Senin, 04 April 2022

Apa Penyebab Perubahan Iklim?

Bismillahirrahmanirrahim, 


Bandung, sekarang jarang sekali sejuk dan dingin. Seringnya panas , bahkan panas sekali. Padahal dulu Bandung itu identik dengan kesejukan dan juga dingin. Sekarang, orang Bandung pada butuh AC dan kipas angin, karena sering merasa gerah. 




Mungkin karena pesatnya zaman dan teknologi yang kian berkembang, makin banyak pabrik dan juga kendaraan yang terus muncul dan menghasilkan polusi. Kadar polusi makin meningkat dari hari ke hari secara drastis. 



Polusi itu terus meningkat, mungkin selain banyaknya pabrik dan makin bertambahnya kendaraan, polusi ini disebabkan oleh berkurangnya lahan hijau. Ngaruh banget kan kalau lahan hijau kita berkurang, seperti hutan yang terus gundul , pohon banyak yang ditebang dan kemudian lahan hijau yang digantikan dengan lingkungan perumahan bahkan pabrik. Ya, alih fungsi lahan dilakukan secara besar - besaran, alhasil lingkungan menjadi panas. 


Pemicu perubahan iklim tuh banyak sekali, salah satunya adalah kadar polusi yang kian bertambah ini. 


Kondisi bumi yang makin panas ini bisa kita rasakan. Pagi, siang, sore dan bahkan malam, sering merasakan panas. Padahal biasanya pagi itu identik dengan kabut, dingin dan segar. Namun itu dulu, sekarang tidak seperti itu. 



Bumi alami perubahan yang menyebabkan keadaannya beda dari sebelumnya, iya kan ini yang kita rasakan? Beda banget sama zaman dulu, yang sejuk dan segar. 


Setiap negara punya iklim yang berbeda, ada ciri khas sendiri dan membuat suatu negara itu unik karena iklimnya yang khas. 


Iklim adalah kondisi cuaca di suatu wilayang dalam periode waktu yang lama. Iklim juga lah yang menentukan berbagai jenis aspek kehidupan seperti tanaman sampai hewan yang juga berbeda-beda. 


Penyebab terjadinya perubahan iklim itu apa? 

Perubahan iklim yang tengah terjadi sekarang itu tentu ada pemicu / penyebabnya salah satunya adalah karena terlalu cepatnya polusi alami peningkatan dari waktu ke waktu. Polusi yang meningkat ini disebabkan karena pabrik makin banyak yang beroperasi. Kenapa pabrik jadi alasan utama? Karena terus terjadi peningkatan karena adanya emisi buang yang bisa merusak lingkungan dan juga bahaya untuk kesehatan. 


Penyebab lainnya adalah karena kita, iya karena manusia. Sudah saya utarakan diatas, hutan yang terus menerus ditebang dan dijadikan lahan baru untuk kepuasan manusia. Lahan hijau yang terus berkurang, ini mengakibatkan kurangnya kemampuan tanaman untuk saring polusi di udara dan menciptakan oksigen untuk manusia.



Lihat deh, di sekeliling pohon yang dulu rindang sekarang malah enggak ada, pada gundul. Tanaman hijau terus berkurang yang bikin suhu bumi alami kenaikan dan membuat kondisi lebih panas, lebih hits dikenal dengan pemanasan global. Kerasa banget kan? Hareudang! 


Suhu bumi yang alami kenaikan terus menerus ini akan memicu berbagai macam bencana dan efek buruk. bikin kita tidak nyaman untuk tinggal dibumi ini. 


Apa dampak dari perubahan iklim? 

Perubahan iklim ini menimbulkan berbagai dampak yang banyak memberikan dampak terhadap kehidupan kita. Perubahan iklim ini harus cepat kita atasi, jangan sampai semakin parah. 


Dampak perubahan iklim ini bisa saja berlangsung dengan cepatnya atau bisa juga berlangsung secara bertahap. Lantas apa saja tuh dampak dari perubahan iklim ini? 


Perubahan iklim akan mengakibatkan bongkahan es yang ada di kutub mencair dan bisa mengakibatkan permukaan air laut yang akan terus naik. Permukaan air laut yang terus meningkat ini bisa mengakibatkan banyak daerah jadi cepat alami banjir dan bahkan terendam air laut, kebayang gimana? 


Suhu yang terus meningkat bisa mengakibatkan risiko kebakaran hutan akan jadi lebih meningkat. Kondisi seperti ini pernah loh dialami Australia pas awal 2020 ketika kebakaran hutan dan sebabkan kekeringan dan berkurangnya tempat tinggal hewan. 


Perubahan iklim yang tengah kita alami ini bisa mengakibatkan suhu pada air laut dan mengganggu ekosistem yang ada didalamnhya. Suhu air laut ini akan terus meningkat dan bisa membunuh hewan - hewan yang ada di laut, bahkan bisa merusak terumbu karang yang ada di dasar dan permukaan laut. 



Lantas langkah apa sih yang bisa dilakukan untuk atasi perubahan iklim? 

Sebagai manusia, saya merasa punya tanggung jawab yang besar untuk mengembalikan kondisi bumi supaya lebih baik dari sekarang. Banyak upaya dan mitigasi yang dilakukan secara besar - besaran untuk kurangi dan atasi perubahan iklim dalam waktu yang relatif cepat. 


Langkah global apa saja yang dilakukan untuk atasi perubahan iklim? 


💧 Gunakan Sumber Energi Terbarukan & Ramah Lingkungan 

Merupakan langkah global yang pertama dilakukan #UntukmuBumiku atasi perubahan iklim ya dengan cara gunakan sumber energi terbarukan dan lebih ramah lingkungan. Sampai saat ini sudah banyak perumahan dan apartemen yang mulai pasang panel surya untuk kurangin penggunaan dan beban listrik pada tempat tinggalnya. Sebagai cara #TeamUpforimpact yang nyata. 




Banyak juga pabrik yang sudah mulai alihkan sumber energi yang digunakan supaya lebih ramah lingkungan dan tidak hasilkan emisi gas buang yang bahaya pada lingkungan.


💧 Reduce, Reuse & Recycle 

Reduce, reuse & recycle ini adalah langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk kurangin pemanasan global. Reduce adalah kegiatan yang menggunakan produk kemasan, terutama plastik seminimal mungkin, upaya ini bisa banget kurangin pemborosan. Bisa dilakukan dengan membeli produk yang bisa digunakan kembali, bukan yang sekali pakai. 




Reuse merupakan langkah nyata menggunakan lagi barang - barang bekas, kayak pakai lagi kantong plastik atau botol plastik. Recycle adalah kegiatan mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai atau sudah tidak ada nilai guna nya. Bisa kita daur ulang plastik, kertas, koran, kaleng kaca dan limbah lain menjadi barang yang lebih bermanfaat.


Masih banyak langkah yang bisa kita lakukan untuk kurangin pemanasan global dan mengembalikan iklim yang sudah berubah ini. Nah menurut teman - teman upaya apalagi nih yang bisa kita lakukan? Sharing yuk! 











Tian Lustiana

24 komentar

  1. Iklim memang sering berubah dan yang pertama terdampak pasti kesehatan kita apalagi di masa pandemi. Selain itu, juga berdampak pada kehidupan sehari-hari. Hemm jadi harus dijaga buminya biar tetap sehat.

    BalasHapus
  2. Ngeriii banget climate change ini
    semoga kita semua bisa berkontribusi dan bahu membahu supaya planet Bumi makin nyaman dihuni ya.
    Tipsnya sangat bisa dipraktekin nih mak.

    BalasHapus
  3. Saya berharap pemerintah memudahkan kitya memperoleh sumber energi terbarukan & ramah lingkungan yang murah ... upaya ke arah ini sepertinya masih kurang ya. Kalaupun ada masih mahal tapi sudah pernah dengar ada orang2 yang menemukannya dalam harga yang terjangkau.

    BalasHapus
  4. Huhuuu dampak perubahan iklim ini berasa banget ya Tian, di bandung udah galow cuacanya,panas terik kemudian hujan. Eh, kebakaran pula lagi marak terjadi kalo pas lihat berita2.
    Cuss ahh semoga hal kecil dan sederhana dapat kita lakukan agar Bumi tercinta ini membaik.

    BalasHapus
  5. 25 tahun yang lalu aku tinggal sebulan di Bandung,duh sejuk banget.Dingin,bersih.Sekarang perubahan iklim tidak saja di kota Bandung,Depok yang juga sejuk,panasnya luar biasa.Sulit sekali mencari lahan yang kosong dan pohon hijau

    BalasHapus
  6. Kebayang kalau ikan mati akibat perubahan iklim. Kita mau makan apa? Ikan protein anti kolesterol yang harganya terjangkau

    BalasHapus
  7. Kadang kalo ngikutin proses perubahan iklim suka berasa serem sendiri sih, dan bener banget penyebabnya manusia dan polusi sih, jadi memang kita yang harus berusaha memperbaikinya yaaah. Semoga semakin banyak yang sadar akan kelestarian lingkungan yang harus kita jaga bersama yaaah

    BalasHapus
  8. bener bangett... skr hawa makin panas. di bogor juga udah gerah, ga seadem dulu. kalo pengen yang lebih adem, naik deh ke atah puncak or sekitar gunung salak hihihi

    BalasHapus
  9. Manusia nih andil juga loh dalam perubahan iklim, makanya kita bisa sama-sama untuk mengendalikan dengan memulainya dari hal sederhana di rumah menurutku.

    BalasHapus
  10. Memang ya butuh kepedulian dan keikutsertaan kita semua untuk kurangin pemanasan global dan mengembalikan iklim yang sudah berubah ini. Mulai dari hal sederhana dan dari diri kita sendiri.

    BalasHapus
  11. Dampak perubahan iklim semakin hari semakin terasa ya. Tipsnya sangat membantu dan bisa di coba untuk dipraktekkan ya. Supaya bumi kita bisa segera membaik

    BalasHapus
  12. Langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah ini harus dilakukan sejak sekarang mba. Jangan sampai lebih terdampak di masa depan

    BalasHapus
  13. Iyaa, sedih banget kemarin pas main ke Salatiga kok panas banget, begitu juga pas di Sukabumi padahal dulu udaranya sejuk, airnya dingiin...ternyata karena perubahan iklim ya :(

    BalasHapus
  14. efek perubahan iklim tuh nyata banget ya.. urgent banget buat kita mengatasinya..bisa dimulai dari hal-hal kecil dan mudah di rumah

    BalasHapus
  15. Dampak perubahan iklim ini sangat dahsyat ya mbak
    Makanya kita perlu segera bertindak
    Melakukan langkah penyelamatan untuk bumi

    BalasHapus
  16. Perubahan iklim berasa banget ya, inget dulu pertama kali diajak suami ke Bandung masih merasakan dinginnya bandung. Sekarang kalau ke bandung gerah banget panas menyengat yaa.
    musim panas hujan sekarang tidak bisa di prediksi.

    BalasHapus
  17. Makin ekstrim cuaca sekarang karena efek perubahan iklim yang disebabkanoleh manusia itu sendiri. Dimulai dari diri sendiri untuk menjaga lingkungan yang bisa diikuti selanjutnya oleh masyarakat

    BalasHapus
  18. Saling jaga, saling melakukan yang terbaik. Meskipun langkahnya kecil, namun konsisten dan dilakukan secara bersamaan, in syaa Allah langkah ini akan membuat bumi berseri kembali dan tidak terjadi kenaikan suhu seperti yang diramalkan jika kita tidak melakukan apapun.

    BalasHapus
  19. Iya dulu ke Bandung itu suka menggigil sama kl kaya ke puncak, skr mah gak berasa apa-apa pakai baju tipis juga gak kedinginan.
    Semua karena perubahan iklim ya, kalau gak segera diatasi bisa berbahaya, salah satunya suhu sudah meningkat

    BalasHapus
  20. Perubahan iklim yang paling kerasa itu sekarang adalah saat kaliurang Jogja ga seadem dulu hahaha. Dulu perasaan Kaliurang itu ademny maknyes eh sekarang sumuk banget hahaha

    BalasHapus
  21. mengubah kebiasaan memang sulit ya mbak, tapi kalau mengubah kebiasaan untuk kebaikan bumi tentu harus dipaksa melakukannya. saya juga sekarnag mulai meminimalkan sampah plastik, dan memilah sampah basah dan kering. Supaya bisa berkontribusi dalam menyelamatkan bumi

    BalasHapus
  22. tannpa disadari ya memang iklim itu :"( padahal kita ssekarang yang buat begini huhu kebayang nanti anak-anak kita gimana ya :"(

    BalasHapus
  23. Tanpa banyak yang menyadari, ternyata sekarang dampak perubahan iklim tuh udah semakin sering lho kita rasakan. Rasa panas dan gerah yang minta ampun, cuaca yang makin tidak menentu, permukaan air laut yang makin tinggi..yang bikin air laut kok rasanya makin ke sini aja ya? Kalau dipikirkan, ya emang separah itu...hiks. Emang perlu komitmen kita semua sih, untuk mulai concern pada apa yang terjadi, gimana menghadapinya

    BalasHapus
  24. Dampak perubahan iklim memang tidak main-main. Kadang aja aku sampai worry sama nasib anak-anak di masa depan. Ya, sebagai orang tua hal seperti itu memang salah satu bentuk kecemasan yang tidak bisa dihindari. Namun bisa diminimalisir dengan ikut berkontribusi mengurangi pencetus perubahan iklim, dia antaranya dengan menganut pola hidup minimalis dan prinsip konsumsi berkelanjutan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon