Penyintas Covid-19 Tidak Bisa Langsung Vaksin

Bismillah, 


Karena varian virus baru itu, sekarang gencar banget vaksin. Yap, pemberian vaksin ini insya allah akan aman dan juga dinilai cukup efektif menurunkan kasus Covid-19 yang setiap harinya terus saja naik. 


Pemberian vaksin ini aman, namun sebelum vaksin harus dilakukan screening kesehatan terlebih dahulu, dan pertanyaan - pertanyaan tentang kesehatan harus dijawab secara jujur. Termasuk para penyintas covid-19 seperti saya nih, yang sebelum melakukan vaksin harus menunggu selama 3 bulan dari dinyatakan negatif. 


vaksin covid - 19


Ya, saya harus nunggu selama tiga bulan dari dinyatakan negatif, berarti saya baru bisa vaksin sekitar bulan Oktober 2021. Insya Allah semoga dilancarkan untuk bisa vaksin yah. Dan semoga vaksinnya masih gratis, hehe. Soalnya sekarang sudah gencar vaksin akan berbayar nih, harganya juga lumayan mahal. 


Hmm, kenapa yah? kok lama sekali harus menunggu sampai 3 bulan? 


Ini karena para penyintas Covid-19 bukanlah termasuk prioritas yang perlu mendapatkan vaksin, loh? kenapa? Karena tubuh para penyintas ini sudah membangun antibodi selama terinfeksi virus covid-19 . 


vaksin covid - 19



Menurut para ahli, sebelum 3 bulan selesai, para penyintas ini punya kekebalan dalam tubuhnya, namun nanti setelah 3 bulan, kekebalan tubuhnya akan menurut, maka dari itu para penyintas disarankan untuk mendapatkan vaksin. Setelah 3 bulan, tetap saja ketika akan menerima vaksin harus dalam keadaan sehat. 


Manfaat vaksin itu sendiri apa saja? 


Vaksin ini akan diterima dalam 2 kali penyuntikan. Yang umumnya itu adalah vaksin Sinovac yang digunakan oleh pemerintah kita ini akan membentuk antibodi secara optimal setelah 28 hari penyuntikan. 


vaksin covid - 19


Dalam waktu 14 hari pertama setelah penyuntikan, vaksin itu akan bekerja kurang lebih 60%. Kemudian disuntikkan dosis kedua, barulah vaksin bekerja dengan optimal. 


Adakah efek samping vaksin? 


Ada efek sampingnya. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Karena efek sampingnya ini dinilai normal dialami setiap orang yang di vaksin. Karena tubuh sedang bekerja membangun antibodi atau kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu. 


vaksin covid - 19


Efek samping yang dirasakannya ringan, biasanya akan terasa pegal, demam ringan, kelelahan dan juga ada yang sampai sakit kepala. Tapi masih bisa diatasi sendiri kok dengan konsumsi obat - obatan yang tergolong ringan. 


Setelah vaksin, banyakin istirahat dan penuhi kebutuhan cairan tubuh terus jangan lupa untuk konsumsi makanan yang bergizi. 


Yuk, jangan ragu lagi untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Dengan divaksin, artinya kita ikut serta menurunkan risiko penyebaran dan juga penularan Covid-19 . Semoga kita selalu sehat yah. 



See you, 


Tian Lustiana 

9 komentar:

  1. Di daerah juga mulai banyak yang divaksin, Mbak.. Tapi ada beberapa yang nggak boleh vaksin dulu karena ada penyakit bawaan. Semoga sehat selalu ya mbak.. Stay safe untuk kita semua.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillaah udh negatif ya mbak..
    smoga vaksin ini bener2 bisa jadi tameng bagi virus korona yg mau masuk tubuh kita. aamiin

    BalasHapus
  3. pas banget, saya kemarin dapat vaksin Sinovac yang kedua

    Alhamdulilah seperti yang pertama, asyik aja, gak pegel pusing atau apa

    Palingan jadi gampang lapar. Ya udah makan aja.

    jadi gendut, ntar aja dipikirnya :D :D

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ada penyitas covid yang bisa mengurangi tekanan psikologi yang sedang terpapar selain tenaga kesehatan. Vaksinasi dua kali upaya pemerintah melindungi warganegara

    BalasHapus
  5. Nah, di kantor saya ada juga yg positif covid tidak boleh divaksin dulu. Masalahnya beliau ini jadi tidak ada barengannya sih ya vaksin.

    BalasHapus
  6. Iya nih Mbak, hiks.. pas ada vaksin massal saya baru saja sembuh dan keluarga juga demikian Kami diminta menunggu 3 bulan. Ga sabar rasanya menunggu kesempatan vaksin. bagi saya vaksin itu sangat penting. Apalagi saya mudah flu dan punya alergi dingin.

    BalasHapus
  7. saya sudah divaksin, Mba. Semoga pandemi ini segera berakhir yaa

    BalasHapus
  8. Yes aku paling semangat untuk di vaksin, sebagai bentuk ikgtiar diri juga ya mba :) ALhamdulillah mab Tian diberi kekuatan melewati masa itu yaa.. sekarang tinggal menunggu giliran di vaksin

    BalasHapus
  9. aku sempat flu lama 14 hari, masih pemulihan karen juga punya asma, semoga segara bisa vaksin kalau badan udah sehat

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.