Ruangkelas, Hadir Sebagai LMS (Learning Management System) untuk Sekolah

Bismillah, 

Dari hari ke hari, pemberitaan tentang penyebaran Covid-19 semakin marak dan terus meningkat, hiks. Banyak sekali yang terpapar, yang sembuh banyak namun tidak menyangkal yang meninggal pun banyak. Sedih, namun bisa apa ya kita selain membantu untuk tetap stay at home, memakai masker dan prokes lainnya. 


Salah satu yang bisa dilakukan adalah tetap belajar online di rumah untuk anak - anak, karena memang tidak memungkinkan untuk belajar offline di sekolah. Padahal saya berharap neng Marwah tahun ini bisa belajar tatap muka di sekolah, namun kenyataan berkata lain. Neng Marwah masih harus belajr di rumah, mungkin ini lebih baik dan bisa segera memutus rantai penyebaran virus covid-19. Aamiin yaa Rabb. 


Ruangkelas, Hadir Sebagai LMS (Learning Management System) untuk Sekolah


Belajar secara online di rumah itu banyak sekali kendala nya. Termasuk kebutuhan anak - anak atau siswa akan platform untuk pembelajaran online. Ya, supaya lebih maksimal saja belajarnya. Jadi meskipun belajar di rumah namun tetap optimal pengajaran yang dilakukannya. Ya, supaya maksimal juga anak penerima pelajaran dari gurunya, meskipun hanya di rumah. 


By the way, apa saja yah kebutuhan anak terhadap platform pembelajaran online itu? Apa saja yang mesti disiapkan supaya pembelajarannya optimal? 


Jawabannya pasti RUANGGURU dong. Karena selama pembelajaran daring, saya menggunakan Ruangguru ini untuk menemani neng Marwah belajar. Alhamdulillah, neng Marwah pun belajarnya lebih semangat dan fun, karena belajar bersama Ruangguru itu tidak membosankan. Banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. 


Ruangkelas, hadir sebagai LMS (Learning Management System) untuk sekolah 

Yang terbaru nih, ruangkelas. Ruangkelas ini memudahkan para pengajar untuk mengajar secara online hanya dalam satu aplikasi. Dengan menggunakan fitur ruangkelas ini, guru dan juga siswa nya merasakan berbagai kemudahan dalam kegiatan belajar dan mengajar. 


Fitur ruangkelas yang dirasakan pengajar/guru 


1. Guru bisa membuat kelas sendiri .  Fitur ini tuh sangat memudahkan para guru. Dengan fitur ini, para guru bisa membuat kelas sendiri yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu nya. Tentu saja, fitur ini sangat membantu guru untuk menerapkan metode belajar yang sama seperti di sekolah. 

Fitur ini pun bisa dengan mudahnya para guru melakukan impor kelas yang sudah dibuat di Google Classroom . Mudah sekali bukan? 

Ruangkelas, Hadir Sebagai LMS (Learning Management System) untuk Sekolah


2. Materinya lengkap. Para guru diberikan kemudahan dalam memberikan materi pelajaran pada siswa/i nya meskipun dengan pembelajaran secara daring karena adanya fitur ruangkelas ini. 

Jadi dalam fitur ini, guru bisa memberikan materi pembelajaran dari video ruangbelajar yang lengkap dengan rangkuman belajarnya. Lalu bisa langsung unggah materinya yang sudah dibuat dalam bentuk pdf, power point, excel, word , video ataupun dalam bentuk foto atau infographis lainnya. 


3. Tugas . Ruangkelas juga menyediakan fitur yang membuat guru semakin mudah dalam memberikan tugas kepada murid. Tugasnya itu bisa dari aplikasi Ruangguru, berupa bank - bank soal dan latihan topik. Bisa juga membuat soal sendiri, mau essay atau pilihan ganda disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. 

Untuk lebih memudahkan lagi sih guru bisa langsung unggah file ms word untuk memberikan tugas, gunakan template yang sudah tersedia di ruangkelas. Nah, dalam fitur ini guru bisa atur jadwal pemberian tugas, biar atur deadline tugas dan juga bisa memeriksa secara otomatis. 


Ruangkelas


4. Obrolan kelas. Ada juga nih fitur obrolan kelas, Ini bisa memberikan kemudahan antara dua arah, guru dan murid dalam berkomunikasi. Fitur ini bisa digunakan via grup kelas. Jadinya kan guru bisa lebih interaktif dalam melakukan diskusi dengan murid. 


5. Analisis nilai & tugas . Fitur ini tuh sangat memudahkan untuk guru dalam melihat perkembangan muridnya selama pembelajaran secara daring. Dengan fitur ini tuh bisa memudahkan guru untuk analisa nilai dan tugas anak murid. Ada tabel nilai sampai grafik performa anak dalam mengerjakan tugas dan juga ketika mengumpulkan tugas. 


Apalagi nih, dalam waktu dekat bakalan ditambahkan fitur absensi atau daftar hadir. Wah makin memudahkan juga kan untuk para guru dalam membimbing anak - anak selama pembelajaran jarak jauh ini. 


Fitur ruangkelas ini benar - benar membuat kegiatan belajar mengajar makin mudah dan maksimal, meskipun dilakukan secara daring. Jadi memang cocok yah ruangkelas ini menjadi LMS untuk sekolah. Semoga selalu memberikan inovasi terbaik untuk anak bangsa, Ruangguru. 



With love,



Tian Lustiana 



24 komentar

  1. Jadi ruang kelas ini sudah seperti kelas belajar off line ya, Mba. Keren ya Ruang Guru, inovasinya seolah memenuhi kebutuhan rakyat 62.

    BalasHapus
  2. Senangnyaaaa ya kini Ruangguru punya RUangkelas sebagai LMS Learning. Seru amat, guru bisa membuka kelas tersendiri. Pasti siswa akan semakin paham nih materi pembelajarannya. Malah ada template untuk tugas, bisa upload ms word dll wuiiih mantap nih. Orang tua makin yakin deh mendaftarkan anaknya ikutan Ruangkelas :)

    BalasHapus
  3. Salut deh sama Ruangguru, selalu inovatif dengan banyak fitur terbarunya. Ohya teh, untuk fitur membuat kelas sendiri, berati kayak semacam di sekolah gitu ya?ada berapa murid ya?

    BalasHapus
  4. sama teh harapanku tahun ini Neyna juga bisa sekolah tatap muka sayangnya malah makin buanyak yang positif duh..btw baru tahu nih fitur ruang kelas dari ruang guru boleh nih coba juga

    BalasHapus
  5. Lama ga mampir ke blog Tian dan pangling euy liat tampilannya :) Btw, aku penasaran sama fitur gurunya bisa buka ruang kelas sendiri. Jadi pengen tau. Eh tapi aku belum punya anak buat jajalin fitur ini. Huhuhu gimana dong :D

    BalasHapus
  6. Masa pandemi ini bener2 memaksimalkan sekolah daring ya, kadang kasihan sama anak-anak tuh, plus ortunya juga.
    Alhamdulillah hadirnya ruangkelas by ruangguru ini dilengkapi dengan fitur ruangkelas yang benar - benar membuat kegiatan belajar mengajar makin mudah dan maksimal, meskipun dilakukan secara daring.
    Semoga anak2 makin happy belajarnyaa.

    BalasHapus
  7. Ruangkelas ini produk baru dari Ruangguru ya? Aku baru baca. Biasanya Ruangbelajar, namanya. Masih bingung membedakannya. Tapi yang pasti ini sama-sama buat bantu anak belajar online ya Tian.

    BalasHapus
  8. Asik nih kalo sekolah2 pada pakai LMS ala RuangKelas dijamin proses pembelajaran jadi makin efektif dan efisien.
    Kan sampe sekarang masih banyak yg kesulitan menerapkan prinsip PJJ dgn baik dan benar

    BalasHapus
  9. Anak saya ikutan RuangGuru. Memang cukup membantu. Drama-drama selama PJJ lumayan berkurang karena lebih suka belajar di RuangGuru

    BalasHapus
  10. Ruang Guru ini programnya banyak dan bagus-bagus, terlebih tidak menyasar untuk anak-anak saja. Sekarang untuk tenaga pendidik pun mereka juga punya ya, setidaknya ini memudahkan untuk mereka memberikan kelas ya. Terutama untuk materi-materi pembelajarannya dan tugas-tugas yang akan diberikan.

    BalasHapus
  11. Ruangkelas ini dikembangkan oleh ruangguru juga ya mbak. Keren nih, jadi nggak cuma membantu para siswa memahami pelajaran, bahkan juga menyediakan sarana buat sekolah mengembangkan konten untuk LMS sendiri

    BalasHapus
  12. Wah iya, saat ini belajar lewat LMS emang jadi pilihan ha mbak
    apalagi klo dikembangkan oleh Ruangguru pastinya sudah teruji kualitasnya

    BalasHapus
  13. Wah baru tahu ini. Jadi kaya ruang kelas betulan ya. Di masa pandemi gini kan PR banget karena PJJ dan satu arah pula. Kalau interaktif kan lebih asyik

    BalasHapus
  14. Rekomended juga belajar online di Ruangkelas ya, Teh. Karena materi pembelajaran dari video ruangbelajar yang lengkap dengan rangkuman bahkan bisa langsung unggah materinya ya...
    Anak-anak bisa lebih mudah mengerti dengan belajar di RuangGuru

    BalasHapus
  15. Saya senang banget dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Ruangguru. Menjawab permasalahan yang dihadapi anak didik juga orang tua di zaman sekarang ini. Kemarin saya pakai Ruangguru untuk anak belajar, ada freenya ish bikin hepiii. Nah baru tahu ada Ruangkelas ini, jadi seperti kelas virtual ya teh. Kereen

    BalasHapus
  16. Eh kok ada terus, tambah terus fitur dari ruangguru ini. Keren banget ya ada ruangbelajar dan kini hadir ruangkelas. Inovatif banget.

    BalasHapus
  17. Wah, keren banget ini ruangguru punya fitur ruangkelas. Kalau sebelumnya menyediakan layanan yang membantu murid sekarang ada untuk membantu guru supaya lebih nyaman daan optimal melakukan KBM online.

    BalasHapus
  18. Wah, aku baru gau ttg ruang kelas ini. Jd ini tyt de ruang guru jg ya untuk LMS learning. Mantep, pandemi tdk menjadi halangan untuk belajar n trs berinovasi

    BalasHapus
  19. ah seru juga ya kalo gurunya semua pake ruang guru gini jadi terintegrasi semua. kan klo semua pake belajarnya juga jadi lebih mudah ya mak. soalnya klo dilihat-lihat sekarang semua serba digital jadi bisa ngajari anak maksimal walau di rumah aja

    BalasHapus
  20. Makin lengkap aja ya sarana belajar secara daring ini... Kita jadi gak khawatir kalau anak-anak bakal kekurangan media belajar meski gak ke sekolah...

    BalasHapus
  21. Ruangguru ini fiturnya keren-keren, yaa.. Adaptif banget dengan kebutuhan pendidikan zaman sekarang, terutama di masa pandemi seperti ini. Ngga hanya untuk pelajar saja, tapi untuk pengajar juga.

    BalasHapus
  22. Kalau saja guru-guru mau memanfaatkan aplikasi begini ya, pasti anak-anak lebih semangat. Sayangnya belum semua guru mau bergerak menggunakan aplikasi. Kadang saya pensaran juga apa sebabnya, bisa jadi ada tuntutan lain dari atasan.

    BalasHapus
  23. Keren ya Ruangguru ini. Banyak layanannya. Aku kepengen nih masukin anak bujang ke Ruangkelas. Biar nilai raportnya bisa bagus. Jujur deh, ngandelin materi pelajaran sekolah aja rasanya kurang. Kalo ditambah Ruangkelas kan jadi komplit ya.

    BalasHapus
  24. ternyata fitur-fitur di ruang guru banyak banget ya mbak. aku pikir hanya ruang belajar, brain academy atau english academy. ada juga ruang kelas untuk para guru. kereeen

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon