Rabu, 08 Juni 2022

Penting Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

Bismillahirrahmanirrahim, 


Penting enggak sih financial check up dulu sebelum melakukan investasi? 

Yes, penting loh. jadi bukan cuman medical check up, keuangan pun harus di cek, apakah sehat atau tidak. Harus di cek secara berkala, biar ketahuan kondisinya. 


Pengecekan kondisi keuangan ini dilakukan supaya kita care sama kondisi finansial kita yang mungkin saja selama ini diabaikan. Risiko masalah keuangan itu suka muncul tiba - tiba loh kalau tidak kita cek secara berkala. 




Namun, jika kita sering dan rajin melakukan pengecekan keuangan, kita bisa memperkirakan masalah yang bisa datang dan mengancam kondisi keuangan. So, kita bisa segera membuat perencanaan dan tindakan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah keuangan, iya kan? 


Percuma gaji besar pun , karena bukan berarti kita bebas dari risiko munculnya masalah kondisi keuangan. Gaji besar namun jika tidak baik kelola keuangan, ya bisa saja terjadi ancaman keuangan yang membuat masalah. 


Jadi, yuk mulai deh lakukan financial check up, bisa dengan mulai catat semua yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Banyak hal sih yang bisa kita ketahui, misal jumlah aset yang kita miliki, apakah ada hutang yang harus segera kita lunas. Terus ke arah mana nih pergerakan arus keuangan yang berjalan ketika melakukan financial check up itu. 


So happy nih karena FWD Insurance sharing alasan - alasan supaya kita bisa membuat financial check up. Penasaran kan apa saja itu? 




Ketahui semua penghasilan dan juga pengeluaran 

Kadang suka merasa bingung ga sih kok banyak banget ya pengeluaran setiap bulannya. Mungkin juga pernah merasakan besar pasak daripada tiang? Pokoknya kalau gajian selalu bikin sakit kepala, uhuhu. 


Itu bisa terjadi karena tidak pernah memeriksa kondisi keuangan, ya financial check up tuh penting banget untuk merekap ulang semua pengeluaran dan pemasukan secara rutin. Jadi kalau rajin melakukan financial check up, kita akan tahu pengeluaran rutin itu apa saja. Jadi, bisa diatur nih bagaimana caranya supaya pengeluaran tidak lebih dari pemasukan. 


Handal dalam mengendalikan keuangan 

Karena kita jadi tahu kan semua pengeluaran rutin dan pemasukan, jadi bisa dikendalikan. Jadinya mudah memperkirakan pengeluaran yang rutin. So, kita bisa menjadi pengendali keuangan yang handal. 


Dengan financial check up ini ketahuan, jika pengeluarannya over maka langsung bisa kita kendalikan kondisi keuangannya. Langsung bisa mencari jalan keluar. Bisa kita hilangkan pengeluaran yang kurang penting agar kondisi keuangan tetap stabil. 


Lumayan loh pengurangan pengeluaran bisa berimbas oke pada keuangan kita, surplus nya bisa kita gunakan pada hal yang lebih penting, bisa juga kita masukkan ke tabungan kelebihan keuangannya itu atau mungkin bisa kita investasikan. 


Rencanakan kehidupan lebih baik di masa depan 

Kalau sudah kita ketahui jumlah penghasilan dan pengeluaran, jadinya kita bisa dengan mudahnya mengontrol keuangan. Jada ada gambaran nih seberapa besar kita mampu kelola keuangan untuk bisa sisihkan tabungan dan investasi guna masa depan cemerlang. 


Ya, karena dengan rutin melakukan financial check kita bisa mempersiapkan kemampuan financial dimasa depan. Penting banget nih bahwa siklus keluar masuk kekayaan yag dimiliki akan membuat kita bisa memikirkan impian apa yang akan kita lakukan. 


Kita bisa rencanakan masa depan dengan memiliki perlindungan ketika alami risiko kelak di kemudian hari. Perlindungan dalam bentuk asuransi kesehatan nih dari FWD Insurance, yakni FWD Critical First Protection. Adalah produk yang punya solusi perlindungan yang mudah dipahami dan juga terjangkau preminya. Juga mudah di klaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik itu yang disebabkan penyakit ataupun kecelakaan. 


Untuk yang tidak pernah ajukan klaim, jangan khawatir karena uang premi akan kembali 100% pada akhir masa asuransi. 

FWD Insurance sekarang sedang ada promo gajian, so jangan sampai ketinggalan ya gaes, ada diskon 30% untuk setiap pembelian premi tahunan pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana & Bebas Aksi, hingga periode 31 Mei 2022. Untuk informasi lanjutnya teman - teman bisa langsung berkunjung www.fwd.co.id


Oke ga nih? OKe dong masa enggak, Jadi ingat yah selalu lakukan financial check up untuk memeriksa kondisi keuangan. Kalau kurang pede melakukannya sendiri, langsung saja cari profesional yang bisa membantu yah. Jangan tunda yah, jangan sampai kondisi keuangannya sakit parah! 




22 komentar

  1. Bener banget seringnya itu kita ga tahu ke mana jalannya uang, jadi penting banget buat memeriksa keuangan. Ga hanya untuk menyeimbangkan pengeluaran dan penghasilan, tetapi juga untuk planning kedepannya. Terima kasih reviewnya!

    BalasHapus
  2. Wah bener juga ya, harus cek dulu kesehatan keuangan kita sebelum investasi. Duh aku hampir tidak pernah cek kesehatan keuangan, mencatat pemasukan pengeluaran rutin aja kadang suka males. Harus disiplin nih mulai sekarang rutin cek kesehatan keuangan.

    BalasHapus
  3. Bener banget ya Teh Tian memang perlu direncanakan keuangan di masa depan, selain itu penting juga punya asuransi kesehatan buat jaga-jaga nanti.

    BalasHapus
  4. Meski bukan pegawai kantiriatau bisnis women yang punya uang tidak terhingga, pengecekan financial keuangan selalu saya lakukan juga lho. Selain ingin mengetahui sejauh mana saya bisa memanage keuangan, pun ingin memastikan apakah saya punya utang? Hehehe...

    BalasHapus
  5. Bener, percuma kalau gaji banyak tapi ngga bisa melakukan financial check up. Bikin boncos juga sih. Untung FWD Insurance kasih tips oke nih. Bisa dicoba.

    BalasHapus
  6. Betul banget mbak, kadang kalau saya ngecek keuangan di akhir bulan sering bandet ngeluh wkwkwk...kok bisa habis segini, MAkanya penting banget urusan mencatat keuangan masuk dan keluar

    BalasHapus
  7. Seperti untuk kesehatan, check up akan bisa memperkirakan masalah yang akan timbul nanti ya Mbak. Kalau sudah tahu kondisinya bisa dilanjutkan dengan tindakan pencegahan atau pengobatan. Begitu juga dalam soal finansial ya, dengan check up kita akan tahu di mana kekurangannya. Di mana yang perlu ditambal dan dihentikan pengeluarannya. Di mana pula yang harus ditambah. Kemarin-kemarin sudah banyak aplikasi mengenai finansial semoga suatu saat ada pula aplikasi untuk financial check up ini

    BalasHapus
  8. Jadi kuharus melakukan financial check up dulu sebelum investasi ya. Oke. Catet-catet emang kunci sih. Jadi tahu duitnya gimana, berapa. Jangan-jangan selama ini bocor

    BalasHapus
  9. Penting banget financial check up, apalagi buat ibu2 rumah tangga yaa bund. Harus sering2 cek keuangan biar keuangan lancar jaya teruuus. Hihi

    BalasHapus
  10. Keadaan keuangan seperti juga kesehatan fisik dan mental kita ya, perlu dicek secara berkala, sehat atau tidak.

    BalasHapus
  11. Wah iya, sebelum berinvestasi ada baiknya kita melakukan financial check up ya mbak
    Biar pas nantinya

    BalasHapus
  12. iya kadang orang dah keburu pengen bangetttttt investasi padahal duit yang dipake bahaya2 gitu pinjem dll. padahal kudunya uang tidak dipakai gitu untuk investasi apalagi saham jangka waktu lama soale

    BalasHapus
  13. Dulu aku sering diingetin temen untuk senantiasa finansial check up, teh.. Salah satu pentingnya agar tau pemasukan dan pengeluaran kita secara pasti.
    Sehingga menetapkan goals keuangan pun lebih mantap.

    Dengan FWD Insurance, kita bisa memulai dari memiliki impian keuangan untuk masa depan.

    BalasHapus
  14. Tak hanya tubuh manusia ya yang di cek up tapi keuangan kita wajib di cek up sering sering supaya meminimalisir kebocoran.

    Kebocoran dana rumah tangga biasanya berasal dari kepnginan memiliki sesuatu dimana barang tsb tidak begutu kita butuhkan.

    Memang ya oentjng vek keuangan kita.

    BalasHapus
  15. Bukan cuma kesehatan secara fisik dan mental saja ya Mbak yang perlu di-check up. Tapi kesehatan keuangan juga perlu diperiksa supaya ketahuan di mana salahnya sehingga selama ini kok kayak merana melulu setiap jelang akhir bulan. Haha.

    BalasHapus
  16. Setuju kalau gaji besar dan pengeluaran juga sama besarnya ya sami mawon hehe.
    Mestinya gaji besar pengeluaran diketatin atau kalau susah ya gajinya aja yang digedein dengan nyari tambahan job misalnya :D
    Sebelum invest emang sebaiknya memastikan kondisi keuangan aman dan invest pakai dana adem ya mbak :D
    FWD sering bikin acara2 ngobrolin keuangan ya?

    BalasHapus
  17. Nah bener ini harus aktif untuk melakukan riset sebelum berinvestasi. Kredibilitas perusahaan juga harus diperhitungkan ya mbak. Jangan sampai hanya tergiur keuntungan tapi melewatkan resiko

    BalasHapus
  18. Setuju banget nih kudu cek kesehatan keuangan keluarga ya jangan investasi dulu kalau masih ada hutang atau tanggungan wajib lainnya, jangan berinvestasi dengan dana untuk kebutuhan pokok keluarga harus uang dingin

    BalasHapus
  19. Hihi iya ini, kita sering lupa buat check up kondisi finansial sebelum memutuskan ambil keputusan finansial lainnya, padahal penting banget ya. Apalagi yang keburu-buru investasi, kadang mau untung malah jadi buntung karena nggak cermat dan bukan pakai uang lepas melainkan uang keluarga, huhu

    BalasHapus
  20. Makasih banyak loh Mba Tian, jadi catatan tersendiri untuk saya terkait dengan financial chek up ini. Biar makin terkendali ya segala macam pengeluaran yang bisa jadi seharusnya masih bisa kita tabung untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

    BalasHapus
  21. Waduh jadi ngeri nih. Gaji besar aja kalau ga bijak dalam mengelola keuangan atau ga pernah melakukan financial cek up bisa berabe. Apalagi yang gaji kecil. Ini beneran kalau ga terpakai preminya 100% kembali? Wah mantap

    BalasHapus
  22. Aku mulai investasi di aplikasi investasi dari nominal 100 ribu. Belum keliatan banget hasilnya, malah seringnya keliatan turun terus. It's ok, jadi pengalaman aja.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon