Pengenalan Blended Learning Pada Anak - Anak Usia Dini dan SD di Alta School

Bismillah, 

Memasuki tahun ajaran baru, anak - anak masih saja sekolah secara daring. Ini karena memang kondisi pandemi belum selesai, virus makin marak dan cepat penyebarannya, hiks. Tentu saja, sekolah belum bisa mengadakan kelas secara tatap muka. 


Neng Marwah juga nih, masuk SMP masih secara daring. Meski begitu semangatnya tetap 100% karena akan bertemu dengan guru dan teman - teman baru. 

blended learning


Eh ngomong - ngomong ada yang tahu tentang blended learning? Ada yang pernah mendengar istilah blended learning dalam pembelajaran secara e-learning


Apa sih blended learning itu? 

Model blended learning itu merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara offline atau tatap muda dengan pembelajaran secara virtual/daring. 


Blended learning itu adalah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan cara penyampaian, model pengajaran dan juga gaya pembelajaran. Yang mana memperkenalkan pilihan media dialog diantara fasilitator dengan siswa atau murid yang akan mendapatkan pengajaran. 


Keuntungan blended learning ini adalah sebuah kombinasi pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka, tapi ada loh lebihnya, sebagai elemen dari interaksi sosial, diantaranya yaitu : 


Adanya interaksi antara pengajar dan juga muridnya.

 Cara pengajaran bisa dilakukan secara online atau tatap muka langsung. 

☑ Blended learning sama dengan combining instructional modalitis or delivery media. 

☑ Blended learning itu sama dengan combining instructional methods


Tentang blended learning ini, kebanyakan diterapkan untuk perguruan tinggi. Gimana yah kalau point plus blended learning ini diterapkan atau dikenalkan pada anak - anak usia dini? 


Ternyata ada loh sekolah yang memperkenalkan sistem blended learning ini pada anak usia dini. Namanya Alta School, ada yang pernah mendengar Alta School ? 


Alta school adalah sekolah non formal yang berbasis teknologi dengan menggunakan metode pembelajaran daring yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 

 

sekolah online Alta School

Kenapa harus memilih Alta School ? 

👍 Student - centered. Para murid / siswa turut aktif eksplorasi dan juga diskusi selama pelajaran, jadi engga pasif hanya mendengarkan. 

👍 Blended learning . Sebuah kombinasi pembelajaran digital dengan tatap muka dengan proyek dan eksperimen seru yang enggak bikin anak bosan. 

👍Penguatan karakter .  Ada bimbingan untuk pembentukan karakter anak dan juga pengembangan kecerdasan emosional anak. 

👍 Personalisasi materi. Untuk materi pembelajarannya disesuaikan dengan kemampuan siswa, ini dilihat dulu dari hasil penilaian awal. 


Sistem blended learning di Alta School

sistem ini berkaitan dengan metode pembelajaran sekolah dengan menyatukan kelas dengan guru sebagai penyampai materi atau pelajarannya dan juga self learning via kit yang sudah dikirimkan, lengkap materi e-learningnya yang diberikan bersama dengan jadwal pelajaran yang fleksibel, sangat memudahkan siswa dalam menggali minat dan juga bakat. 


Sistem yang cocok untuk anak - anak usia dini di homeschooling Alta School 

Ya, sangat cocok untuk anak PAUD yang membutuhkan materi pembelajaran yang terarah dengan kurikulum standard nasional / kurikulum 2013 PAUD. Untuk siswanya pun dibatasi sampai dengan 50 siswa. 


Masalah fasilitasnya gimana nih? 

Fasilitasnya lengkap loh, ada live teaching yang berdurasi selama 45 menit sampai 3x per minggu. Project - projectnya tuh homebase dengan memanfaatkan alat yang ada di rumah untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Ada offline activity with parent, ini oke banget karena melibatkan orang tua dalam kegiatan belajar. 


Lengkap dengan tutoring class, para siswa akan memiliki tutor untuk membantu lebih dalam menjawab kesulitan ketika belajar. Ada tambahan kelas add on, ini isinya kelas tambahan yang gunanya mengasah kemampuan anak dengan metode pembelajaran yang asik via video, lagu, film animasi, lembar kerja siswa dan juga karya. 


Ada life skill education juga. Learning kit nya lengkap yang akan dikirim, ini berguna untuk menunjang pembelajaran. Ada konseling. Ada modul juga, modul ini disiapkan untuk menentukan dan juga menetapkan waktu belajar yang tepat dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. 


Lengkap dengan kartu pelajar yang digunakan sebagai identitas siswa. Laporan pembelajaran, merupakan raport progress nilai atau keterangan tentang kegiatan belajar siswa dan ada juga field trip & outbond, merupakan kegiatan lapangan yang sifatnya opsional, apalagi kalau masih pandemi gini yah.


Sistem untuk anak Sekolah Dasar kelas 1 - 3 

Nah, kalau sistem ini juga cocok banget untuk anak SD kelas 1 - 3 yang ingin menambahkan kemampuan akademis dan juga soft skills nya yang memang dibutuhkan untuk kehidupan sehari - hari. 


Fasilitasnya? 

Fasilitasnya pun lengkap, ada live teaching yang berdurasi 60 menit dengan 5x pertemuan, home based project, offline activity with parent, tutorial class ( khusus SD), kelas add on, life skill education yang mana mengajarkan soft skills yang sangat penting untuk anak SD mengolah kemampuan beradaptasi dan juga menyesuaikan diri dengan lingkungan seperti kemampuan berkomunikasi dan juga dituntut untuk berpikir kritis. 


Lengkap juga dengan learning kit, pendidikan karakter, konseling, modul, kartu pelajar, laporan pembelajaran dan juga ada field trip & outbond ( tapi selama pandemi gini belum bisa dilaksanakan). 


Ada juga ruang belajar loh, yang mana di ruang belajar ini para siswa akan bergabung bersama teman - temannya secara online menggunakan platform classroom online. 


Bedanya apa nih antara PAUD dan usia SD di sekolah online Alta School ? Unutuk bedanya gak banyak sih, hanya ada ruang belajar saja untuk fasilitas usia SD. 


Kira - kira keuntungan / benefit untuk orang tuanya apa nih dengan blended learning Alta school ini ? Orang tua bisa lebih terbantu dengan pembelajaran dasar yang sesuai dengan perkembangan anak. 

blended learning Alta school


YUK DAFTARKAN SEKARANG JUGA ANAK - ANAK DI ALTA SCHOOL, PILIH SESUAI JENJANG USIANYA! 


With love, 


Tian Lustiana

18 komentar:

  1. Aku belum pernah dengar tentang sekolah Alta School. Baru kali ini lewat blog Tian. Ini kan sekolah non formal ya, tapi bisa menggantikan sekolah formal? Bagaimana dengan ujiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sekolah non formal, jadi sepertinya hanya pelengkap untuk anak - anak usia dini. Supaya lebih memantapkan karakternya .

      Hapus
  2. Alta School ini semacam PKMB gitu ya mba?

    Di sisi lain, Alta School mengingatkan metode mengajar yang telah kami lakukan di Balai Latihan Kerja, terutama di masa pandemi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metode ini emang banyak dipakai ya untuk pengajaran pada anak usia dini.

      Hapus
  3. Wah, ALta School? AKu baru tahu dari tulisan mbak Tian nih hehehe :) Blended Learning sepertinya metode yang cocok diterapkan untuk anak2 ya, terutama di masa pandemi. Padahal kemarin2 kita akan memasuki tahun ajaran baru dengan Blended Learning tapi dibatalkan karena sikon corona yang merajalela. Fasilitas dan tutornya lengkap juga yach. Ada filed trip dan outbound juga ya kalau ga ada corona. Mesti diceki2 lebih lanjut nih biar lebih paham hehe TFS ya.

    BalasHapus
  4. Saat ini proses pembelajaran dengan sistem blended learning memang digemari ya mbak
    sebab bisa membuat anak belajar secara optimal

    BalasHapus
  5. keren ya Alta School, udah berbasis teknologi

    karena era revolusi industri 4.0 kan udah banyak meninggalkan cara konvensional

    mau gak mau anak akan terbiasa

    BalasHapus
  6. Alta School pilihan tepat untuk belajar, orang tua bisa mengenal blended learning.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ada pengetahuan baru juga yah untuk orang tua

      Hapus
  7. Dengan adanya Alta School para orang tua dapat menitipkan anaknya bersekolah pembelajaran sistem blended learning sehingga anak dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi bakat anak bisa dikembangkan dengan baik

      Hapus
  8. Adakah Alta scholl di Jawa Timur, mbak ? Sepertinya cocok nih sistem ini selama pandemi ya. Anak anak juga ga mudah bosan dengan metodenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, untuk kegiatan online nya sih bisa dimana-mana ya. Tapi untuk yang offline, sudah ada di mana saja kah? Asyik kan ya ada outbondnya juga. Anaka-anak pasti seneng

      Hapus
    2. Iya kalau online bisa dilakukan dimana saja, yang penting ada akses internet, hehe

      Hapus
  9. Keren nih ada sekolah yang memiliki metode blended learning. Yang bisa membuat anak nyaman belajar. Semoga semakin banyak cabangnya Alta School.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya anak jadi nyaman belajar memang.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.