up pengisian saldo ke berbagai platform keuangan. Sumber dana yang ada di rekening bank milik Anda bisa disalurkan ke platform yang ingin Anda isi. Anda bisa top up ke e-wallet, pulsa, paket data, token listrik, hingga voucher game.


Photo : https://unsplash.com/photos/Xn5FbEM9564)


Apa itu E-Wallet?

E-wallet adalah sebuah layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dan riwayat dari berbagai transaksi pembayaran. E-wallet merupakan aplikasi transaksi keuangan yang ada pada smartphone atau bisa disebut sebagai dompet digital. 

Menggunakan e-wallet memungkinkan seseorang melakukan pembayaran secara cashless. Baik itu pembayaran makanan, tiket bioskop, beli produk fashion, dan masih banyak lagi. Kegunaan utama e-wallet adalah untuk menyimpan uang yang akan ditransfer ke rekening lainnya. 

Menggunakan e-wallet sangatlah aman dibanding menyimpan uang secara tunai. Pemakaian e-wallet mengharuskan memiliki password atau PIN, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Jika data tersebut bocor maka dompet digital Anda menjadi tidak aman.


Apa Saja E-Wallet yang Populer di Indonesia?

Jenis-jenis e-wallet atau dompet digital yang populer di Indonesia ada banyak macamnya. Ada lebih dari puluhan e-wallet di Indonesia, yang di antaranya sebagai berikut:

  1. GoPay 

GoPay merupakan salah satu aplikasi layanan keuangan di bawah naungan Gojek. GoPay ini berguna atau berfungsi untuk membayar transaksi transportasi dalam aplikasi Gojek, memesan makanan di Gofood, membeli pulsa, membayar jasa pengiriman, dan masih banyak lagi.

  1. ShopeePay 

Marketplace Shopee juga membuat e-wallet sendiri yaitu ShopeePay. E-wallet yang satu ini sangat populer dan berkembang pesat dibanding yang lain. ShopeePay berguna untuk membayar barang yang dibeli di Shopee, memesan makanan di Shopee Food, transaksi ke bank, dan masih banyak lagi.

  1. Dana

Dana merupakan dompet digital karya anak bangsa. E-wallet ini sudah terhubung dengan data kependudukan dan catatan sipil. Oleh karena itu, Dana menyediakan masa approval sangat cepat.

  1. OVO

OVO juga salah satu e-wallet yang populer di Indonesia. Sudah lebih dari 70% pengguna platform digital di Indonesia yang menggunakan OVO sebagai alat transaksi.

  1. LinkAja

E-wallet ini merupakan hasil gabungan perusahaan besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Pertamina, dan Himpunan Bank Milik Negara. Dompet digital ini memudahkan berbagai keperluan transaksi digital.


Manfaat Menggunakan E-Wallet

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan e-wallet. Berikut sejumlah keuntungan yang Anda dapatkan. 

  • Transaksi lebih mudah dan cepat. Transaksinya bisa dilakukan menggunakan kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone.

  • Penyimpanan uang lebih aman. E-wallet bisa digunakan untuk transaksi harian dan dijadikan tempat menyimpan uang, asalkan pengguna menjaga rahasia kode OTP atau password.

  • Menawarkan banyak promo. E-wallet dari bank yang Anda miliki pasti selalu menawarkan promo-promo untuk transaksi.

  • Terhindar dari uang palsu. Menggunakan e-wallet menjadi salah satu metode transaksi untuk menghindari uang palsu. E-wallet memiliki keamanan yang sangat baik.

  • Dapat mencatat riwayat transaksi. Setiap transaksi akan tersimpan di riwayat dalam aplikasinya. Jadi memudahkan penggunanya dalam pencatatan atau melacak pengeluaran dan pemasukan. 

Bagaimana Cara Top Up E-Wallet lewat M-Banking?


Photo : https://unsplash.com/@jonasleupe


Cara top up e-wallet lewat mobile banking sangatlah mudah. Mobile banking dari setiap bank mempunyai prosedur masing-masing yang berbeda. Namun secara umum langkah-langkahnya mirip. 

Untuk bisa mengakses mobile banking, pastikan Anda sudah memiliki rekening dan mengaktifkan akun di aplikasinya. Jika sudah punya akun, Anda tinggal login ke aplikasinya. Setelah masuk ke laman beranda aplikasi, silakan pilih menu e-wallet atau m-transfer. Setelah itu pilih platform tujuan pengisian saldo. Selanjutnya Anda akan diminta memasukan nominal top up. Kemudian Anda melakukan proses top up yang berlangsung sangat cepat. Jika berhasil Anda akan mendapat notifikasi di aplikasinya bahwa top up Anda berhasil. 

Mobile Banking PermataMobile X

Salah satu platform mobile banking yang menyediakan layanan top up e-wallet adalah PermataMobile X. Aplikasi keuangan yang disediakan oleh PermataBank ini bisa Anda manfaatkan untuk top up berbagai tujuan pengisian saldo, mulai dari top up e-wallet, pulsa, paket data, token listrik, voucher game, dan sebagainya. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna Apple. 

PermataMobile X menawarkan berbagai layanan dan memberikan berbagai kelebihan bagi penggunanya. Aplikasi ini juga memprioritaskan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Desain dan sistem aplikasi yang dihadirkan pun sangat mumpuni serta memudahkan transaksi keuangan.

Ada ratusan fitur yang disediakan dalam aplikasi ini, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, di antaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan masih banyak lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran, penggunaan, dan berbagai layanan PermataMobile X Bisa teman - teman baca melalui laman websitenya : https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.


See you,

Tian Lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon