Senin, 27 Juni 2022

Membuat Itinerary dengan Canva Pro

Bismillahirrahmanirrahim,

Traveling, duh paling happy banget kalau sudah mau traveling. Banyak hal yang dipersiapkan jelang traveling, salah satunya adalah menyusun itinerary. Saya masih ingat jelas, pertama kali mau jalan - jalan ke Kuala Lumpur itu dari jauh - jauh hari kami sudah mempersiapkan itinerary. Karena kami jalan - jalan tidak menggunakan agen tour, jadi semuanya harus dipersiapkan sedemikian rupa.


Dengan adanya itinerary, jadinya bisa menyusun secara detail perjalanan. Yah, buat saya dan teman - teman tuh biar waktu cuti kami itu tidak sia - sia jadi memang harus kami rinci mau kemana saja selama di Kuala Lumpur.




Membuat itinerary dari jauh - jauh hari itu bisa memberikan gambaran biaya juga loh, jadi bisa mempersiapkan bekal untuk jalan - jalan. So, pas jalan - jalan dipastikan tidak kehabisan bekal, hehe.


Memang apa saja sih manfaat membuat itinerary ?

Baiklah, akan saya bahas nih berdasarkan pengalaman saya yang nyaris selalu membuat itinerary setiap kali akan melakukan perjalanan wisata. Inilah manfaat dari membuat itinerary sebelum melakukan perjalanan / traveling.


Liburan makin maksimal

Itinerary itu adalah daftar kegiatan dan juga estimasi budget perjalanan yang disusun secara sistematis dan juga terperinci.


Ketika menyusun itinerary, harus meluangkan waktu dulu bareng kawan seperjalanan nanti untuk membahasnya, mau kemana saja . Jadi harus ditelusuri dulu destinasi wisata dan juga transportasinya, jangan lupa juga akomodasinya.


Kan asik kalau sudah tersusun rapi itinerary nya jadi bisa memanfaatkan waktu liburan dengan lebih maksimal dan tidak wasting time. Kebayang gak sih kalau liburan nggak punya itinerary? Bakalan bingun dan keteteran deh, liburan jadi tidak maksimal .


Meminimalisasikan pengeluaran

Ini lah pentingnya membuat itinerary, bisa meminimalisasikan pengeluaran termasuk pengeluaran mendadak. Menyusun itinerary ini jadi kita bisa memprediksi berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan. Termasuk harus mempersiapkan dana cadangan juga.


Jika traveling tanpa itinerary, alhasil akan memakan banyak waktu untuk mencari destinasi wisata, akhirnya yang ada banyak zonk ketika traveling.


So, penting banget ya menyusun itinerary itu.



Untuk membuat itinerary, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah :


Waktu

Pastikan dulu berapa lama akan menghabiskan waktu untuk traveling. Soalnya ini akan berpengaruh untuk menentukan kapan berangkat dan pulangnya. Dan juga harus menentukan waktu yang akan dialokasikan untuk setiap tempat wisata, termasuk menentukan durasi perjalanan menuju tempat wisata tersebut.


Biaya

Harus ada gambaran berapa besaran biaya yang akan dikeluarkan dalam perjalanan. Wajib menghitung berapa budget yang harus disiapkan terlebih dahulu. Catat juga biaya akomodasi dan transportasi, taksiran biaya untuk makan dan juga belanja oleh - oleh. Hitung juga harga tiket masuk ke objek wisata dan hal lainnya. Jangan lupa untuk selalu sisihkan dana cadangan, untuk kondisi darurat. Masalah biaya ini harus dipersiapkan dengan baik, jangan sampai kehabisan uang di tengah perjalanan, kan bisa sedih.







Tujuan

Penting banget ini gaes, menentukan tujuan wisata. Jadi ingin kemana saja selama traveling. Cari detail tempat wisata, pusat perbelanjaan, tempat kuliner dan lainnya. Saya dan teman - teman tuh kalau mau buat itinerary biasanya nyari tahu dulu tempat - tempat menarik yang sesuai dengan minat kami, makanya kalau buat itinerary harus kumpul, biar tahu maunya ke mana saja.

Biasanya saya tulis semuanya dalam daftar itinerary, sudah lengkap dengan lokasi dan jam operasionalnya juga. Ini tuh sangat membantu ketika membuat timeline dan juga rute perjalanan. Dirinci dulu secara detail semuanya, nanti kami cek lagi mana saja yang benar - benar mau kami kunjungi yang sesuai dengan waktu dan budget.


Transportasi & Akomodasi

Wajib cek transportasi yang tersedia di kota atau negara yang akan kita kunjungi. Jangan lupa juga cek rute, jam operasional, tarif dan juga cara pembelian tiketnya, termasuk konektivitas ke moda transportasi lainnya. Penting karena ketersediaan transportasi setiap tempat itu beda. Ini juga diperlukan untuk menyusun rute dan biaya ke berbagai tempat wisata yang akan dikunjungi.

Selanjutnya tentukan akomodasi, sebelumnya harus mempertimbangkan tipe penginapan dan juga harga sewanya. Jangan lupa juga lokasi penginapan, pilih yang berada di lokasi terbaik yang akan memudahkan pergi ke tempat wisata. Pilih yang aksesnya dekat, tidak sulit mendapatkan transportasi umum, dekat dengan pusat perbelanjaan dan juga banyak tempat kuliner di dekatnya.






Membuat itinerary dengan Canva Pro



Teman - teman ada yang sudah tahu kan dengan Canva ?

Itu loh, platform desain paling oke dan terdepan di dunia, karena canva ini sangat memberikan kemudahan siapa saja untuk mendesain.



Memudahkan semuanya, iya bukan hanya para desainer pro namun juga para pemula seperti saya bisa mendesain apa saja di Canva, termasuk membuat itinerary. Canva itu punya semua yang kita butuhkan untuk membuat berbagai macam konten menarik, mulai dari font sampai foto, video dan template.








Awalnya saya nyoba Canva, karena suka dengan kemudahannya akhirnya saya pun nyobain yang Canva Pro nya, ternyata lebih asik loh.



Ada banyak fitur Canva Pro yang bisa digunakan. Diantaranya :



Background Remover

Ini fitur yang sangat memudahkan saya untuk menghapus latar belakang foto, hanya dalam sekali klik.

Magic resize

Desainnya sekali, kemudian ubah ke berbagai ukuran pun hanya dalam sekali klik. Semudah itu.

Brand Kit

Bisa atur logo, font dan warna sesuai kesukaan. Asik kan? Jadi bisa membuat desain sesuai dengan karakter warna yang kita sukai.

Latar belakang transparan

Ini oke buat simpan logo, gambar produk, foto dan lainnya dalam format PNG.

Template premium

Suka banget nih sama fitur ini karena bisa menggunakan berbagai macam template premium, ada banyak lebih dari 400 ribu template kemudian sesuaikan dengan ciri khas kita sendiri.

Animasi premium

Lebih asik lagi nih bisa membuat konten sosial media dengan animasi. Membuatnya pun sangat mudah , ada format video atau GIF.

Font premium

Mengatur desain lebih mudah dengan font premium yang lucu - lucu, ada lebih dari 3000 font premium eksklusif di Canva Pro.

Konten tak terbatas

Ada banyak gambar dan foto premium, ilustrasi yang bisa ditambahkan ke desain yang kita buat tanpa ada tambahan biaya.

Content Planner

Saya bisa merencanakan, membuat desain dan juga menjadwalkan kapan publish di akun sosial media saya langsung dari Canva.




Canva Banyak Bisanya

Benar sekali, Canva ini banyak bisanya. Dengan Canva saya bisa banyak membuat desain, termasuk membuat itinerary. Saya bisa membuat konten untuk sosial media dan infographics blog pun menggunakan Canva. Bahkan membantu membuat tugas anak sekolah pun menggunakan Canva, beneran Canva banyak bisanya.





Saya membuat itinerary dengan Canva Pro ini karena memang mudah sekali dan hasilnya pun bagus, jadi lebih happy aja pas melihat hasilnya.

Untuk template itinerary pun banyak sekali template nya, bagus - bagus banget. Jadi teman - teman bisa langsung search “itinerary” nanti langsung keluar template yang unik dan bagus. Memang #CanvaBanyakBisanya !


Kalau menggunakan Canva Pro bisa lebih bagus lagi templatenya.

Yuk, cobain deh Canva Pro nya, coba dulu GRATIS 30 hari Canva Pro. Soalnya dengan menggunakan Canva Pro itu bisa mendesain apa saja dengan template yang bagus.

Yuk cobain sekarang, gampang kok caranya untuk klaim Coba Gratis 30 Hari. Tapi nanti ada tahapan verifikasi dulu, harus menggunakan metode pembayaran via credit card atau debit online yang yang sudah diverifikasi.




Jangan khawatir, kalau gak punya credit card bisa menggunakan Bank Jago, BTPN Jenius atau bisa juga menggunakan KoinWorks. Harus dipastikan sudah terverifikasi dan punya saldo cukup yah, saldo kurang lebih 15 ribuan sudah bisa.


Kalau masa klaimnya habis, nanti ada notifikasi. Jadi bisa langsung berlangganan dan bisa juga untuk meneruskan Canva Gratis saja. Kalau mau berlangganan, sebulannya hanya 95ribu. Bisa patungan loh, maksimal 5 orang jadi jatuhnya hanya 19ribu/bulan/orang. Asik banget kan?


27 komentar

  1. Memang canva multifungsi banget, kalau mau desain apapun lebih mudah pakai canva karena kebanyakan sudah ada templatnya dan semakin mudah. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makin happy deh karena banyak templatenya yah

      Hapus
  2. Memudahkan sekali kalau sudah bikin itinerary dengan Canva Pro. Jadi terencana dengan baik traveling kita ya..akhirnya jauh dari over budget. Baik waktu, tujuan, biaya, transportasi dan akomodasi sudah tertulis di itinerary.
    Canva Pro memang praktis, hemat pula bisa berlima berlangganan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali bisa berlima berlangganannya.

      Hapus
  3. nah aku biasanya bikin itinerary di word atau excel sih, bisa juga nih di Canva jadi lebih kreatif

    BalasHapus
  4. Wah iya nih mbak Tian, itin-nya jd lebih cakep. Colourfull..makin semangat dong jalan2nya. So far aku baru pakai Canva yg free, itu pun sudah sangat membantu buatku yg super amatir (big thanks to Melanie perkins and team). Memang suka gemes ya ketika pengin suatu template ternyata berbayar. Kayaknya harus cari temen buat langganan bareng niih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih colorfull kan yah jadi menaikkan semangat nya juga hehhe. IYa hayu berlangganan Canva Pro bikin kita yang amatiran jadi pro hehe.

      Hapus
  5. Asyik nih bikin itinerary pakai Canva biar bepergiannya makin semangat apalagi kalau jadi tour leader gitu misalnya, biar bisa dibagiin ke member hehehe. Itinerary-nya juga bisa nih ditempel2 di buku atau minjem dinding/ cermin penginapan hehe.
    Aku jadi kangen jalan2 ke KL, Ya Allah semoga coronanya lekas minggat dan ada rezeki jalan2 lagi aamiin :D

    BalasHapus
  6. Aku juga suka banget deh ngoprek canva, apalagi canva premium banyak banget pilihannya. Enak lho bisa bikin itinerary juga biar liburan makin asyik.

    BalasHapus
  7. Huwaaa... Makin seneng deh bisa langganan Canva pro. Bisa bikin macem-macem. Bikin ketagihan utak atik canva! Makasih ya tutorialnya. Nanti Insya Allah coba juga...

    BalasHapus
  8. Dengan Canva banyak bisanya, ya Tian. Bahkan bisa digunakan untuk bikin itinerary. Aku pun udah pakai Canva Pro. Fiturnya lebih kaya, jadi lebih banyak elemen yang bisa digunakan dalam ilustrasi.

    BalasHapus
  9. Canva emang bisa diandalkan untuk membuat desain ya mbak
    Termasuk membuat Itinerary
    Emang paling pas langganan Canva Pro ini

    BalasHapus
  10. Waah keren banget template ittinerarynya maak, berkat canva yaa jadi colour full cakep.
    Biasanya suami bikin ittinerary di excel kalau aku suka di buku 🤭

    BalasHapus
  11. Apapun bisa dibuat pakai canva ya sekarang, dulu bikin itinerary bingung pakai apa, paling pakai excell. Sekarang pakai canva lebih menarik ya apalagi banyak element yang bisa dipakai juga

    BalasHapus
  12. Canva pro beneran bikin hidup makin enjoyyy.
    Siapapun terbantu bgt dgn semua fitur yg disediakan Canva ya

    Ciamiikkkk

    BalasHapus
  13. #canvabanyakbisanya bikin mood nambah terus kalau sudah utak-atik Canva, bahkan bikin itinerary seperti yang mba Tian buat jadi semangat pengen liburan ke KL 😀

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah buat itinerary. Ini kalau perginya sama anak, cocok banget ya. Jadi semua terjadwal. Kalau meleset pun paling dikit

    Btw, aku juga pakai Canva. Penasaran sama yang pro karena selama ini pakai free

    BalasHapus
  15. Canva ini platformnya cocok untuk semua bidang pekerjaan ya mak. Membantu banget untuk banyak urusan desain digital dan cetak juga.

    BalasHapus
  16. ow memang ada template itinerary di Canva? yah baru tahu saya, hahah
    selama ini buat itinerary masih coret di kertas aja. Kalau punya tour agent cocok nih supaya makin cakep buat flyer itinerary ke customer.

    BalasHapus
  17. Asiikk tuh kalo udah ngomongin bikin itinerary ya, trus bikinnya pakai Canva jadi keren dong pastinya. Seru ternyata kalo pakai Canva Pro, banyak juga keunggulannya. Aku beberapa kali gemes loh kalo mau pakai font itu terbatas karena yang gratisan sih

    BalasHapus
  18. Waah seru ya bikin itinerary pakai canva. Aku kok malah gak kepikiran ya. Baca ini jadi punya ide untuk bikin itinerary dari canva pro. Tengkyu mbak

    BalasHapus
  19. Langsung bersorak melihat desain itinerary teteh buat travelling.
    Rasanya lebih cantik dan memukau juga bermanfaat untuk mengatur segala kebutuhan jadwal dan pengeluaran selama travelling.

    BalasHapus
  20. Sekarang mau bebikinan desain apa aja, orang awam yang ga paham desain pun terbantu banget dengan Canva. Saya juga happy lho mba semenjak bisa pake Canva, mau bikin infografis apa aja bereess...

    BalasHapus
  21. Dengan canva memang jadi semangat desain ya.. Soalnya hasil desainnya keren-keren jadi nggak bosen lihatnya.

    BalasHapus
  22. Dengan Canva, membuat itinerary jadi ngga mmebosankan ya, mbak. Ngga sekadar begitu-begiti saja saat di-share ke grup jalan-jalannya.

    BalasHapus
  23. Canva pro langganannya per tahun atau lifetime ya? Jadi tertarik. Secara fiturnya banyak yang dibutuhkan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon