Jumat, 30 September 2022

Pertimbangan Beli Ikan Segar atau Ikan Beku

Bismillahirahmanirrahim, 

 

Apakah ikan segar lebih baik dari ikan beku? Atau beli ikan beku lebih menguntungkan dari ikan segar? Banyak orang menganggap bahwa ikan beku memiliki kualitas di bawah ikan segar. Tapi ternyata, anggapan mengenai kualitas ikan itu tidak sepenuhnya benar.




Secara umum, tidak ada perbedaan nutrisi yang signifikan antara ikan segar dan ikan beku. Namun, bukan berarti Anda bisa membeli ikan secara asal. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli ikan segar atau ikan beku.

 

Pertimbangan Beli Ikan Segar atau Ikan Beku


Sebagai pembeli, tentu saja Anda menginginkan ikan dengan kualitas terbaik. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk beli ikan segar atau ikan beku terbaik:


1. Pilih Ikan Segar Jika Langsung Diproses

Sebelum membeli ikan, pastikan Anda sudah tahu kapan akan memproses ikan tersebut. Jika Anda berencana untuk memprosesnya pada hari yang sama, membeli ikan segar tentu saja lebih baik.




Umumnya, ikan segar direkomendasikan untuk diproses. Atau Anda bisa menyimpannya dalam kulkas maksimal hingga 24 jam sejak pembelian. Dengan begitu, ikan bisa cukup terjaga sampai waktu pemrosesan.

Selain itu, ikan segar juga cenderung lebih cepat disiapkan. Karena Anda tidak perlu mencairkan ikan terlebih dahulu.


2. Pilih Ikan Beku Jika Tidak Langsung Diproses

Namun, jika Anda belum tahu kapan akan memasak ikan, beli ikan beku akan lebih baik. Membeli ikan beku lebih direkomendasikan dibandingkan membekukan ikan segar. Membekukan ikan segar juga tidak menjamin ikan akan lebih awet. Khususnya jika proses penyimpanan dan pembekuan tidak sempurna.


Umumnya, ikan yang dijual beku atau frozen diproses secara khusus. Misalnya dengan proses pembekuan cepat dan dengan teknologi glazing. Sehingga, ikan menjadi lebih awet dan nutrisinya tetap terjaga.


3. Harga Ikan Segar Lebih Murah

Biasanya, ikan segar dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Khususnya jika Anda memilih ikan yang berasal dari perairan lokal. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan ciri fisik ikan segar. Mulai dari warna, aroma, dan teksturnya.


Akan tetapi, ikan beku lebih mudah didapatkan dan lebih beragam pilihannya. Anda bahkan bisa membeli berbagai jenis ikan impor yang jarang ada di perairan lokal. Jika Anda memiliki bisnis kuliner, ikan beku bisa menjadi pilihan yang lebih baik.


4. Tekstur dan Rasa Daging

Ikan segar merupakan ikan yang diambil langsung dari nelayan dan belum mengalami proses pengawetan atau pengolahan. Sehingga, secara tekstur lebih sempurna. Bagi banyak orang, ikan segar juga memiliki rasa yang lebih enak.


Meski begitu, beberapa masakan tidak harus dibuat menggunakan ikan segar. Sebagai contoh, olahan ikan goreng, bakso ikan, atau fish and chips. Olahan tersebut bisa dibuat dengan ikan segar atau ikan beku dan tidak akan mengubah rasanya.

 


Beli Ikan Segar dan Beku Sesuai Kebutuhan

Baik ikan segar ataupun ikan beku tentu saja memiliki kelebihannya masing-masing. Pastikan Anda memilih ikan sesuai dengan kebutuhan dan kreasi masakan yang ingin Anda buat. Salah satu tempat beli ikan terlengkap yang bisa diandalkan adalah Sayurbox.


Setiap ikan yang ada di Sayurbox didapatkan langsung dari nelayan dan dikirim secara aman sehingga kualitasnya tetap terjaga. Sayurbox juga menyediakan berbagai jenis ikan dan seafood dari perairan lokal maupun impor.






Tertarik untuk memasak ikan sekarang? Temukan dan beli ikan segar atau ikan beku favorit Anda di aplikasi Sayurbox atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US


Selamat berbelanja.



See you, 


Tian lustiana 

2 komentar

  1. Karena tinggal di daerah, di sini nggak ada supermarket jadi beli ikan ya di pasar dan selalu ikan segar :D

    BalasHapus
  2. Aku udah beberapa kali beli ikan dari sayurbox, so far puas sih mba. Paling sering ikan beku sih, kayak dori. Dan tetep enak rasanya. Apalagi pas diantar, packagingnya aman, dan pake ice gel. Jadi ga kuatir busuk atau rusak 👍

    Ini sejak awal pandemi, sampe skr aku JD ga pengen belanja ke pasar lagi, selalu online bahkan utk beli barang2 kebutuhan dapur 😄. Malah lebih enak dan praktis .

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon