Babakan Siliwangi, Hutan di Tengah Kota

Bismillahirrahmanirrahiim, 

Semenjak neng Marwah masuk anggota Pasus di Sekolahnya, mungkin sering camping dan hiking jadi kalau jalan - jalan tuh inginnya ke kawasan ruang terbuka hijau. Meski tetap mau saja sih kalau saya ajak nge mall, hehe. 

Sebenarnya bukan hanya neng Marwah, saya pun lebih menyukai jalan - jalan ke ruang terbuka hijau, bisa menghirup udara segar dengan pemandangan yang indah. Tapi memang terasa banget yah kalau jalan - jalan ke daerah yang ruang terbuka dan hijau gitu bikin bahagia, napas tuh terasa lega banget. Memang area seperti itu memberikan dampak yang lebih sehat untuk manusia. 



Tapi kasian ya kalau stay di kota besar, pasti susah mendapatkan ruang terbuka seperti itu. Eits, jangan salah nih. Alhamdulillah di Bandung punya tempat wisata ruang terbuka, Babakan Siliwangi Bandung yang bisa dijadikan tempat yang tepat untuk yang rindu udara segar dan sejuk khas hutan, rindu melihat pohon yang asri dan suara kicauan burung. Ah pokoknya indah dan menenangkan hati. 



Babakan Siliwangi, Jembatan Gantung di Hutan 

Babakan Siliwangi ini sudah ada di Bandung sejak Januari 2018. Memang sih, di Bandung sekarang banyak taman - taman kota nan asri yang siap memenuhi kebutuhan sehat para warga Bandung. Keberadaan Babakan Siliwangi sebagai salah satu taman kota terbuka hijau membuat Baksil ini menjadi paru - paru kota dan area wisata alam yang paling diminati. 

Awal tahun kemarin saya mengajak neng Marwah untuk mengunjungi Baksil. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya kesini, pernah tahun 2018 pas awal dibuka saya kesini bersama Marwah juga. Setelah beberapa tahun akhirnya saya bisa kembali lagi kesini. Susana masih sama, masih bersih dan juga asri, sejuknya masih terasa. Hanya saja pas kemarin kesini nggak ada tukang cuanki, hehe. Mungkin datangnya siang. 



Marwah selalu bahagia dibawa kesini, tidak nampak capek mengelilingi Babakan Siliwangi ini. Karena memang Babakan Siliwangi ini menyuguhkan pemandangan indah dan udara yang sejuk. Babakan Siliwangi ini punya luas sampai 4 hektar, luas sekali ya? 

Sepanjang jalan mengelilingi Babakan Siliwangi ini forest walk yang dibawahnya itu hutan Baksil yang masih hijau. Dan yang bikin beda nih, Baksil ini tuh hutan tapi kita masih dengar dan bisa melihat kendaraan lalu lalang, padahal kan biasanya hutan itu pinggirannya ya pegunungan, iya kan? 



Forest walk ini adalah jembatan gantung yang sengaja dibangun, tujuannya supaya hutan yang ada dibawahnya ini nggak rusak meskipun banyak dikunjungi wisatawan banyak. Kita harus berjalan mengelilingi forest walk ini yang panjangnya 2.3km dan tingginya itu 2 meter dari permukaan tanah dengan lebar jembatan sekitar 1.5meter. Kabarnya, forest walk ini adalah jembatan gantung yang terpanjang di Asia Tenggara. 



Marwah sangat senang berjalan disini, karena forest walk ini tuh berkelok - kelok dan ada juga yang tiba - tiba tengah - tengah jembatan ini ada pohon. Ya memang si forest walk ini dibuat berkelok karena mengikuti pohon yang ada, jadi tidak merusak ekosistem pohon yang ada. Jadi misalnya ada pohon yang batangnya kecil sekiranya di lintasan jalur forest walk ini maka akan dibuatkan lubang jadi nanti ketika pohon itu besar bisa tetap tumbuh. Jembatan ini pun dibuat sesuai dengan kontur tanah jadi ada yang naik dan turun. 



Setelah lelah berkeliling , lelah dan saatnya bersantai sejenak. Kalau bekal makanan dari rumah kan bisa nih makan disini, tapi ingat kalau makan disini jangan buang sampah sembarangan yah. Kursinya permanen dan dibuat berundak, jadi pas banget kalau bawa makanan karena ada mejanya juga. 

Penasaran kan?

Sok mangga datang langsung saja ke Babakan Siliwangi yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburan murah dan menyenangkan serta bikin sehat. 

Tiketnya berapa? GRATIS

Alamat Babakan Siliwangi :  Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132  


See you,

Tian lustiana

23 komentar

  1. Owh aku pernah ke Babakan Siliwangi. Sekitar 2018-2019 waktu itu menginap di kawasan cium apa itu, hahaha ribet nulisnya trus jalan kaki sampai sini. Rameee saat weekend tapi udara tetap segar, enak deh jalan kaki keliling. Kalau bawa anak balita enakan pakai stroller atau push bike supaya ga pegel gendong.

    BalasHapus
  2. Aku sedih banget karena di Cikarang gak ada hutan kota. Ruang terbuka hijau si ada, tapi gak se-asri kaya hutan kota gitu. Kalau di Bandung enak. Hutan Kota Babakan Siliwangi atau bisa ke Lembang.

    BalasHapus
  3. Daerah Bandung memang terkenal dengan tata kota yang banyak sekali taman hijau untuk bersantai atau sekedar rehat dari keramaian kota. Salah satunya Babakan Siliwangi ini, seperti kebun raya ya bund, keliatan dari foto nya sih ini tempat asri banget ya bund.

    BalasHapus
  4. Keren sekarang ya Babakan Siliwangi. Jaman kecil kecil dulu lari lari gak karuan kalau main di rawa atau hutan kota takut ada binatang macam lintah. Sekarang ada jembatan bersih bikin jalan nyaman dan aman.
    Jalan dari ujung ke ujung langsung jajan jajananan khas Bandung, mantap...

    BalasHapus
  5. wiii masya Allah sepeninggal tahun 2018 ini Bandung jadi cakeeeup amat yak haha. Dulu ini tempat aku parkir motor deh karena ngga jauh dari situ ada area berenang. Seru banget ada ruang terbuka hijau kayak gini ya di Babakan Siliwangi

    BalasHapus
  6. aku salfok sama foto yang bertuliskan "Akankan kita nanti berebutan oksigen" aduh jangan sampai ya kita berebutan oksigen.Ini aku melihat jembatannya jadi mengingatkanku sama Penang Hills modelannya mirip.

    BalasHapus
  7. Untung saja ikut edisi BW kali ini, jadi tahu ada tempat menyejukkan di Bandung.

    Tos, dong, aku juga begitu, hijau selalu saja sukses buatku terpukau!

    Babakan Siliwangi, I'm coming!

    BalasHapus
  8. Aiiih segeranya Teh lihat hutan hijau begini di tengah kota 😍
    Aku penasaran ih, kalau seumpama ada pohon yg rubuh terus jembatan gantungnya gimana ya?

    BalasHapus
  9. Belum kesampaian nih main ke hutan wisata ini segar banget ya udaranya Mbak, mata juga segar lihat yang hijau-hijau semoga selalu terjaga keindahannya ya

    BalasHapus
  10. Menarik nih jalan kaki di Forest walk Babakan Siliwangi, lingkungannya hijau padahal di tengah kota ya. Salut juga untuk pengelolanya, dalam membangun forest walk juga memperhatikan kemungkinan tumbuhnya tanaman di sekelilingnya

    BalasHapus
  11. fix sih aku mau ajakin anakku ke Babakan Siliwangi hutan yang ada di tengah kota supaya dia bisa merasakan hal yang menarik melihat keasrian hutan di tengah kota

    BalasHapus
  12. Saya lupa tahun berapa ke Baksil. Langsung suka dengan suasananya. Sampai mikir kalau aja tinggal di Bandung kayaknya minimal 1-2x bakal ke Baksil tiap bulan.

    Gak berasa kayak lagi di kota Bandung kalau udah di dalam. Padahal itu di pinggir jalan ramai, ya

    BalasHapus
  13. Babakan Siliwangi, aku pernah kesini
    Pas jalan jalan ke Bandung
    Seru emang tempatnya
    Sejuk
    Meski di tengah kota

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke Babakan Siliwangi dan penasaran buat ke sana. Habisnya ada jembatan yang tidak merusak ekosistem pohon. Alam bagus, kitanya juga bisa menikmati pemandangan

    BalasHapus
  15. kawasannya asri banget ya ini Babakan Siliwangi. sering denger tentang tempat ini tapi belum main sampai ke sini huhuhu

    BalasHapus
  16. Taman Babakan Siliwangi ini bersiih..
    MashaAllah~

    Dan semoga selalu terjaga kebersihannya juga fasilitasnya yang bagus untuk hangout anak muda sehat. Jangan dipake yang aneh-aneh, hehhee..

    Bandung memang warganya penuh dengan kebahagiaan karena banyaknya ruang publik yang dekat dengan alam seperti Taman Babakan Siliwangi.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah sudah pernah mlipir kesini jalan jalan pagi sama suami ketika memginap di Bandung. Kebetulan sekalian mengenang masa2 suami kuliah disana...cakep ya maak tempatnya

    BalasHapus
  18. Cakep banget ya forest walk di Babakan Siliwangi, jadi mupeng juga keliling tempat ini. Hutan tapi ada di kota, pasti menarik jadi destinasi wisata, apalagi gratis euy, temenin ya kalo ke Bandung, hihihi

    BalasHapus
  19. Super duper sukaaaa ama Banduuungg😍
    karena spot wisata bejibuunn dan bisa ngasih banyak pilihan ya.
    Mupeng cuss ke BDG 😍🙏

    BalasHapus
  20. Terakhir ke Baksil ini tahun 2021 gitu ya. Saya lupa. Emang enak buat ngadem nih jalan-jalan ke Babakan Siliwangi. Anakku nih Teh dia mah anteng jalan-jalan di jembatannya, berasa panjang banget katanya.

    BalasHapus
  21. Wah asyik lokasinya nih, mana gratis pula. Anak2 kalau diajak ke sana pasti bisa lega menikmati alam dan outdoor yang lega. Ini tuh jatuhnya hutan kota berarti ya mbak?
    Wah tukang cuankinya ke mana tu? Mungkin lagi gak dinas? hehe
    Kyknya kalau bawa bekel sendiri emang lbh enak sih ya gak bingung nyari makan :D
    Semoga kalau ke Bandung bisa nih ke sana juga.

    BalasHapus
  22. Harus ke sini nih misal ada rejeki bisa jalan-jalan ke Bandung. Asri banget gitu yaa... kita bisa menikmati kesegaran udara plus pemandangan hijau yang menenangkan.

    BalasHapus
  23. Ah asyik banget ini bisa main Ke BakSil. Udah lama deh aku gak main ke sana. Palingan cuma lewat-lewat aja. Dulu zaman kuliah sering banget ke sana. Tempat kuliah lapangan paling deket. Kepengen deh ajak anak-anak ke sana lagi. Terakhir ke sana waktu sebelom pandemi. :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon