Selasa, 25 Mei 2021

Inilah Jurusan Komunikasi di Universitas Gunadarma


Bismillah,

Memasuki tahun ajaran baru, para siswa SMA yang naik ke kelas 3 biasanya sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi jenjang perkuliahan. Banyak dari mereka yang mulai mengurangi intensitas bermain-mainnya dan meningkatkan intensitas belajarnya.

Tidak hanya itu, mereka pun juga mulai mencari-cari informasi mengenai jurusan kuliah yang sesuai dengan minat, bakat, dan keinginan mereka. Ada yang ingin masuk di jurusan ilmu komunikasi, jurusan akuntansi, hingga jurusan yang akhir-akhir ini sedang naik daun, yaitu jurusan IT. Kalau kamu, ingin masuk jurusan apa, nih?

Nah, jika kamu ingin masuk jurusan ilmu komunikasi, kamu bisa menjadikan Universitas Gunadarma sebagai pilihan. Jurusan ilmu komunikasi di sini pertama kali berdiri pada tahun 2009. Jurusan ini tersedia untuk jenjang S1 dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT.



 
Banyak yang mengira bahwa jurusan ilmu komunikasi hanya cocok bagi orang-orang ekstrovert karena perkuliahannya akan melibatkan banyak komunikasi dengan orang lain maupun komunikasi publik di depan umum. Tetapi sebenarnya, jurusan ini cocok bagi orang dengan kepribadian apa saja. Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai ilmu dan teknik komunikasi, namun juga diajarkan mengenai ilmu sosiologi, multimedia, hingga ilmu matematika dan statistika.

Beberapa contoh mata kuliah yang ada di jurusan ilmu komunikasi Universitas Gunadarma antara lain Teori Komunikasi, Sosiologi Komunikasi dan Informasi, Dasar-Dasar Jurnalistik, Digital Citizenship, Pengantar Teknologi Radio dan Televisi, serta Social Networking dan Creative Content.

Selain mata kuliah yang berhubungan dengan komunikasi, mahasiswa juga akan diajarkan mata kuliah lain di luar itu namun yang masih memiliki hubungan, antara lain Grafika Komputer Untuk Komunikasi, Matematika, Statistika, Sains Data dan Analisis Big Data, Kecerdasan Artifisial dan Masyarakat, serta Algoritma Pemrograman.

Beberapa mata kuliah dari yang sudah disebutkan tadi tidak terbatas pada teori saja, namun juga melibatkan praktikum dalam pelaksanaannya. Seperti mata kuliah Social Networking dan Creative Content, serta mata kuliah Sains Data dan Analisis Big Data. Kedua mata kuliah ini melibatkan praktikum supaya mahasiswa dapat lebih memahami konsep dari mata kuliah tersebut dan dapat mempraktikkannya secara langsung dalam kehidupan. Kedua mata kuliah ini juga melibatkan pembelajaran kelompok dalam praktiknya agar mahasiswa juga dapat melatih teamwork skill serta leadership skill mereka.

Selain belajar di lingkungan kampus, jurusan ini juga menyediakan pembelajaran di luar kampus. Salah satunya yaitu dengan adanya kegiatan magang atau praktik kerja lapang. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada tingkat tiga dan seluruh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di kampus ini wajib hukumnya untuk melaksanakan magang. Ada mahasiswa yang magang di pemerintahan, di bank, di perusahaan multinasional, dan lain sebagainya. Jurusan ilmu komunikasi tergolong jurusan yang fleksibel sehingga banyak dibutuhkan oleh perusahaan manapun.





Sama halnya dengan kampus-kampus lain, jurusan ilmu komunikasi di kampus ini juga menyediakan berbagai UKM maupun organisasi. Dengan mengikuti berbagai kegiatan UKM dan organisasi kamu bisa menambah banyak pengalaman. Kamu juga bisa bergabung menjadi anggota dan masuk ke dalam struktur organisasinya agar kemampuanmu dalam berorganisasi juga semakin terasah.

Di samping itu, yang paling penting adalah kamu jadi bisa menambah banyak relasi dan teman baru, baik yang sama-sama berasal dari jurusan ilmu komunikasi, maupun dari jurusan dan fakultas lain. Dengan memiliki banyak relasi, tentunya akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan kamu ke depannya. Apalagi jika kamu anak rantau, akan lebih mudah bagi kamu untuk menjalani kehidupan di perantauan jika kamu memiliki banyak teman di kota tempat perantauanmu.

Jika kamu tertarik untuk bergabung di jurusan ilmu komunikasi Universitas Gunadarma, ada dua jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur PMDK dan jalur reguler. Jalur PMDK sama halnya dengan jalur undangan. Jadi, peserta hanya perlu mendaftar dan menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan untuk seleksi tanpa harus mengikuti tes/ujian tertentu. Seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor siswa. Biasanya, pada jalur PMDK disediakan beasiswa, sehingga peserta yang mendaftar melalui jalur ini bisa mendapat kesempatan untuk membayar biaya perkuliahan yang lebih murah. Namun, jalur ini tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan jalur reguler.

Kemudian, jalur yang kedua adalah jalur reguler. Jalur reguler sama halnya dengan ujian mandiri. Jadi, peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, kemudian peserta akan mengikuti ujian sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Hasil ujian tersebut akan menentukan lolos tidaknya mereka. Pada jalur reguler tidak tersedia beasiswa, sehingga peserta harus membayar biaya kuliah dengan harga normal. Namun, tidak perlu khawatir karena mahasiswa yang sudah lolos nantinya tetap memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa lain yang banyak tersedia di kampus.

Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa mengakses informasi lebih lanjut di website kampus.



With love,



Tian lustiana



Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon