Tips Kelola Keuangan Ketika Ramadan ala Ibu

Bismillahirrahmanirrahim, 

Tidak terasa ya kita sudah ada dipenghujung Ramadan, sedih. Semoga kita bisa bertemu lagi dengan Ramadan tahun depan, aamiin. Artinya sebentar lagi kita akan memasuki bukan Syawal, Masya Allah Tabarakallah. 


Bulan Ramadan ini harusnya pengeluaran berkurang, karena kan kita juga pas siang nya enggak makan & minum, iya kan? Namun bukannya berkurang, justru malah tambah bengkak pengeluarannya. Duh ini sudah pasti karena kita susah sekali melawan hawa nafsu untuk beli ini dan itu, belum lagi kalau mendekati lebaran gini banyak yang harus dibeli. 




Tapi itu dulu, semenjak menikah dan punya anak. Saya diamanahi untuk mengurus keuangan keluarga, jadi saya harus benar - benar bisa memegang amanah itu. Ya, seorang istri itu memang harus multitalent, harus bisa juga mengatur dan urus keuangan. Sebisa mungkin harus bisa mengatur keuangan dan harus bisa ada tabungan  & asuransi. 


Karena banyak belajar juga, alhamdulilah sudah beberapa kali Ramadan nih sejak pandemi, saya bisa atur keuangan dan tahun ini pun alhamdulillah uang THR masih bisa ditabungkan. 


Gimana nih caranya supaya bisa mengatur keuangan pas bulan Ramadan? Ini ada beberapa tips ala saya dalam mengatur keuangan keluarga, termasuk pada bulan Ramadan nih. Semoga bermanfaat yah. 


Buatlah rencana keuangan 

Ini adalah langkah awal dan yang wajib dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan perlu dibuatkan rencana keuangannya. Kita bicara untuk rencana keuangan selama bulan Ramadan, jadi buatkan rencana daftar prioritas apa saja yang dibutuhkan selama bulan Ramadan. Tentukan anggaran - anggaran untuk pengeluaran, semuanya jangan sampai terlewatkan. Dari anggaran makan sahur dan buka juga kebutuhan lainnya, termasuk anggaran untuk dana darurat. Jangan sampai lupa untuk membuat anggaran sedekah, mumpung bulan Ramadan, mari sedekah yang banyak supaya pahala berlipat. Aamiin. 


Mengutamakan kebutuhan, bukan keinginan 

Klise memang. Namun ini bisa menjadi penyebab keuangan hancur, kalau selalu memenuhi apa yang menjadi keinginan. Harus bisa menahan diri dari godaan - godaan diskoh, cashback dan teman - temannya. Kendalikan diri jangan sampai tergiur. 


Buatkan pos khusus pengeluaran Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 

Pengeluaran selama bulan Ramadan dan juga Idul Fitri harus dibuatkan pos khususnya untuk anggaran sahur dan juga berbuka. Untuk hari Raya juga bedakan, karena biasanya hari Raya akan banyak pengeluaran, untuk THR keluarga, beli baju, untuk masak dan lainnya. Dipisahkan ini supaya terlihat pengeluarannya jadi bisa terkontrol, jangan berlebihan untuk pengeluarannya.


Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran harian 

Saya selalu membaca catatan kecil di tas, untuk mencatat setiap pengeluaran. Kenapa enggak pakai smartphone? Saya orangnya lebih senang mencatat saja hehe. Dengan pencatatan pengeluaran ini kita bisa mengetahui berapa banyak uang yang sudah dihabiskan, jadi kalau berlebihan bisa langsung kita kontrol untuk kembali ke jalan yang benar, haha. Butuh effort besar sekali untuk rajin mencatat setiap pengeluaran ini, loh. 




Jangan lupa sisihkan THR untuk proteksi 

Untuk urusan proteksi ini penting, namun seringkali kita abaikan dan bahkan dilupakan. Banyak yang menganggap tidak penting. Mungkin karena kurangnya edukasi tentang pentingnya proteksi, salah satunya adalah asuransi kesehatan . Asuransi kesehatan ini penting banget, karena jika kita sakit dan tidak memiliki asuransi kesehatan, yang ada semua aset dan tabungan pasti langsung terkuras habis, sudah pada tahu dong berapa sih biaya rawat inap dan rawat jalan zaman sekarang? Mahal banget, gaes. 


Bingung, mau pilih asuransi kesehatan yang mana? 

SIni saya kenalin sama asuransi Garda Healthtech. Sudah pada tahu kan sama Asuransi Garda Healthtech? Asuransi dari Garda Oto. KAlau sama Garda Oto pasti sudah tidak asing lagi kan yah? Iya dulu itu Asuransi Astra ini terkenal sama asuransi mobil. Sekarang bukan hanya asuransi mobil, namun juga sudah memiliki ragam asuransi, salah satunya adalah asuransi Garda Healthtech.




Asuransi Garda Healthtech ini merupakan asuransi rawat jalan cashless. Untuk preminya juga tidak sampai membuat dompet menjerit, karena hanya 500ribu saja pertahunnya dengan total perlindungannya sampai dengan 3,2 juta. Wow, amazing sekali kan gaes?


Dengan membayar 500ribu pertahun itu kita bisa mendapatkan apa saja sih? 


Kalau dilihat dari nominalnya sih kecil yah, 500rb per tahun. Hitung aja berapa per bulannya? Enggak sampai 50rb dong per bulannya. 




Dengan 500 ribu per tahun, kita bisa mendapatikan perlindungan senilai 3,2 juta. Penasaran kan sama paket asuransi Garda Healthteach? Nih ada beberapa jenis paket asuransinya yang bisa dipilih. 


  1. Paket Fit. Paket ini biayanya 500rb per tahun dengan total perlindungannya sampai 3,2 juta.
  2. Paket Classy, biaya pertahunnya 900rb dan total perlindungannya sampai 6,6 juta.
  3. Paket Ultima, biayanya 1,2 juta per tahun nya dan total perlindungannya sampai 8,7 juta. 


Sudah tentukan mau pilih paket yang mana? 
Bingung gimana cara mendaftarnya? 
Sini saya kasi tau ya bagaimana cara mendaftar asuransi Garda Healthtech ini. Cara daftarnya itu sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. 




Untuk memudahkan, kita bisa membeli Garda Healthtech ini melalui website nya. 
  • Langsung klik penawaran yang ada dihalaman www.gardaoto.com/garda-healthtech/quotation.
  • Di halaman STEP 1 , teman - teman langsung pilih saja paket Garda Healthtech yang paling sesuai dengan kebutuhan teman - teman.
  • Lanjut ke STEP 2, lengkapi data diri dengan lengkap dan benar sesuai yang ingin didaftarkan pada polisnya. 
  • STEP 3, pembayaran. Cek kembali ringkasan data dan juga total premi polis Garda Healthtech yang harus dibayarkan, kemudian pilih metode pembayaran dan klik BELI SEKARANG. 
  • Lengkapi semua data pembayaran dan selesaikan pembayarannya. 
  • e-Policy akan langsung terkirim ke email yang sudah didaftarkan. 

Untuk metode pembayarannya teman - temen bisa menggunakan AstraPay, kartu kredit dengan logo VISA/MasterCard/JCB (Full payment), Bank transfer - virtual account (Mandiri, Permata, BNI & BRI) dan juga bisa dengan ATM bersama dengan logo ATM bersama / Prima / Alto . 



Mudah sekali bukan? Tunggu apalagi yuk beli polis nya sekarang untuk melindungi kesehatan keluarga. Jangan sampai salah pilih asuransi kesehatan yah, karena sebagai seorang ibu & istri harus memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta. 




Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon